Pohon Bintaro Sangat Beracun



www,seratu.com
BUAH BINTARO

Pohon bintaro sangat beracun ini kita sering jumpai di jalan jalan ibu kota atau daerah kawasan kota yang menjadi pusat kerumunan masyarakat kota. Tanaman bintaro ini sangat beracun maka dari itu berhati – hatilah bila membawa anak – anak dalam berjalan –jalan karena sifat anak – anak selalu kurang hati – hati terhadap yang ada di sekitarnya, karena pohon bintaro segala sesuatunya beracun seperti daunya dan buahnya.



Pohon bintaro bisa setinggi 12 meter tanaman ini sebenarnya tumbuhan pantai di pasifik dengan nama lena, toto, serta vasa. Daunya berbentuk seperti bulat telur warna hijau tua dan cukup lebat, bunganya harum dan mahkotanya cukup lebar dengan diameter 3 sampai 5 centimeter seperti terompet pangkalnya merah muda, benang sarinya ada 5 dan buahnya seperti telur panjanya sekitar 6 sampai 11 centimeter, kalau masih mentah warnanya hijau cerah dan keras  dan kalau masak berwarna merah cerah dan kalau di lihat seperti enak di makan. Pohon bintaro salah satu dari ekosistem dari hutan magrove yang artinya tumbuh di air dan di pengaruhi oleh pasang surut air laut. Pohon bintaro sangat mudah hidup dan perawatanya juga mudah, beradaptasinya juga mudah terhadap lingkungan di sekitarnya.

Sebenarnaya manfaat dari pohon bintaro apa yaaa ? Secara umum sebagai penyerap karbondioksida ( CO 2 ) dan sebagi pengusir tikus dengan cara ambil buah bintaro dan letakan di sekitar jalan yang sering di lalui tikus, tapi sebagai acuan letakan buah bintaro yang jauh dari anak – anak karena sangat berbahaya. Bisa juga sebagai bahan bakar GAS untuk kompor ini sudah di riset oleh IPB institut pertanian bogor, di banding denga biji jarak teryata biji bintaro lebih mengandung lebih banyak minyak dari pada biji jarak. Untuk pertanian daunya bisa untuk membasmi ulat grayak dengan cara siapkan daun bintaro yang segar 1 kg rendam dengan ethanol selama 2 hari selanjutnya saring untuk memisahkan daun dan cairanya setelah itu uapkan cairanya hinga pekat.

Tanaman bintaro selain bermanfaat juga sangat berbahaya karena di dalam getahnya mengandung racun yang disebut CERBIRIN yang mempengaruhi jantung. Di jaman dulu getahnya juga sebagai racun yang di oleskan di ujung mata panah dan tobak yang sering di gunakan oleh suku dayak untuk berperang atau berburu. Dan jangan bakar tanaman bintaro sangat bahaya asapnya.
ARTIKEL TERKAIT