Manfaat Buah Tomat

www.seratu.com
tomat
Tomat salah satu buah yang bisa dimakan secara lasung dan di makan setelah diolah dulu atau di buat campuran bumbu atau campuran makanan dan bisa dibuat es jus. Buah tomat ini tidak mempunyai ketahan yang lama di bandingkan buah lainya karena mudah busuk, tetapi kebanyakan masyarakat sekarang menyimpan buah tomat di kulkas biar awet segar dan fress. buat tomat ini mudah sekali di dapat di pasar - pasar atau di supermarket terdekat dan harganya juga terjangkau.


Jenis buah tomat ini sangat beragam, dan untuk warna buah ini merah kalau sudah matang, tetapi biasanya para petani kalau memanen selalu setengah matang yang warnanya merah bercampur warna hijau dan kuning dan kulitnya kelihatan keras, halus dan segar di dalam daging buah terdapat bijinya yang lunak dan jumlahnya sangat banyak di dalam daging buah . Pohonya berwarna hijau dan bisa tumbuh mencapai 1 sampai 3 meter. Buah tomat ini bersal dari amerika selatan dan banyak sekali kandungan yang terdapat dalam buah tomat diantaranya :

-          Protein                        -      fosfor
-          Karbohidrat              -      kalium
-          Serat                           -      sodium
-          Kalsium                      -      seng
-          Magnesium                -      lemak
-          Besi                             -      vitamin A

Maka dari banyaknya kandungan yang ada di atas tersebut teryata buah tomat termasuk buah yang bermanfaat untuk tubuh yang berkhasiat untuk :

1.      Menambah KekekbalanTubuh
Tubuh sangat rentan penyakit, tapi orang tidak sama tingkat kekebalan tubuhnya maka dari itu buah tomat ini mengandung antioksidan yang didalamnya terdapat LYCOPENE yang bermanfaat untuk menghancurkan radiasi bebas

2.      Mengobati Sembelit Dan Wasir
Penyakit ini terdapat di sistem pencernaan, terutama yang waktu mau buang air besar terasa sangat sulit sehingga anus kita menjadi panas. Di sarankan untuk mengkonsumsi buah tomat ini secara rutin karena buah ini mengandung banyak serat yang dapat melancarkan sisitem pencernaan pada tubuh kita.

3.      Meningkatkan Jumlah Seperma
Untuk pasangan rumah tangga sangat bagus untuk mengkonsomi buah tomat karena buah ini memngandung Lycopene yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi seperma.

4.      Dapat Menghancurkan Gumpalan Darah
Bila dalam sistem peredaraan darah mengalami pengupalan darah maka sangat berbahaya untuk kesehatan kita, bila ini terjadi maka kita bisa terkena penyakit jantung dan setrok. Menurut penelitian biji tomat yang membungkus bijinya buah tomat ini yang berwarna kekuning – kuningan itu teryata bermanfaat untuk mencegah pengumpalan pada darah.

5.       Mata Menjadi Sehat
Mata adalah salah satu indra penglihatan yang dimana juga di sebut sebagai jendela dunia yang dimana perlu untuk dijaga keberadaanya dan manfaatnya maka dengan mengkonsumsi buah tomat berarti anda ikut serta menjaga mata karena buah tomat mengandung vitamin A

6.      Rasa Sakit Bisa Berkurang
Yang dimaksut mengurangi rasa sakit ini adalah mengurangi rasa nyeri contohnya yang terjadi di pungung dengan mengkonsumsi buah tomat ini bisa mengurangi rasa nyeri tersebut karena di dalam buwah tomat juga mengandung anti inflansi yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit pada penyakit yang kronis yang biasanya membutuhkan obat untuk mengurangi rasa sakit tersebut.   



 


ARTIKEL TERKAIT