Cara Mencegah Gigi Agar Tidak Berwarna Kuning

image : tipskesehatanlengkap.com
                                             
Memiliki gigi putih dan sehat memang dambaan setiap orang. Memiliki gigi putih memang dapat meningkatkan percaya diri. Akan tetapi seiring bertambahnya usia dan pola hidup yang kurang sehat mengakibatkan warna gigi menjadi kusam dan tidak menarik lagi. Kebiasaan yang dapat mengurangi warna putih alami gigi diantaranya yaitu,merokok, kurang perawatan, sering mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung asam berlebihan, pengaruh minuman kopi dan teh, sering mengkonsumsi makanan bersoda, dan juga bisa diakibatkan oleh pengaruh usia.


Jika anda menginginkan gigi kembali putih dan bersih tentunya anda harus melakukan sikat gigi secara rutin dan benar misal sikat gigi yang baik 3x sehari bisa lebih dan sebelum tidur sebaiknya sikat gigi. perawatan ke dokter atu ahli gigi dan tak jarang perawatan itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Tapi tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang efektif untuk mencegah gigi kuning, yaitu :


·         Konsumsi Apel dan Wortel

Apel sebagai sumber asam alami yang kaya akan serat. Apel memiliki daging buah yang keras dan padat yang dapat menjadi pembersih alami gigi saat tidak sempat membersihkan gigi. Disamping itu juga mampu menjaga warna alami gigi.

Selain apel, anda juga dapat mengunyah wortel. Wortel juga memiliki tekstur yang keras dan padat. Anda dapat mengunyah apel dan wortel setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang berwarna pekat. Mengunyah apel dan wortel dipercaya berefek sama dengan menyikat gigi.


·         Mencegah Naiknya Asam Lambung

Bagi yang sering mengalami naiknya asam lambung, sebaiknya mengubah pola makan atau konsultasi ke dokter. Asam lambung yang naik ke mulut selain membuat rasa tidak nyaman, juga berpengaruh ke gigi sehingga mengakibatkan gigi menjadi rusak.                            


·         Menggunakan Sedotan

Menggunakan sedotan untuk meminum minuman yang berwarna dapat mencegah kontak langsung antara minuman dengan gigi. Penggunaan sedotan ini efektif menjaga warna gigi setelah perawatan, selain itu juga efektif menjaga warna gigi dan membuat gigi sehat lebih lama.


·         Hindari Minuman Bersoda

Untuk mencegah kerusakan pada gigi sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda. Karena asam lambung yang tinggi dalam pencernaan jika naik ke mulut bisa membuat gigi rusak. 


·         Membuat Pemutih Gigi

Caranya dengan Baking Soda atau biasa disebut dengan soda kue. Baking Soda ini memliki khasiat membersihkan noda tetapi tidak merusak lapisan gigi. Membuatnya dengan mencampurkan satu sendok teh Baking Soda dengan sedikit air, kemudian digosokkan ke gigi. Bila dilakukakn rutin 2 kali selama sebulan dipercaya mampu memberi efek gigi lebih putih.


·         Memilih Lipstik Dengan Warna Tepat

Bagi wanita sebaiknya memilih warna lipstik yang tepat, bila perlu berkonsultasi dengan sang ahli. Menurut para ahli di bidang make up, lipstik yang memiliki warna dasar biru mampu membuat gigi tampak putih daripada lipstik yang memiliki warna dasar emas atau kuning.


ARTIKEL TERKAIT