13 Manfaat Dan Pengunaan Daun Sirih Untuk Mengobati Penyakit Kesehatan Kita



www.seratu.com
daun sirih merah

Daun sirih siapa sih yang tidak tau untuk jenis daun ini yang mempunyai ciri – ciri tanamanya merambat batangya berwarna coklat kehijuan bentuknya bulat dan beruas dan panjangya sekitar 5 sampai 7 cm dan lebar 2 sampai 5 cm dan bila di remas mengeluarkan bau yang sedap. Tanaman sirih ini berasal dari indonesia dan sangat mudah kita jumpai di halaman di sekitar kita dan untuk membudidayakan tanaman ini sangat mudah dengan cara mengambil atau memotong, mengunting batangnya yang diambil 2 atau 3 ros ( perbatasan batang ) lalu tanam pada media tanah yang disediakan.

Kita tau pasti semua tanaman yang ada di dunia ini pasti mempunyai manfaatnya bisa untuk tumbuhan itu sendiri, hewan dan manusia. Dan untuk dau sirih ini sangat beragam manfaatnya untuk manusia mulai dari untuk mengobati  :

1.      Sariawan                     9.   Asma
2.      Jerawat                       10.  Merawat mata                
3.      Keputihan                   11.  Mengurangi gatal pada kulit
4.    Sakit gigi                      12.  Mengatasi luka bakar
5.   Deman berdarah           13.  Mengobati mimisan
6.    Hait yang tidak teratur               
7.    Bau mulut                                               
8.    Bau ketek    
                                  
Dalam hal ini kami akan membahas daun sirih untuk mengobati penyakit yang tertera diatas dan lengkap dengan caranya mengobatinya dengan daun sirih yaitu :

1.      Mengobati Penyakit Sariawan
Penyakit ini sering kita rasakan pada waktu cuaca yang panas, kurang vitamin c dan daya tahan tubuh yang menurun maka sering terkena sariawan, dengan mengkonsumsi daun sirih yaitu dengan mengambil 7 daun dan 2 gelas air lalu rebus sampai mendidih biarkan sampai dingin lalu buat kumur – kumur jangan langsung buang bisa di tahan di mulut sekitar 2 menit dan buang, bisa diulangi 3 kali sehari pasti penyakit sariawan berkurang, bisa juga dengan mengabil 1 lembar dau sirih yang masih segar lalu kunyah - kunyah sampai lebut dan buang daun sirih tersebut yang ada di mulut jangan sampai di telan dan bersihkan dengan air hangat dengan cara berkumur.

2.      Mengobati Jerawat Pada Wajah
Jerawat salah satu penyakit yang melanda masa remaja dan tidak menutup kemungkinan menyerang di usia tua. dengan daun sirih ini jerawat bisa di obati dengan cara ambil 3 lembar daun sirih yang masih segar dan cuci dengan air bersih dan tumbuk sampai  halus dan lembut lalu oleskan pada wajah yang terkena jerawat sebaiknya di lakukan pada waktu mau tidur setelah bangun tidur bisa di bersihkan dengan air bersi bisa juga dengan air hangat.

3.      Mengobati Keputihan
Penyakit keputihan ini yang di serang adalah kaum wanita dan sangat mengangu. Tapi jangan khwatir denga daun sirih penyakit keputihan ini bisa terobati dengan cara ambil daun sirih sekitar 7 lembar cuci dulu dan tambah air secukupnya untuk di rebus dan setelah dingin ambil airnya untuk di minum secara rutin dan bisa dilakukan 2 hari sekali dan bisa di basuhkan di daerah kewanitaan juga.

4.      Mengobati Sakit Gigi
Penyakit gigi ini sangat sakit sekali apa lagi waktu mau tidur sangat mengangu apalagi dalam aktivitas sehari – hari. Tapi jangan khawatir dengan daun sirih ini bisa terobati  dengan cara mengkonsumsi air daun sirih yaitu dengan mengambil 7 daun dan cuci dengan air bersih dan 2 gelas air lalu rebus sampai mendidih, biarkan sampai dingin lalu buat kumur – kumur jangan langsung buang bisa di tahan di mulut sekitar 2 menit dan buang bisa diulangi 3 kali sehari.

5.      Mengobati Penyakit Demam Berdarah
Penyakit ini menyerang segala umur dan tidak pandang bulu dan penyakit ini disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti. Dengan air daun sirih ini penyakit demam berdarah bisa diobati dengan cara  cara mengkonsumsi air daun sirih yaitu dengan mengambil 7 daun dan cuci dengan air bersih dan tambah air secukupnya lalu rebus sampai mendidih biarkan sampai dingin lalu minum air tersebut dengan rutin meminum air rebusan daun sirih penyakit demam berdarah anda pasti terobati.

6.      Mengobati Haid Yang Tidak Teratur
Haid yang tidak teratur bisa di obati denga air daun sirih dengan cara meminum air daun sirih yaitu dengan mengambil 7 daun dan cuci dengan air bersih dan tambah air secukupnya lalu rebus sampai mendidih biarkan sampai dingin lalu minum air tersebut dengan rutin.

7.   Mengobati Bau Mulut
Bau mulut ini sangat menganggu apa lagi waktu berbicara di depan halayak ramai maka bisa – bisa kita di kucilkan, tapi jangan khawatir air dau sirih ini bisa membantu dengan cara meminum air daun sirih yaitu dengan mengambil 7 daun dan cuci dengan air bersih dan tambah air secukupnya lalu rebus sampai mendidih biarkan sampai dingin lalu buat kumur - kumur air tersebut dan lakukan 3 kali sehari secara rutin maka rasakan khasiatnya.

8.        Mengobati Bau Ketek
Bau ketek sangat menyengat sangat tidak nyaman terhadap kita dan orang di sekitar kita ini bisa diobati dengan cara ambil daun sirih sekitar 7 lembar cuci dulu dan tambah air secukupnya untuk di rebus dan setelah dingin ambil airnya untuk di minum secara rutin.

9.        Mengobati Penyakit Asma
Jenis penyakit ini yang diserang adalah paru - paru yang menyebabkan kita sulit bernafas maka dari itu  dengan air daun sirih bisa mengobati asma anda dengan cara ambil daun sirih sekitar 7 lembar cuci dulu dan tambah air secukupnya untuk di rebus dan setelah dingin ambil airnya untuk di minum secara rutin.

10.      Merawat Mata
Mata sering kali sakit bisa dengan mata merah atau gatal - gatal dan merasakan nyeri, tapi janga khawatir dengan memberi air daun sirih ini bisa membantu dengan cara ambil daun sirih sekitar 7 lembar cuci dulu dan tambah air secukupnya untuk di rebus dan setelah dingin ambil airnya untuk mengompres mata bisa juga di teteskan pada mata dan lakukan 3 kali sehari secara rutin.

11.      Mengurangi Rasa Gatal Pada Kulit
Gatal pada kulit sering mengangu karena kita merasa tida nyaman ini bisa di obati denga daun sirih yaitu dengan cara ambil 3 lembar yang masih segar dan cuci dengan air bersih dan tumbuk sampai  halus dan lembut lalu oleskan pada kulit yang merasa gatal.

12.      Mengobati  Luka Bakar
Luka bakar ini bisa di obati dengan daun sirih dengan cara ambil 3 lembar yang masih segar dan cuci dengan air bersih dan tumbuk samapai  halus dan lembut lalu oleskan pada kulit yang terkena luka lakukan sehari 1 kali

13.      Mengobati  Mimisan
Mimisan ini terjadi karena darah keluar secara tiba - tiba liwat hidung dan terus mengalir ini bisa di obati dengan daun sirih dengan cara ambil satu daun sirih lalu gulung yang sebesar lubang hidung lalu masukan ke lubang hidung.


ARTIKEL TERKAIT