Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
BUAH NANGKA
    Nangka salah satu buah yang mempunyai bentuk ukuran besar yang bulat memanjang ( lonjong ) mempunyai rasa manis  dan buah ini di yakini berasal dari india. Buah ini sangat mudah kita jumpai di pasar – pasar  tradisional dan untuk harganya sangat terjangkau. Buah nangka selain enak di makan di waktu matang juga enak di buat masakan berkuah tapi buah nangka yang keadaanya yang masih mentah atau masih remaja.


            Sebenarnya buah nangka ini bisa di konsumsi dalam berbagai bentuk makanan misal dibuat jus,  kolak,  keripik,  dodol nangka,  nangka goreng,  selai nangka,  dan lain – lain. Dalam buah nangka juga terdapat biji yang keras dan lumayan besar tergantung jenis buah nangka  tersebut tapi rata – rata biji nangka sebesar ibu jari orang dewasa, biji buah nangka di sebut juga dengan nama BETON dan kalau dimakan mentah rasanya tidak enak perlu di rebus sampai mendidih dan biarkan agak lama setelah itu diamkan sampai hangat atau dingin baru bisa di konsumsi dan beton ini salah satu penghasil karbohidrat.

            Pohon dan buah nangka ini bila disakiti akan mengluarkan getah yang berwarna putih. Selain buahnya enak di konsumsi teryata daunya bisa digunakan untuk pakan ternak dan pohon yang sudah tua umurnya bisa digunakan alat prabot rumah tangga seperti kursi,  jendela,  pintu dan lain – lain ini karena kayu pohon nangka ini kwalitasnya bagus dan mempunyai corak yang bagus. Pohon  nagka ini dapat tumbuh dengan bagus di iklim tropis dan mempunyai curah hujan sekitar 1500 mm pertahun. Teryata buah nangka ini juga mempunyai kandungan vitamin C,  vitamin A,  kalsium,  kalium,  niasin,  thiamin,  magnesium,  riboflavin,  serat  dan lain –lain,  ini sangat di butuhkan tubuh kita dan bermanfaat untuk :

1.      Mengatsi Anemia
Buah nangka ini juga mengadung zat besi yang sangat berguna untuk menaikan kadar sel darah merah sehingga penyakit anemia ini bisa terselesaikan.

2.      Melancarkan Pencernaan
Buah nangka ini juga cukup banyak mengandung serat yang sangat di butuhkan dalam proses pencernaan biar lancar sehingga sistem pencernaan kita menjadi sehat dan bisa terhindar dari penyakit sembelit.

3.      Menjaga Kesehatan Mata
Mata sangat perlu perawatan kesehatan selain untuk istirahat yang cukup mata juga perlu asupan vitamin A dan ini juga terdapat pada buah nangka maka konsumsilah buah nangka ini biar kesehatan mata kita tetap terjaga walaupun di masa tua.

4.      Menjauhkan Dari Penyakit Kanker
Buah nangka ini juga mengandung senyawa lignin,  saponin,  isoflavon yang bermanfaat untuk mematikan sel – sel kanker yang tumbuh di tubuh kita.

5.      Menyehatkan Tulang
Buah nangka ini juga menghasilkan magnesium dan kalsium yang tentunya sangat dibutuhkan tulang kita biar asupan tulang terpenuhi sehingga kesehatan tulang kita menjadi sehat walaupun di usia tua.

6.      Menambah Sistem Kekebalan Tubuh Kita


Kandungan vitamin C  dan vitamin A di dalam buah nangka ini berguna untuk menambah kekebalan tubuh kita sehinga kita bisa terhindar dari berbagai penyakit.

ARTIKEL TERKAIT