Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
BUAH SALAK
Salak adalah salah satu buah yang berkulit tipis dan keras dan ada duri yang sangat lembut salak sendiri mempunyai rasa yang manis dan kulitnya berwarna coklat kehitaman dan bersisik seperti ular, buahnya berwarna putih kecoklatan bersih dan berbiji yang sangat keras. Buah ini belum di temukan secara pasti asal buah salak ini, tapi di Indonesia banyak berbagai jenis buah salak ini sampai 15 sampai 30 jenis tanaman buah salak ini.


 Tapi buah salak ini yang terkenal di Indonesia hanya beberapa macam diantaranya Salak Bali yang berasal dari sibetan bali berwarna coklat muda dan agak cerah  dan daging buahnya tebal dan manis, berbiji kecil dan ukuran buah ini kecil hingga sedang. SALAK PENJALINAN  buah salak ini berasal dari Madura, bangkalan warna buah salak ini coklat kekuningan rasanya manis renyah. Salak Gading, Salak Pondoh buah salak ini berasal dari jogja yang mempunyai warna kuning gading mengkilap buah salak ini berbeda dengan salak pondoh. Salak Condet ini berasal dari Jakarta berwarna coklat hingga kehitaman terasa manis, agak ketat hingga kesat ukuranya kecil, sedang dan besar.

Buah salak ini kita bisa jumpai di pasar – pasar terdekat dan supermarket dan harganya terjangkau juga. Buah salak ini biasanya digunakan untuk buah meja. Selain bisa dimakan lasung dengan sarat di kupas dulu kulitnya luarnya dan buah ini bisa dimasak di buat manisanm, asinan, keripik dan bisa di kalengkan. Di jawa bisanya buah salak ini bisa di gunakan untuk bahan rujak. Daun dan kulit tangkainya bisa digunakan untuk bahan anyaman dengan catatan durinya harus dihilangkan dahulu. Cukup sudah kita membahas masalah buah salak ini dan lasung saja kita akan membahas apa sih manfaat buah salak ini untuk kesehatan kita diantaranya :

1.      Untuk Mengobati Diare
Kita sering kali BAB yang tak kunjung berhenti membuat kita tidak bisa jauh – jauh dari toilet maka dengan mengkonsumsi buah salak ini yang banyak mengandung serat maka masalah diare ini bisa terselesaikan.

2.       Bisa Untuk Diet
Diet selain kita mengurangi porsi makan kita bisa juga menambahkan buah salak ini kedalam menu diet kita, karena kandungan fitonutrien  yang terdapat pada buah salak tersebut sangat bermanfaat sekali dalam menjalankan proses diet kita. salak juga ada 2mg vitamin C dan serat yang mampu meberi rasa kenyang yang cukup lama pada perut.

3.      Membantu Untuk Menyehatkan Mata
Di dalam buah salak ini teryata juga mengandung betakaroten yang baik untuk kesehatan mata kita .

4.      Sangat Sehat Untuk Otak Kita
Ini kandungan dalam buah salak terdapat kalium dan pectin yang di perlukan otak agar terjaga kesehatan dan fungsinya.

5.      Baik Untuk Kesehatan Tubuh Kita
Buah salak ini sangat banyak kandunganya diantaranya beta karoten, saponin, tannin, kalsium, dan flavonoid yang intinya semua ini sangat di butuhkan untu kesehatan tubuh kita.  


ARTIKEL TERKAIT