Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
BUAH APEL

Buah apel ini sangat manis bila masak dan mempunyai kulit yang tipis dan buah ini sangat keras walaupun dalam keadaan matang dan mentah, buah apel ini berasal dari Asia Tengah dan buah apel ini sangat baik di konsumsi langsung tanpa di olah semisal di buat jus apel, kripik apel, saus apel dan lain – lain. Apel ini bisa bertahan cukup lama di banding buah – buah lainya, apel ini bisa bertahan sampai 2 Minggu bila di taruh di kulkas yang suhunya di bawah 5°C. Maka dari ini buah apel ini sangat di sukai para penjual buah karena ketahan yang cukup lama untuk mengalami pembusukan.

Apel ini sangat banyak pengemarnya walaupun ada beberapa orang yang alergi yang di sebut sindrom alergi mulut yang merupakan akibat alergi yang di sebabkan efek serbuk sari yang tertinggal di buah apel tersebut, jenis alergi ini sangat ringan akibatnya seperti merasakan bengkak pada bibir, mulut, hidung berair, mata berair dan bersin bisa juga menyebabkan sakit perut. Apel ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatanya kita karena dalam 100 gram mengandung energy 218kj ( 52 kcal ),  karbohidrat 13.81 g,  gula 10.39g,  serat pangan 2.4g,  lemak 0.17g,  protein 0.26g,  air 85.56g,  vitamin A 3ug (0%),  tiamina ( vit. B1 ) 0.017mg ( 1% ),  riboflavin (vit. B2) 0.026mg (2%),  niasin (vit. B3) 0.019mg (1%),  asam pantotenan (B5) 0.061mg (1%),  Vitamin B6 0.041mg (3%),  folat (vit.B9) 3ug (1%),  vitamin C 4.6mg (8%),  kalsium 6mg (1%),  besi 0.12mg (1%),  magnesium 5mg (1%),  fosfor 11mg (2%),  kalium 107mg (2%),  zink 0.04mg (0%)   sumber id.wikipedia.org. tapi dalam artikel ini kita akan membahas manfaatnya buah apel ini untuk kesehatan kita diantaranya :

1.      Dapat Mencegah Penyakit Diabetes
Buah apel ini mengandung senyawa fenolik pada kulitnya yang berfunsi untuk mecegah penyakit diabetes pada tubuh kita.

2.      Menambah Kesehatan Mulut Dan Gigi
Buah apel ini juga mengandung zat tanin yang berfungsi untuk membersihkan plak yang merusak pada gigi dan gusi.

3.      Mencegah Penyakit Yang Menyerang Pada Tulang
Buah apel ini juga mengadung flavonoid yang berfungsi untuk memperkuat tulang agar tidak mudah keropos atau osteoporosis.

4.      Mencegah Penyakit Kanker Dan Jantung
Buah apel ini juga mengandung senyawa triterpenoids yang terletak pada kulit apel yang berfungsi untuk mencegah penyakit kanker dan jantung maka dari itu sebaiknya kalau makan buah apel ini sebaiknya jangan di kupas tapi jangan lupa di cuci dulu.

5.      Menurunkan Kolesterol
Bagi penderita penyakit kolesterol ini sebaiknya sering mengkonsomsi buah apel karena mengadung serat larut yang berfungsi untuk mengikat lemak dalam usus yang artinya dapat menurunkan kadar kolesterol kita.

6.      Dapat Menyehatkan Sistem Pencernaan
Buah apel ini selain banyak mengandung vitamin dan mineral juga akan kaya serat yang baik untuk sistem pencernaan kita.

7.      Dapat Menyehatkan Hati
Buah apel ini juga mengandung antioksidan yang mampu membantu hati untuk memngluarkan racun yang terdapat pada hati.

8.      Menambah Kekebalan Tubuh Kita
Tubuh kita sering kali mengalimi penurun kekebalan tubuh, maka dari itu kita di anjurkan sering mengkonsumsi buah apel ini maka kekebalan tubuh kita terjaga karena buah apel ini mengandung antioksidan yang disebut Quercetin yang fungsinya untuk menambah daya tahan tubuh kita terhadap penyakit.

ARTIKEL TERKAIT