Makanan Penurun Kolesterol



www.terapimuslim.com

     Kolesterol salah satu jesnis penyakit pada tubuh kita. Kolesterol adalah produk dari metabolisme yang mengandung lemak sterol yang ada di membran sel yang di sirkulasikan di darah yang bentuknya cair yang berwarna kuning dan jadi medium sel darah dan di tutup. Penyakit kolesterol ini sangat bahaya bagi seorang yang berusia lanjut dan bisa berujung kematian. Kolesterol biasanya terdapat pada tubuh manusia ini karena pola makan dan makanan yang di konsumsi yang kurang tepat untuk tubuh kita dalam sekala banyak.


Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua yaitu kolesterol LDL (low density lipoprotein) jenis kolesterol ini sangat tidak baik untuk tubuh kita dan Kolesterol HDL (high density lipoprotein) jenis kolesterol ini tidak membahayakan bagi tubuh kita. Kolesterol LDL atau kolesterol yang tidak baik untuk tubuh kita ini bisa menyebakan penjakit Jantung Koroner yang dimana terjadi pengerasan di pembuluh darah koroner yang mengakibatkan terhalangnya darah untuk mengalir di dalamnya. Kolesterol yang normal dalam tubuh berkisar 160 sampai 200 mg. Kadar kolesterol yang tinggi bisa diturunkan dengan SIMVASTATIN yang memiliki efek buruk yang dapat menimbulkan katarak dan memperburuk penyakit katarak. Tapi bisa mengunakan obat Atorvastatin yang efeknya lebih ringan. Sebaiknya bagi penderita kolesterol banyak mengkonsumsi makanan yang berserat karena bisa mengikat lemak yang bisa terbuang saat buang air besar.

Makanan tidak semua bisa menurunkan kolesterol, kadang ada yang malah meninggikan kolesterol, misal kalau kita kurang mengetahui makanan mana yang baik untuk di konsumsi khususnya untuk penderita penyakit kolesterol kita bisa tanya ke dokter dan Ini daftar makanan yang berguna untuk menurunkan kolesterol :

1.      Gandum
Makanan yang kaya akan karbohidrat dan bisa di gunakan untuk tepung terigu, pakan ternak. Makanan ini banyak mengandung zat besi, vitamin, B1, B2, B3, B6, tembaga, magnesium, asam folat, serat pangan, fosfor, seng, selenium dan mangan, vitamin E, asam lemak assensial dan asam lemak. Makanan gandum juga mengandung natrium yang rendah yang tidak mengandung kolesterol.

2.      Bayam
Jenis bayam ini bisa di konsumsi daunnya dan batang bagian ujungnya. bayam yang berasal dari amerika tropik dan juga sebagai sumber zat besi, Makanan bayam ini juga baik untuk penderita kolesterol, bisa juga untuk penurun darah tinggi.

3.      Beras Merah
Sebenarnya beras ini ada banyak macamnya di antaranya : beras putih, beras hitam, beras ketan waran putih dan merah. Beras ini yang memberi perbedaan warna adalah perbedaan gen. Beras merah mengandung magnesium, fitonutrien, magnesium, vitamin B, dan selenium dan beras merah ini termasuk makanan yang bisa menurunkan kolesterol.

4.      Buncis
Tanaman buncis ini kaya akan dengan vitamin dan protein dan juga mengawal metabolisme gula dalam darah. Selain bisa mengobati kolesterol buncis bisa juga untuk diabetes dan hipertensi serta bisa untuk menurunkan berat badan karena kaya akan serat dan enzim.

5.      Kacang – Kacangan
Tanaman ini digunakan untuk bahan makanan manusia dan hewan, kacang ini bisa di peroleh dari tanaman yang dituakan atau dihabisakan masa umur tanam seperti kacang kapri, buncis, dele dan lain – lain. Tanaman kacang – kacangan banyak mengandung serat pangan, protein, karbohidrat komplesk, folat dan besi. Nah serat panganya ini bisa buat menurunkan kolesterol.

6.      Bawang Putih
Bawang putih sering kita gunakan untuk bumbu makanan kita, dan bisa buat pengobatan tradisional juga. Bawang putih mentah juga mengandung senyawa sulfur, dan rasanya getir. Bawang putih berkhasiat juga untuk penurun kolesterol karena bawang putih bisa sebagai antibiotik dalam tubuh kita.

7.      Kedelai
Tanaman ini sebagai dasar pembuatan kecap, tahu dan tempe. Tanaman ini sumber utama dari minyak nabati dan protein, tanaman kedelai ini juga mengandung isoflavin yang berfungsi sebagai pengendali kolesterol sehingga kolesterol menjadi normal.

8.      Ikan Salmon
Jenis ikan ini hidup di samudra atlantik dan samudra pasifik, tapi sudah banyak yang di budidayakan, ikan ini di jual dalam kalengan dan mengandung protein, vitamin D dan juga mengandung kolesterol, Tapi jangan takut karena kolesterol yang terdapat di ikan ini bisa hilang bi dimasak dengan di bakar atau yang lainya yang penting tidak dimasak dengan minyak goreng.


ARTIKEL TERKAIT