Tips Percaya Diri Saat Presentasi

Image : isigood.com
                                               

Menjadi pusat perhatian orang banyak dalam suatu acara memang memiliki kebanggaan tersendiri, tetapi seringkali jika kita diberi tanggung jawab untuk melakukan aktivitas tersebut, bagi yang tidak terbiasa atau tidak pernah sama sekali maka cenderung takut, malu, grogi, atau bahkan langsung menolak mentah-mentah jika diberi tanggung jawab tersebut.



Sebenarnya rasa percaya diri ini ada pada setiap orang, tapi masalahnya kebanyakan dari mereka cenderung membatasi diri. Dalam artian seseorang ini sudah mendoktrin dirinya bahwa, saya tidak bisa saya tidak mau, dan saya tidak akan melakukannya. Jika bersikap seperti ini terus-menerus, rasa percaya diri ini akan hilang dari orang itu.


Menurut berbagai sumber, tampil percaya diri ini mudah asal kan kita mau berusaha dan mau mencoba, tentunya disertai latihan dan praktek yang berkesinambungan.Percaya diri itu tumbuh sendiri bila kita mau berusaha dan terus berusaha terutama kita bangun percaya diri kita di dalam diri kita atau berawal dari hati kita dan selalu berfikiran positif.

Ada beberapa poin di bawah ini yang perlu diperhatikan untuk bisa tampil percaya diri di depan banyak orang.


·         Persiapan

Sebelum tampil di depan banyak orang hal yang pertama diperhatikan yakni persiapan. Bagaimanapun juga jika kita hendak menyampaikan sesuatu di depan banyak orang tentunya semuanya harus dipersiapkan. Bisa mengenai kondisi fisik dan mental, serta membaca dan  hafalan materi kalau perlu, dan jaga kesehatan tubuh bisa dengan makan yang cukup di karenakan kalau perut kita kosong secara alami konsetrasi kita akan terpecah yang di sisi lain kita memikirkan materi yang akan kita samapaikan dan memikirkan perut kita yang lapar atau perih.Jangan bergadang malam atau tidur larut malam.Jangan lupa penampilan kita harus meyakinkan dengan cara pilih pakain yang bersih,rapi,sopan dan tidak mebosankan untuk dilihat.


·         Praktek

Tiada salahnya jika sebelum tampil, mencoba mempraktekkan isi materi yang akan disampaikan. Istilahnya ini disebut gladi resik. Tidak perlu ragu dan malu untuk beralatih seolah-olah sedang ada di hadapan banyak orang.  Bila perlu berlatih sesering mungkin sampai rasa malu, gugup, dan canggung menghilang. Kebanyakan dari kita cenderung hanya membaca dan menghafal saja, tanpa berlatih atau praktik.Hilangkan perasaan takut di dalam diri kita dalam menyampaikan materi dengan cara berfikir simple atau sederhana bahwa materi yang akan kita sampaikan bermanfaat bagi orang banyak dan sangat di butuhkan orang banyak serta jangan takut sama pendegar karena pendengar itu sama dengan kita ( Pendengar Juga Manusia ) atau istilah yang mudah kita pahami ORANG ITU JUGA SAMA YANG KITA MAKAN YAITU NASI.


·         Penguasaan Materi

Kita akan dapat mengatasi rasa takut, gugup, dan canggung jika kita paham dan menguasai materi yang akan disampaikan. Penguassaan materi ini menjadi hal yang tak boleh terlewatkan. Dengan penguasaan materiri ini kita akan lebih mudah dan nyaman dalam membawakan materi di depan banyak orang.Dan jangan sekali-kali kita tampil di depan banyak orang bila kita belum tau materi yang akan kita sampaikan atau hanya modal berani saja karena akan ketauan pendengar kalau kita hanya asal dalam menyampaikan materi.


·         Penggunaan Suara Dan Intonasi Yang Tepat

Bagaimanapun juga dalam menyampaikan materi, kita dituntut untuk mengeluarkan suara yang nyaring dan penggunaan intonasi kata yang sesuai. Ini akan membuat pendegar lebih nyaman dan bisa mengerti apa yang kita disampaikan.Penggunaan intonasi kata yang kurang tepat dapat membuat pendengar cendeung bosan dan enggan mendengar materi yang disampaikan, sehingga membuat kita kembali gugup dan kurang percaya diri.Dan kita harus tau kepada siapa kita bicara, maksutnya tingkat golongan status sosial biar mudah di pahami apa yang kita sampaikan dan mudah di cerna jangan terlalu monoton dalam menyampaikan materi bisa kita selepi banyolan – banyolan yang bisa melibatkan pendengar.


 ·         Senam Wajah dan Mendengungkan Pita Suara

Ini adalah salah satu tips alternatif yang bisa dilakukan sebelum memulai menyampaikan materi. Senam wajah dilakukan dengan cara mengucapkan huruf vokal secara lebar-lebar. Fungsinnya agar otot-otot wajah lebih kendur dan dapat memperlancar artikulasi suara, berbicara pun menajdi lebih nyaman.Sedangkan mendengungkan pita suara berfungsi agar tidak cepat lelah ketika terlalu banyak berbicara.Itu bisa dilakukan di mana saja biasanya di lakukan di depan kaca bisa mengekspresikan gerak mimik wajah kita misal wajah kita kalau sedih,gebira ,terharu,semangat dan lain-lain ini bisa di sebut senam wajah.


ARTIKEL TERKAIT