3 Macam Buah Yang Harus Dihindari Pada Saat Hamil


seratu.com
Ibu hamil biasanya sangat suka makan buah – buahan , entah itu terasa asam, manis, dan lain -lain di karenakan sangat baik untuk pertumbuhan janin dan ibu, tapi tidak semua buah baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Biasanya masa kehamilan juga bisa berpengaruh dalam mengkonsumsi jenis buah – buahan tersebut, dan apa yang harus dihindari dalam masa 3 bulan pertama, pertengahan dan akhir di waktu masa kehamilan, bisa mengikuti siklus masa kehamilan seminggu atau bulanan yang dimana dalam masa kehamilan tersebut harus menghindari makanan buah - buahan diantaranya :


1.      Buah Nanas
Buah nanas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari brasil, bolivia dan paraguay dan daunnya panjang dan kaku dan berujung tajam. Buah ini tidak boleh di konsomsi oleh ibu hamil karena mengandung zat yang di sebut Bromelain yang didalamnya terdapat Enzim Proteolitik yang di temukan pada batang dan buah nanas dan endapanya atau presipitasi terdapat Enzim Amonium Sulfat Dan Alkohol maka dari itu buah nanas bila di konsomsi dengan senyawa anti-koagulan maka resikonya terjadi pendarahan. Buah nanas ini sangat bahaya karena dapat menyebabkan pelunakan pada leher rahim yang mengarah ke prematur.

2.      Buah Pepaya
Buah pepaya berasal dari meksiko selatan dan utara dari amerika selatan. Nama pepaya dalam bahasa indonesia  diambil dalam bahasa belanda  papaja dalam bahasa jawa di sebut Kates dalam bahasa sunda juda disebut Gedang. Buah pepaya rasanya manis dan enak dan tidak hanya buahnya saja yang dapat dimasak tapi juga daunnya, bunganya bisa juga bisa dimasak seperti dibuat kulupan. Nah sekarang kenapa ibu hamil kok dilarang mengkonsomsi buah pepaya ini karena Lateks atau getahnya yang memicu kontraksi rahim sehingga bisa menyebabkan keguguran. Getah atau Lateksnya terdapat pada batang, daun, dan buah yang mengandung enzim Papain semacam protease yang dapat meluknakan daging dan mengubah konformasi protein lainya ini yang menyebabkan keguguran.

3.      Buah Durian
Buah durian nama tumbuhan tropis dari wilayah asia tengara, nama populernya adalah raja dari segala buah ( king of fruit ) dan harga buah durian sangat berfariasi tapi juga tergolong mahal dibanding buah – buahan lainya. Ibu hamil dilarang memakan buah durian ini karena durian mengandung zat Alkhohol dan Arachitdonat yang sangat berbahaya terhadap kelangsungan  janin dan ibu hamil.


ARTIKEL TERKAIT