Tips Untuk Menjaga Kesehatan Wajah Kita

image : kulitputihdansehatglucogen.com
                                    
Wajah merupakan mahkota bagi umat manusia yang dimana setiap orang tidak sama dengan orang lain dan untuk  membedakan kita dengan orang lain, ini adalah salah satu anugrah ALLAH SWT yang dimana salah satu kekuasaannya dan kita seharusnya banyak bersyukur karena coba  kita bayangkan misal kalau di dunia ini wajah kita samadengan orang lain dan tidak bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi..?

 Pada umumnya wajah kita adalah cermin bagi kita sendiri atau bisa dikatakan sebagai penilain seseorang kepada kita kalau kita menjaga wajah kita selalu sehat seseorang menilai kita dengan positif dan menjadikan kita tambah percaya diri, bila wajah kita kelihatan sehat.Membersihkan wajah menjadi aktivitas umum yang dilakukan setiap orang dalam menjaga kebersihan dan penampilannnya. Dengan membersihkan wajah dapat membuat seseorang terlihat lebih segar dan fresh dalam melakukan rutinitas sehari-hari, selain itu membersihkan wajah juga bisa meredakan stress akibat kerjaan yang menumpuk. Sebagian dari kita mungkin menganggap remeh aktivitas ini.

 Perlu diketahui, membersihkan wajah sebaiknya menghindari kesalahan yang berikut ini :

1.        Mecuci Tangan Sebelum Mebersihkan Wajah

Tangan merupakan bagian tubuh yang sering berinteraksi dengan benda lain saat aktivitas. Sangat dimungkinkan menjadi tempat singgahnya kuman dan bakteri dari berbagai benda yang kita sentuh. Menjaga kebersihan tangan sangat berguna untuk menghentikan penyebaran kuman dan bakteri  yang berbahaya ke wajah. Alangkah baiknya apabila sebelum mebersihkan wajah kita bersihkan tangan dahulu sehingga meminimalisir penyebaran kuman ke wajah.


2.       Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk juga membersihkan wajah. Sebagian dari kita mungkin beranggapan bahwa membersihkan wajah sesering mungkin akan mengakibatkan wajah semakin bersih. Akan tetapi, membersihkan wajah terlalu sering akan berakibat kacaunya keseimbangan kadar PH pada kulit wajah sehingga dapat merusak kulit wajah. Kulit bisa menjadi lebih sensitif, kering dan rusak. Membersihkan wajah sebaiknya dilakukan 1-2 kali sehari.


3.       Terlalu Keras Menggosok Wajah

Hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena dapat membuat kulit wajah menjadi tipis dan luka.Kulit wajah yang tipis akan mudah mengalami iritasi, kering, kasar atau bahkan dapat membuat kulit wajah tidak tahan dengan sengatan matahari.hal ini juga sering kita lakukan pada waktu mandi mengosok wajah di waktu kita memakai pembersi atau sabun.


4.     Hentikan Pemakain  Pembersih Atau Sabun Wajah

Ini sering kita alami waktu membersihkan wajah yang dimana kondisi wajah kita setelah memakai pebersih atau sabun wajah tidak cocok tetap kita paksakan padahal sudah kelihatan walau kecil terjadi kerusakan pada kulit wajah kita.ini sebainya kita hentikan dan konsultasi ke dokter kulit, dan kita harus selektif dalam memilih merek pembersih atau sabun wajah.


4.       Membersihkan Wajah Tanpa Menghapus Make Up

Bagi wanita misalnya, sepulang dari bepergian saat cuaca panas, biasanya langsung menuju kamar mandi untuk segera mencuci muka agar terasa sejuk. Hal ini sebaiknya dihindari karena make up yang tidak dibersihkan terlebih dahulu dapat meutup pori-pori kulit, sehingga dapat menimbulkan jerawat. Menghapus make up dengan menggunakan cairan pembersih make up sangat dianjurkan sebelum membersihkan wajah.


5.       Sembarangan Memilih Pembersih Wajah

Kondisi kulit setiap orang itu berbeda. Alangkah baiknya jika membeli pembersih wajah yang sesuai dengan karakter kulit kita. Kesalahan saat memilih pembersih wajah dapat mengakibatkan hasil kurang maksimal atau bisa membuat kulit menjadi iritasi karena pembersih wajah yang mengandung bahan kimia berbahaya. Minyak zaitun dan jeruk lemon dapat membantu mencerahkan kulit.


6.       Jangan Menggunakan Sabun Badan

Mandi sambil membersihkan kulit wajah dengan sabun merupakan aktivitas yang mungkin bisa dilakukan sekaligus. Sebaiknya jangan melakukan hal ini karena sabun badan tidak diformulasikan untuk kulit wajah. Sabun badan memliki kandungan yang berbeda dari sabun untuk wajah.Dikhawatirkan penggunaan sabun badan untuk wajah dapat membuat kulit wajah menjadi rusak dan iritasi.


7.       Terlalu Cepat Membersihkan Wajah

Entah karena buru-buru atau sebab apa pun, dianjurkan untuk tidak mencuci wajah secara kilat. Saat membersihkan wajah usahakan sambil dipijit agar kotoran yang menempel mampu terangkat secara sempurna. Membersihkan wajah bisa juga dibarengi dengan membersihkan leher.


ARTIKEL TERKAIT