Manfaat Daun Pisang



seratu.com
Daun pisang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari – hari tanpa kita sadari daun pisang sangat ramah lingkungan karena bisa buat bungkus makanan. Kenapa daun pisang ramah lingkugan karena daun pisang setelah di pakai bungkus makanan dan di buang bisa membusuk dan menyatu  dengan tanah. Daun pisang juga dekoratif dalam arti bisa buat pelengkapan acara keagamaan seperti tasyakuran biasanya buat bungkus makanan kecil, bisa juga buat alas tumpeng, dan wisata kuliner. Daun pisang juga mengandung Polifenol yang menurut penelitian juga bisa mengurangi penyakit jantung, pebuluh darah dan kanker karena polifenal memiliki peran sebagai Antioksidan.


Daun pisang mudah sekali di jumpai di sekitar halaman kita khususnya di daerah perdesaan. Daun pisang juga dapat di kormesilkan lasung maksutnya di jual ke pasar walaupun harga tidak begitu tinggi, selain itu daun pisang juga bisa di gunakan untuk kesehatan kita diantaranya : 

1.      Meredakan Batuk
Daun  pisang bisa meredakan batuk yang disebabkan kebanyakan merokok, meminum - minuman berakhohol dan alergi dengan cara meminum air rebusan daun pisang atau dengan menelan getah daun pisang maka batuk anda bisa tertolong.

2.      Mengatasi Radang Pada Tengorokan
Daun pisang bisa mengobati radang  tengorokan yang dimana kalau buat makan atau bicara tengorokan merasakan sakit nyeri, ini bisa diatasi dengan cara ambil daun pisang lalu jemur setelah kering rebus dengan air secukupnya dan diamkan air tersebut sampai hangat atau dingin lalu minum sehari 3 kali secara teratur hingga sembuh.

3.      Untuk Mengatasi Mimisan
Daun pisang bisa juga buat mengatasi mimisan biasanya dengan daun suruh misal kalau daun suruh tidak ada bisa mengunakan daun pisang dengan cara memasukan daun pisang secukupnya ke hidung seperti kita mengobati mimisan dengan daun suruh.

4.      Untuk Mengobati Luka
Daun pisang juga bisa di gunakan untuk megobati luka misal gigitan nyamuk,terjatuh dan terkena goresan degan cara ambil daun pisang secukupnya dan kasih air lalu haluskan bisa mengunakan blender, setelah itu oleskan pada kulit yang terkena luka.

5.       Mengatsi Keputihan Pada Daerah Kewanitaan
Daun pisang juga bisa bisa untuk mengobati keputihan pada wanita, sedangkan keputihan itu di sebabkan oleh jamur, tapi jangan khawatir keputihan bisa hilang dengan daun pisang caranya yaitu ambil daun pisang secukupnya lalu rebus hingga mendidih lalu diamkan air  sampai dingin setelah itu bersihkan bagian daerah kewnitaan dengan air tersebut.

6.      Mengobati Disentri
Disentri penyakit ini biasanya terjadi radang pada usus dan mengakibatkan tinja kita berdarah dan berlendir. Penyakit ini bisa di obati dengan daun pisang dengan cara ambil daun pisang lalu kunyah setelah itu ambil getahnya jangan lupa untuk membuang daun pisang yang ada dimulut tadi tersebut dengan itu penyakit disentri anda akan lekas sembuh. Kalau masih tidak sembuh sebaiknya hubungi dokter setempat.



ARTIKEL TERKAIT