Manfaat Tidur Dalam Keadaan Gelap

image : teruskan.com
                                                 
Apa hubungannya kesehatan dengan lampu penerangan? Pasti sebagian orang merasa bahwa itu tidak ada hubungannya. Perlu diketahui bahwa lampu penerangan ini dapat berpengaruh pada tubuh, terlebih lagi saat kita terpapar cahaya lampu penerangan secara terus menerus. Saat tubuh terpapar cahaya lampu penerangan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama dapat membuat kadar hormon Melatonin menurun.



Apakah hormon Melatonin itu? Menurut ahli biologi, hormon Melatonin yaitu hormon utama yang mengatur seluruh hormon yang bertugas memelihara dan mengatur sistem biologis tubuh yang memiliki peran penting mengatur seluruh tubuh untuk bangun dan tidur. Produksi hormon ini dipengaruhi oleh instensitas cahaya dan lingkungan yang hening, sehingga jika dalam kondisi cahaya yang melimpah produksi hormon ini sedikit terganggu. Intensitas cahaya ini bukan hanya dari lampu, bisa juga dari televisi, dan gadget.


Sebagian orang mungkin ada yang tidak dapat tidur dalam kondisi gelap, akan tetapi ini lah manfaat yang akan kita peroleh jika kita tidur dalam kondisi gelap diantaranya :


1.       Menjaga Kekebalan Tubuh

Dalam posisi gelap, kita akan cepat dan mudah tertidur dengan nyaman, ini berakibat produksi hormon Melatonin akan bertambah, begitupun hormon yang lain sebagai kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit.


2.       Dapat Membuat Tubuh Langsing dan Singset

Tidur dalam kondisi gelap membuat tubuh menjadi rileks karena tidak terganggu dengan paparan cahaya. Saat tubuh dalam kondisi rileks, lemak yang menumpuk dalam tubuh dapat dikurangi.


3.       Bisa Meningkatkan Kinerja Otak

Jika kondisi gelap, maka otak dapat istirahat. Saat bangun keesokan harinya otak dapat bekerja secara maksimal karena tidur dalam kondisi terang akan membuat  otak  terus bekerja di karenakan kita dalam aktivitas sehari-hari dalam keadaan terang.

4.       Dapat Meredakan Stress

Dalam kondisi gelap, kita dapat membuat otak lebih berelaksasi. Dengan demikian, resiko stress karena terlalu banyak berpikir akan berkurang.


5.       Bisa Mengurangi Depresi

Tidur dalam gelap akan menambah kualitas tidur kita lebih lama karena waktu tidur mata terpejam sehingga kita merasakan kenyamanan di karenakan mata kita tidak terkena cahaya sehinga memberi kita wakltu tidur lebih lam , sehingga jam tidur untuk tubuh akan terpenuhi. Bila kita cukup tidur resiko depresi karena kurang tidur akan berkurang.


ARTIKEL TERKAIT