Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan



seratu.com
Mangga termasuk buah musiman yang adanya buah ini setahun 1 sekali dalam berbuah adapun selama setahun 2 kali dalam berbuah tapi rata – rata buah ini berbuah 1 kali dalam setahun. Mangga ini mempunyai berbagai macam jenis tetapi rasanya tetap manis kalau sudah matang dan asam kalau masih mentah dan buah ini bisa dimatangkan degan cara non alami dalam arti tidak matang di pohon, buah mannga ini bisa di makan lasung dalam arti tanpa di olah dan buah mangga ini bisa di olah di buat jus, manisan, rujak buah dan lain – lain.

Pohon buah mangga ini bisa tumbuh mencapai 42 meter. Nama buah mangga ini sebenarnya MALAYALAM MANNGA dan dalam bahasa indonesia menjadi MANGGA  dan dalam bahasa protugis disebut MANGA sedangkan dalam bahasa inggris mango. Buah ini berasal dari perbatasan india dan burma. Buah mangga ini sangat banyak kandungan gizinya diantaranya : Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g (3.5 oz, Energi 272 kJ (65 kcal), Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%).  Sumber www.wikipedia.org. Adapun manfaat dari buah mangga ini untuk kesehatan kita diantaranya : 

1.      Merawat Kesehatan Kulit
Ini karena buah mangga mengandung vitamin A dan vitamin E yang sangat di butuhkan kulit agar kulit tetap terjaga kesehatanya.

2.      Melancarkan Sisyem Pencernaan
Ini karena buah mangga mengandung banyak serat yang sehingga melancarkan buang air besar dan sistem pencernaan menjadi sehat .

3.      Menyehatkan Mata
Ini karena buah mangga termasuk penghasil vitamin A yang sangat dibutuhkan dalam menyehatkan mata.

4.      Mencegah Penyakit kanker
Ini karena buah mangga mengandung antioksidan yang dapat mematikan sel kangker dalam tubuh sehingga tubuh terhindar dari penyakit kanker,

5.      Menstabilkan kolesterol dalam tubuh
Ini karena buah mangga mengandung pectin, vitamin C dan serat sehingga kolesterol dapat di turunkan menjadi stabil.

6.      Menjaga Kekebalan Tubuh
Ini di karenakan banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah mangga sehingga kebutuhan nutrisi sangat terpenuhi yang menjadikan kekebalan dalam tubuh menjadi tambah kuwat sehingga tubuh tidak gampang terkena penyakit. 
ARTIKEL TERKAIT