Manfaat Buah Wortel Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
wortel

Siapa sih yang tidak tau buah ini, buah yang warnanya kuning tua rasanya manis langu, tanaman ini bisa kita jumpai di pasar - pasar tradisional maupun moderen. Buah wortel ini selalu disangkut pautkan dengan kesehatan mata kita dan sudah menjadi rahasia umum. Buah wortel harus di budidayakan didaerah dataran tinggi dengan ketigian minimal 1000 MDPL dan suhunya sekitar 15 sampai 21 celsius biar mendapatkan hasil yang maksimal di indonesia biasanya di tanam di daerah batu, nogkojajar, priagen dan dieng.


Wortel ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Maka sebaiknya sering kita konsumsi bisa lasung di makan mentah tetapi setelah di seterilkan dulu dan bisa di masak terlebih dahulu bisa dibuat tumis atau campuran makanan lainya dan buwah ini bisa dibuat jus, selain bisa untuk mengenyangkan perut teryata buwah wortel ini juga mengadung nutrisi diantaranya adalah :

-          Vitamin A                  -     vitamin B1, B2, B3, B9
-          Vitamin C                  -      Zat besi
-          Kalsium                      -      fosfor
-          Magnesium                -      Sodium
-          Kalium

Nah dari banyaknya nutrisi yang terkandug didalam buah wortel ini teryata bisa untuk mengobati berbagai penyakit di antaranya :

1.      Menjaga Kesehatan Mata
Memang buah wortel ini tidak bisa mengobati kebutaan tapi bisa menjaga mata dari penyakit katarak dan mata yang kekurangan vitamin A karena buah wortel ini kaya akan vitamin A yang amat sangat di butuhkan mata, maka rutinlah makan buah wortel ini bila ingin mata anda tetap sehat.

2.      Mengobati Sembelit
Penyakit ini sering kita rasakan sangat sakit diwaktu buang air besar dan itu disebabkan oleh pola makan yang salah. Maka mengkonsumsi buah wortel ini yang banyak mengandung serat maka penyakit sembelit anda akan terselesaikan dengan catatan mengkonsumsi buah wortel ini secara rutin.

3.      Mencegah Penyakit Kanker
Penyakit kanker ini biasanya menyerang paru – paru, kanker mulut, kanker tengorokan kanker lambung, kanker usus, kanker kemih, kangker pankreas dan kanker payudara dan hubunganya dengan buah wortel  ini sangat membantu untuk mencegah penyakit kanker ini di karenakan kanker mengandung Antioksidan dan wortel ini perlu dimasak terlibihdahulu biar kandunganya antioksidanya biar bisa berlipat ganda.

4.      Menurunkan Kolesterol
Buah wortel ini di percaya dapat menurunkan kolesterol di karenakan kandungan pectate, calcium dan serat yang mudah larut ini yang bisa menurunkan kolesterol anda.

ARTIKEL TERKAIT