Cara Sederhana Dan Jitu Mematangkan Buah Mangga

image : perfectogift.com
Lezatnya buah mangga yang matang akan menggugah selera bagi siapa pun, terutama bagi para penyuka buah yang satu ini. Rasa manis buah mangga sangat cocok untuk disantap pada kondisi apa pun terutama, saat cuaca panas seperti musim kemarau.

     Perlu diketahui juga bahwa buah mangga kaya akan Vitamin A dan Vitamin C, serta mengandung cukup serat yang bermanfaat bagi tubuh. Disamping itu juga buah mangga ini mengandung senyawa Betakarotein dan Kalium.

        Buah mangga memang nikmat rasanya jika dinikmati saat sudah matang, ini ditandai dengan warna kulit luar yang hijau kehitaman atau hijau kekuningan. Jika dibelah daging buah mangga berwarna kuning menyala dan ada pula yang berwarna oranye kekuningan. Buah mangga memang lezat jika dikonsumsi langsung atau dibikin jus atau rujak buah, serta dibikin olahan yang lainnya. Untuk menikmati mangga yang matang sempurna pada jenis tertentu memang butuh pengorbanan. Bagimana jika mangga yang anda petik atau mangga yang anda dapatkan belum terlalu matang atau malah belum matang? Tenang, simak cara jitu mematangkan mangga dibawah ini.

• Campurkan Mangga Lain Yang Sudah Matang
Cara satu ini memang memerlukan mangga yang sudah matang. Dengan mencampurkan mangga yang belum matang tadi dengan mangga yang sudah matang, akan terjadi reaksi kimia atau oksidasi pada mangga yang belum matang tadi, sehingga lama-kelamaan akan membuat mangga menjadi matang tinggal menghitung hari saja.Tapi inggat kita harus sering menggeceknya karena mangga yang matang tadi kalau di panen secara bersammaan dengan mangga yang mentah tadi di takutkan mangga yang matang tadi bisa busuk duluan.

• Letakkan Di Tempat Gelap

Menurut berbagai sumber, area yang gelap dan tertutup rapat dapat mempercepat proses pematangan mangga secara alami. Mangga pun akan matang dengan sendirinya. Meletakkan mangga di tempat gelap juga harus waspada terhadap binatang misalkan tikus atu serangga penganggu lainnya yang dapat merusak buah mangga dan kita harus teliti terhadap mangga yang akan di matangkan karena bila ada mangga yang busuk akan cepat tertular terhadap mangga yang sehat apa lagi sampai bersentuhan lasung dengan mangga yang busuk cepat juga merambat kebusukanya.

• Meletakkan Mangga Pada Suhu Ruangan

Mematangkan mangga juga bisa dengan menaruh begitu saja pada ruangan yang bebas udara atau di tempat terbuka. Pada ruangan terbuka juga bisa membantu proses pematangan buah mangga, namun hal ini memakan waktu yang cukup lama, karena suhu di ruangan sering berubah-ubah.

• Membungkus Dengan Kertas Bekas Atau Koran

Proses mematangkan buah mangga  yakni membungkus rapat buah mangga dengan kertas bekas atau koran dan diberi lubang ventilasi secukupnya. Buah mangga yang dibungkus rapat akan mengeluarkan gas etilen yang dapat membantu proses pematangan buah mangga.Selain membunghkus dengan koran atau kertas, bisa juga membungkus dengan kain atau plastik. Tunggu kurang lebih 2 hari sampai buah mangga matang dengan sempurna.

• Menimbun Dengan Biji Jagung Atau Beras
Sebenarnya proses ini hampir sama dengan membungkus mangga dengan kertas atau plastik. Tujuan menggunakan biji jagung atau beras ini yakni membantu memerangkap gas etilen disekitar mangga agar membuat mangga cepat matang.

• Menggunakan Karbit/Kalsium Karbida
Memanfaatkan karbit supaya memepercepat proses pematangan buah mangga yaitu, bungkus buah mangga dengan plastik. Sediakan karbit sebesar ibu jari atau sesuai kebutuhan, selanjutnya ambil pelepah pisang kira-kira 10 cm. kemudian masukkan karbit ke tengah-tengah pelepah pisang, lipat dan diikat. Masukkan ke dalam bungkusan mangga tadi. Dan tunggu kurang lebih 1-2 hari.

ARTIKEL TERKAIT