Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
BUAH SAWO

Sawo salah satu buah yang mempunyai rasa sangat manis dan lezat, dan buahnya berwarna coklat dan berbiji dan mudah kita jumpai di pasar – pasar terdekat dan harganya terjangkau. Buah sawo ini matang dalam pohon  29 hari rata – rata dan biasanya kalau di panen sebelum waktunya itu buah sawo di sipan selama 3 sampai 7 hari baru di konsumsi atau dijual. 

     Pohon sawo ini banyak di tanam di dataran rendah dan dapat hidup baik pada ketinggian sekitar 2500 sampai 300 mdbl, pohon sawo ini juga tahan kekeringan. Pohon sawo ini berbunga dan berbuah sepanjang tahun tapi umunya berbunga dan berbuah  dalam satu atau dua musim pada puncaknya, tapi juga ada di Negara tertentu berbunga dan berbuah puncak pada bulan – bulan tertentu.


Pohon buah sawo ini rindang banyak cabanya bisa mencapai ketinggian 30 sampai 40 meter dan berdaun warna hijau tua dan buahnya berbentuk bulat ada juga yang lonjong. Buah sawo ini bisa diolah dalam bentuk selai, buat campuran eskrim, sirup dan difermentasikan jadi anggur dan cuka , sedangkan getah yang ada di pohon atau buah sawo ini bisa di pakai bahan lem dan pernis dan pohonya sangat bagus untuk prabot rumah dan ukir – ukiran. buah sawo ini juga mengandung lemak,  protein,  energy,  fosfor, karbohidrat,  zat besi,  vitamin C,  vitamin E,  vitamin B1,  dan vitamin A. Maka dari itu buah sawo ini juga bermanfaat untuk kesehatan kita diantaranya :

1.      Pembentukan Sel Darah Merah
Asam folat yang ada di buah sawo ini bisa untuk membantu pehasilan sel darah merah pada tubuh kita.

2.      Menjaga Kesehatan Mata
Vitami A yang terdapat pada buah sawo ini sangat dibutuhkan mata untuk kelangsungan mata kita biar tetap sehat setiap hari.

3.      Untuk Kesehatan Tulang Dan Gigi
Fosfor dan dan kalsium sangat berperan dalam menyuplai kebutuhan kesehatan tulang dan gigi kita agar tetap sehat.

4.      Menyehatkan Pencernaan
Serat yang terdapat pada buah sawo ini sangat berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan kita.

5.      Mengobati Pendarahan Yang Terdapat Pada Luka
Kalium yang terdapat pada buah sawo ini bermanfaat untuk menghentikan pendaran pada luka.

6.      Menjaga Kesehatan Kulit Kita
Kandungan vitamin E yang terdapat pada buah sawo ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kita.


ARTIKEL TERKAIT