Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
Daun beluntas mudah kita jumpai di lingkungan kita biasanya kalau di kampung – kampung di buat pagar halaman karena tanaman ini mudah tumbuh subur di lingkungan kita, dan efektif buat pagar pembatas dan mudah dalam perawatanya dan memberi nilai keindahan tersendiri. Tanaman beluntas ini juga berfaat bagi kehidupan kita sehari – hari bisa buat bahan makanan seperti kulupan dengan diambil daunya dan di rebus, juga bisa sebagai kesehatan tubuh kita dengan diolah sebagai Jamu.
  
Daun beluntas warna daunya hijau dan batangya juga kehijuan dan termasuk tanaman  semak yang banyak cabangya dan bisa tumbuh tinggi sampai 3 meter bila tidak sering di pangkas. Tanaman beluntas ini juga mempunyai nama yang berbeda di setiap daerah atau negara  misal di vietnam dinamai Phatpai, di cina di beri nama Luan Yi di inggris dinamai Marsh Fleabane di jawa beluntas, baruntas dari sunda, lamutasa dari makasar, lenabou dari timor, baluntas dari madura, dan luntas dari jawa.

Kandungan zat yang ada di daun beluntas sangat baik tubuh kita diantaranya :

-          Natrium
-          Tannin
-          Alkaloid
-          Kalsium
-          Minyak Atsirih
-          Flafonoida
-          Fosfor
-          Magnesium

Sedangkan akar daun beluntas juga mengandung :

-          Tannin
-          Flafonoida

Tanaman daun beluntas sangat baik untuk kesehatan tubuh kita yang dapat mengobati berbagai penyakit yang ada di tubuh kita diantaranya :

1.      Menghilangkan Bau Pada Badan Dan Mulut
Kita sering beraktivitas rutin yang dimana kita tidak lepas dari komunikasi dengan sesama manusia yang dimana kita sering berkeringat yang melekat pada pakaian atau tubuh kita ada beberapa orang bahwa keringat yang tidak bau dan bau dan itu sangat mengagu aktivitas kita yang dimana orang yang dekat sama kita merasa tergangu oleh bau badan kita yang tidak sedap. Untuk bau mulut yang bau ini sama keluhanya sama bau badan ini semua bisa terselesaikan dengan meminum air rebusan daun beluntas yang rutin.

2.      Mengobati Pegal Linu Di Badan
Penyakit ini tibul biasanya karena kecapain dalam aktivitas yang berat dan sering menyerang pada kaum laki – laki walaupun tidak menutup kemungkinan juga menyerang kaum perempuan, tapi jangan khawatir dengan meminum air rebusan daun beluntas yang rutin tiap hari pasti bisa berkurang penyakit pegal linu yang melekat di badan.

3.      Mengobati Perut Kembung Atau Tidak Nyaman Di Perut
Kita sering merasakan perut kita yang tidak nyaman atau kembung penyakit ini biasanya bisa disebabkan memakan sesuatu yang kurang seteril sehingga perut kita merasa tidak nyaman atau kebung atau habis perjalan jauh juga mengakitbatkan perut kebung atau tidak nyaman, tapi jangan kwatir dengan meminum air rebusan dari daun beluntas ini dapat mengatasi perut kembung atau tidak nyaman bisa teratasi.

4.      Menghilangkan Rasa Nyeri Yang Ada Di Pinggang
Penyakit ini timbul biasanya sangat menyiksa kita yang dimana nyeri yang ada di pinggan kalau kita buat bergerak sangat sakit sehingga kita malas melakukan aktivitas, maka dari itu jangan khawatir dengan rutin meminum air rebusan daun beluntas maka nyeri yang ada di pinggang pasti akan hilang dengan tersendirinya.

5.      Melancarkan Pencernaan
Pencernaan kalau tidak lancar maka sangat mengangu bagi kesehatan kita dan bisa berakibat fatal bagi tubuh kita maka dari itu biar lancar dalam pencernaan maka konsumsilah daun rebusan air beluntas secara rutin.

6.      Melancarkan Haid
Kata haid pasti sudah melakat pada telinga kaum perempuan, yang dimana bila haid ini tidak normal atau tidak lancar maka dapat berakibat buruk untuk kesehatan intim wanita, maka dari itu bila haid inggin lancar maka konsumsilah air rebusan daun beluntas dengan rutin maka haid akan lancar.

7.      Mengobati TBC
Penyakit TBC atau TB yang singkatan dari Tuberculosis ini jenis penyakit yang menular dan menyerang pada paru – paru dan jenis penyakit ini menular, biasanya penyakit ini menular bisa memalui udara denga penderita TB ini batuk atu bersin maka akan mengluarkan butiran ludah mereka melaui udara dan dihirup oleh kita. Tapi jangan kwatir dengan meminum air rebusan daun beluntas maka peyakit tbc ini bisa reda. Tapi kalau penyakit ini masih tetap maka disarankan untuk periksa ke dokter setempat.


ARTIKEL TERKAIT