5 Tips Pertolongan Pertama Saat Kaki Terkilir Atau Keseleo



image : blog.vamili.com
1.    Kompres bagian kaki yang terkilir dengan menggunakan kain berbahan handuk yang telah dicelupkan pada air hangat selama 5 menit setiap 4 jam. Hal ini bertujuan untuk menghindari pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Namun, Jangan melebihi 5 menitkarena dapat merusak jaringan dalam dan luar pada area kaki yang terkilir.

2.    Olesi bagian kaki yang terkilir dengan menggunakan minyak pijat atau salep untuk nyeri otot, dan lakukan pijatan ringan untuk melemaskan otot-otot kaki yang sempat terkilir.

3.    Kemudian, Ikatlah bagian kaki yang terkilir dengan kain secara memutar di bagian tersebut. Namun perlu diperhatikan untuk tidak mengikat terlalu kencang karena dikhawatirkan dapat menghambat jalannya aliran darah ke bagian tubuh lainnya.

4.    Kurangi aktivitas terutama yang berat. Alangkah lebih baik apabila digunakan untuk beristirahat selama beberapa hari sampai kaki benar-benar pulih. Karena apabila dipaksakan untuk beraktivitas dapat mengakibatkan urat-urat di dalam justru akan sulit membaik.

5.  Apabila dalam waktu 3 hari/lebih belum juga berkurang sakitnya atau semakin memburuk, sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit atau tukang pijat yang dipercaya untuk diberi penanganan lebih lanjut.


ARTIKEL TERKAIT