Manfaat Buah Sirsa Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
buah sirsak
Buah sirsak ini mempunyai rasa manis dan asam bila sudah matang. Untuk buahnya bila matang  warnanya buahnya berwarna hijau kekuningan. Dan buahnya ukuran lumayan besar  20  sampai 30 cm dan beratnya mencapai 2,5 kg dan tinggimya pohon sirsak ini bisa mencapai  9 meter. Daging buah sirsak warnanya putih dan didalam daging buah sirsat juga ada bijinya yang berwarna hitam juga beracun bisa dipakai untuk inseksida alami. Buah ini mudah di jumpai dipasar – pasar terdekat bisa di pasar tradisional bisa juga di supermarket dan bisa di jumpai di perkarang atau kebun yang ini khusunya di daerah perdesaan.


Buah sirsak ini berasal dari amerika tengah, karibi dan amerika selatan, tanaman ini di tanam untuk di ambil buahnya dan kemajuan zaman teryata daunya juga sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit yang mematikan. Sedangkan buahnya sirsak ini mengandung banyak vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, karbohidrat, fruktosa dan banyak mengandung serat. Dalam artikel ini kami akan membahas tentang manfaat buah sirsak secara kandunganya yang terdapat pada buah sirsak tersebut :

  1. Kandungan Vitamin C  Di Dalam Buah Sirsak
Vitamin C  adalah jenis vitamin yang larut dalam air yang baik untu penangkal berbagai penyakit , vitamin C  tergolong vitamin antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas ekstraseluler. Vitamin C  juga menjaga struktur kolagen yaitu sejenis protein yang dapat menghubungkan semua jaringan serabut seperti urat, tulang rawan, kulit dan juga menangkal nitrit yang menyebabkan kanker. Nah dalam hal ini teryata buah sirsak yang banyak mengadung vitamin C  juga berkhasiat untuk menyembuhkan luka pada tubuh akibat jatuh, terpleset dan lain – lain, dan dapat mencegah sariawan.

  1. Kandungan Vitamin B1 Yang Ada Di Buah Sirsak
Vitamin b1 ini mudah terlarut dalam air dan seseorang yang kekurangan vitamin b1 ini bisa kena penyakit beri – beri yang di tandai bengka – bengkak dan pembesaran pada betis penyakit beri - beri ini ada 3 jenis yaitu beri – beri kering , beri – beri basah dan beri – beri jantung. Dan bisa juga terjangkit penyakit  Sindromwernicke – Korsakoff yang artinya penyakit ini menyerang otak yang ditandai  yaitu :
-    Seseorang yang mudah kehilangan ketertarikan dan tampak tidak peduli terhadap perubahan
-   Waktu berkomukasi atau berbincang – bincang isinya dalam komukasi tidak lengkap atau ada yang kurang
-    Amnesia
-    Otak malas berfikir

  1. Kandungan Vitamin B2  Yang Ada Di Buah Sirsak
Vitamin B2 ini merupakan mikronutrisi sangat mudah di cerna dan mudah larut oleh air dan menjaga kesehatan pada tubuh dan mempunyai peran penting untuk pembentukan sel darah merah, antibody. Maka dari itu mengkonsumsi buah sirsak baik sekali untuk menolak berbagai penyakit.

  1. Kandungan Karbihidrat Yang Terdapat Dalam Buah Sirsak
-   Karbohidrat ini meliputi hidrogen, karbon, dan oksigen dan fungsi utama untuk bahan bakar dan nutrisi dalam tubuh, cadangan energi dan materi pembangunan sebagai jabaranya sebai berikut :
-    Bahan bakar dan nutrisi
    Bahan bakar pada tubuh manusia yang yang terdapat pada krbohidrat khususnya glukosa yang mengalir dalam darah yang ada di seluruh sel – sel tubuh yang menyerap glukosa dan mengambil tenaga yang tersipan dalam molekul tersebut pada proses respirasi seluler yang berguna untuk mejalankan sel –sel tubuh. Nutrisi  dalam 1 gram karbohidrat memiliki nilai energi 4 kalori, maka dari itu bila mengkonsumsi buah sirsak sangat terpenuhi nutrisi tubuh kita.

  1. Kandungan Fruktosa Yang Ada Di Buah Sirsak
Fruktosa atau gula buah yang bisa langsung bisa diserap oleh aliran darah selama pencernaan, fruktosa murni rasanya sangat manis, dan mudah larut dengan air, maka dari itu mengkonsumsi buah sirsak ini bisa menambah fruktosa yang dibutuhkan tubuh.

  1.  Kandunagn Serat  Yang Ada Di Buah Sirsak
Serat ini berguna untuk pencernaan dalam tubuh yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus dan mengalami fermentasi di usus besar sehingga mempermudah buang air besar dan menyembuhkan sembelit maka dari itu bila mengkonsumsi buah sirsak ini sangat baik untuk kesehatan didalam sistem pencernaan.



ARTIKEL TERKAIT