Macam – Macam Buah Yang Sehat Untuk Diet



dbagus.com
Diet sangat akrap dengan kita terutama bagi seseorang yang mempunyai tubuh gemuk tidak laki atau perempuan. Tubuh yang gemuk menjadi permasalah bagi kita karena dari badan yang gemuk banyak sekali penyakit yang melekat dari kolesterol dan kadar gula yang tinggi, ini semua
sering menyerang manusia di usia tua apa lagi kalau kurang aktivitas atau olah raga. Bagi kaum muda ini biasanya kurang percaya diri karena perut buncit, kalau di suruh diet ini agak susah, maka kita harus pintar - pintar memilih makanan yang akan kita makan atau dengan kata lain kita harus selektif dalam memilih menu makanan dalam masa proses diet.


Diet adalah mengurangi jumlah makan atau asupan nutrisi yang bertujuan untuk mengurangi berat badan secara benar dan sehat. Maka dari itu yang sering menjadi permasalahan adalah diet yang salah dan tidak sehat itu biasanya kalau diet kita biasanya makan sehari tiga kali atau dalam 24 jam makan 3 kali ,ini kita ganti makan hanya 2 kali dan sampai 1 hari nah ini diet yang salah. Sebenarnya diet yang benar itu adalah mengurangi jumlah makanan yang kita makan, akan tapi kita tetap makan 3 kali dalam sehari atau 24 jam dan memperhatikan asupan nutrisinya, hindari makan di kala mau tidur ini di karenakan makanan yang kita makan tidak terbakar secara maksimal sehingga berpengaruh untuk berat badan kita. Nah dalam artikel ini kita akan membahas buah – buah yang baik untuk membantu diet kita berhasil yaitu :


1.      Buah Semangka

Buah semangka berasal dari setengah gurun afrika selatan yang hidupnya merambat, tanaman ini masih kerabat dengan labu – labuan ,seperti melon dan ketimun dan bijinya bisa di buat kwaci dan buahnya sangat banyak mengandung air maka dari itu kalau di buat diet sangat cocok di karenakan buah semangka mengandung banyak air dan kaya dengan vitamin A dan C



2.      Buah Pisang

Buah pisang kalau matang rata – rata berwarna kuning, walaupun ada yang berwarna hijau dan merah dan tentunya sangat bervariasi bentu buahnya ada yang panjang dan ada pendek tergantung jenis buah pisangnya dan pohon pisang mudah sekali tumbuh di indonesia dan mudah beranak dengan ciri timbul tunas baru di sekelilingnya. Tentunya kita sudah tidak asing dengan Morning Banana Diet atau diet pisang, karena dalam pisang menpunyai kandungan serat yang tinggi sehingga membuat kita kenyang lebih lama.Buah pisang banyak mengandung karbohidrat, nilai energi buah pisang sekitar 136 kalori setiap 100gramnya. Buah pisang juga kaya mineral seperti kalsium, besi, fosfor, kalium, magnesium. Buah pisang juga mengandung vitamin A dan B dalam buah pisang juga mengadung vitamin B6 yang bermanfaat untuk kelancaran fungsi otak dan membantu metabolisme perut. Buah pisang ini bagus untuk buat diet dan manis rasanya.



3.      Buah NanaS

Buah nanas rasanya juga manis berasal dari brasil, bolivia dan paraguay dalam bahasa inggris juga disebut pineapple. Buah nanas dan kulitnya sangat tebal dan berduri dan berwarna hijau kalau metah. Buah nanas juga bisa di makan dengan cara di buat manisan,selai, sirup dan juga bisa di makan langsung atau di buat jus. Buah nanas juga mengandung vitamin C sangat baik untuk diet dengan cara di buat jus dan di konsumsi rutin 2 kali sehari, tapi ingat buah nanas tidak baik untuk ibu hamil karena bisa mengalami keguguran.



4.      Buah Jeruk

Buah jeruk berasal dari asia timur dan asia tengara. Buah jeruk manis rasanya tapi juga ada yang masam ini di karenakan kandungan asam sitrat di dalam buahnya. Buah jeruk selain di konsumsi juga bisa di buat untuk bahan wewangian atau parfun, daun dan kulitnya bisa buat rempah – rempah tapi hanya buah jeruk tertentu yang kulitnya bisa dibuat rempah-rempah. Buah jeruk sumber vitamin C. Buah ini bagus untuk progam diet dengam cara mengkonsomsinya 2 kali sehari secar rutin.



5.      Buah Apel

Buah apel berasal dari asia tengah, Buah apel  manis rasanya dan juga bisa diolah dengan cara di keringkan, dan di rebus, apel juga di fermantsikan untuk sider, ( alkoholik dan keras ) siderkin dan cuka, juga sumber dasar berbagai macam minuman berakohol dengan cara distilasi. Buah apel juga bisa mengurangi resiko penyakit kanker usus besar, kanker prostat dan kanker paru – paru berdasarkan penilitan. Buah apel juga mengandung vitamin C, juga mengandung senyawa antioksidan. Nah buah apel juga baik untu program diet dengan cara mengkonsumsinya yang rutin walaupun tidak dalam jumlah banyak. Bijinya jangan di konsomsi karena mengandung racun yang kandunganya sejenis glikosida sianogen tetapi tidak begitu bahaya untuk manusia.



6.      Buah Kiwi

Buah kiwi nama buah ini berasal dari burung yang tidak bisa terbang dari slandia baru. Buah kiwi ini sebesar telur ayam kurang lebihnya, kulitnya yang berambut bisa juga di manfaatkan untuk anti kanker, anti peradangan dan antialergan karena kulitnya mengandung anti oksidan yang cukup tinggi. Dan buahnya juga bisa mengobati hipertensi dengan cara mengkonsumsi yang rutin sehari 3 kali. Buah kiwi juga mengadung vitamin C dan serat juga baik untuk pencernaan dan buah ini baik untuk daftar diet juga.



7.      Buah Stroberi   

Buah stroberi mengandung banyak vitamin dari vitamin B1,B2,B3,B6 vitamin A, vitamin K, vitamin E. Ini sangat baik untuk dikonsumsi dan membantu metabolisme tubuh. Dan juga menetralkan racun yang tidak bisa di cerna tubuh. Stroberi juga bisa mengurangi kolesterol sehingga baik untuk menurunkan berat badan atau diet. Kita dapat menambahkan stroberi dalam hidangan salad atau smoothie.



8.      Buah Persik

Buah persik ini dalam bahasa jepang di sebut juga momo, dagingnya berwarna kuning baunya harum dan bijinya berjumlah 1 tapi sangat keras. Juga mengandung vitamin A dan C dan rendah kalori yang baik untuk proses diet.



9.      Pepaya

Tentunya semua sudah mengetahui tentang buah yang satu ini. Kulitnya yang tipis dagingnya yang tebal rasanya juga manis sekali serta memiliki biji. Buah pepaya mengandung serat,air, serta rendah kalori dan rendah lemak. Kita bisa menambahkan buah pepaya dalam daftar menu diet selain bisa manurunkan berat badan, ternyata buah pepaya juga baik umtuk pencernaan dan memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh kita



10.  Mangga

Buah mangga bisa kita jumpai di pasar ataupun super market. Selain rasanya yang manis dan baunya yang enak ternyata mangga juga  bisa untuk menu diet, karena buah mangga  merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral yang bisa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsi otak. Serta bisa menjaga sistem pencernaan dan membantu melawan kanker.
ARTIKEL TERKAIT