Awas Bahayanya Mengkonsumsi Pil KB

image : cintamela.com
     Semua sudah tau apa manfaat pil KB terutama kalangan remaja sampai dewasa, pil KB sebernarnya bertujuan untuk menghambat laju pertumbuhan penduduk yang dimana di indonesia terutama di pulau jawa sudah mulai membludak penduduk maka dengan ini pemerintah menganjurkan KB yang artinya Keluarga Berencana, dalam anjuran pemerintah sebenarnya tiap satu keluarga memperbolehkan 2 anak saja. 

     Program ini sudah di rencanakan sekitar tahun 1970 oleh pemerintah.Tapi biasanya pil KB di salah gunakan untuk remaja-remaja yang usianya masih labil ,ini biasanya terjadi karena kurang pantuan dari keluaraga dan salah memilih teman juga bisa lingkungan yang buruk. Pil KB sebenarnya sebagian dari alat kontrasepsi yang begitu banyak macamnya dalam bentuk pil / tablet yang didalamnya mengandung hormon Estrogen dan hormon Progesteron atau hanya yang mengandung hormon Progesteron. Tapi yang perlu di perhatikan dosisnya, disarankan pemakai pil kb pertama kali sebaiknya memakai pil KB yang berdosis rendah, tapi juga ada yang memakai pil KB yang berdosis tinggi terutama pemakai lama yang memakai dosis tinggi ini. Berikut ini pil KB yang memakai Estrogennya adalah :

1. Pil dosis tinggi berisi 50 Mcg
Adalah yang mengandung estrogen 50 – 150 mcg dan progeston 1 – 10 mg yang termasuk jenis ini : pil kb noriday, pil kb kimia farma, pil kb ovostat.

2. Pil dosis rendah berisi 30 cmg
Adalah yang mengandung estrogen 30 – 50 mcg estrogen dan kurang dari 1mg progesteron yang termasuk jenis ini : pil kb microgynon 30, pik kb marvelon.

3. Pil mini yang mengandung hormon progesteron sebesar kurang dari 1 mg. Yang termasuk jenis ini : pil kb exluton.

Jumlah tablet pada setiap setrip bervariasi yaitu 28 tablet dan 21 tablet. Pada strip yang berisi 28 tablet terdiri dari 21 tablet yang mengandung hormon setrogen dan progesteron dan 7 tablet yang mengandung vitamin. Pada strip yang berisi 21 tablet semuanya mengandung hormon estrogen dan hormon progesteron. Sumber yang kami peroleh dari website www.bkkbn-jatim.go.id

Tapi pil KB juga memberi resiko efek samping bagi kita diantaranya :

1. Gairah Yang Menurun
Bila ini terjadi sebaiknya beralih ke alat kontrasepsi yang lain.

2. Perubahan Suasana  Hati Yang Tiba – Tiba
Mungkin ini terjadi bila kita mengkonsomsi pil kb yang satu jenis saja, bila terjadi sebaiknya berhenti memakainya atau ganti alat kontrasepsi lainya.

3. Pendarahan Tiba – Tiba Di Luar Masa Haid
Bila ini terjadi sebaiknya periksa ke dokter setempat

4. Peningkatan Berat Badan
Ini biasanya terjadi bila kita sudah mempunyai anak, setelah itu kita mengunakan pil KB untuk alat kontrasepsi maka berat badan kita naik, semua ini terjadi karena ada penumpukan cairan dan Efek samping ini biasanya berlangsung lama.

5. Mual Atau Muntah – Muntah
Reaksi ini bisa hilang sekitar 2 bulan. bisa di coba dengan bersamaan mengkonsomsi makanan, bila tetap bisa beralih ke alat kontrasepsi lainya.

6. Tidak Nyaman Pada Payudara Dan Sakit Kepala
Ini terjadi pada awal mengkonsomsi pil KB, bila tetap bisa beralih memakai alat kontrasepsi lain atau bisa konsultasi ke dokter.

ARTIKEL TERKAIT