Keistimewaan Dan Manfaat Buah Alpukat



POHON, BUAH APOKAT

     Buah alpukat dalam  kamus Indonesia disebut AVOKAD,  dalam bahasa latin  PERSEA AMERICANA, sedangkan dalam bahasa inggris AVOCADO. Buah ini berasal dari negara AmerikaTengah  negara Meksiko, daerah tropika ini termasuk perkebunan monokultur yang ada di dunia. Pohon dan batangnya bisa mencapai ketinggian 20 meter, panjan daunnya 12 sampai 25 centimeter, bunganya berwarna hijau kekuningan, memiliki biji yang cukup besar bisa mencapai 5 sampai 6,4 centimeter.



Sesungguhnya tidak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat . Mulai dari pohon dan daunnya juga bermanfaat kegunaan masing-masing.  Pohon alpukat  bagian kayu bisa digunakan untuk bahan bakar, begitu juga biji dan daunnya bisa digunakan untuk bahan industri pakain, sedangkan kulitnya bisa dipakai bahan produk dari kulit. Dan buah alpukat sendiri tentu sudah tau tentang manfaat  dan keistimewaan dari buah ini.

Buah alpukat selain berwarna hijau gelap ada juga yang berwarna merah maroon. Rasanya yang lezat dan nikmat, Dagingnya yang tebal dan lembut berwarna kekuning - kuningan, memiliki biji yang yang besar, serta kulitnya kaku,untuk buah ini memiliki aroma yang khas. Buah alpukat disebut juga buah yang mahal, karena harganya relatif mahal perkilonya bisa berjumla  4 buah itu yang berukuran besar, sehingga buah alpukat ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi penjual maupun penanamnya,  karena buah ini musiman tidak selalu ada, tapi buah ini dapat kita jumpai di pasar, kios buah dan super market terdekat.

Sebanyak yang kita ketahui alpukat bisa dikonsumsi untuk jus saja atau untuk campuran minuman seperti es teler, es campur, campuran salad, dan lain - lain. Banyak sebagian orang takut mengkonsumsi buah alpukat ini, karena berfikir buah alpukat mengandung, lemak yang sangat banyak. Sebenarnya apa yang mereka pikirkan tentang hal itu adalah salah. Karena dengan mengkonsumsi buah alpukat membantu kita kenyang tahan lama sehingga membantu kita mengontrol kelebihan berat badan.

Alpukat yang mengandung nutrisi yang sangat tinggi, memiliki kandungan 11 vitamin dan 14 mineral. Alpukat juga kaya akan protein , riboflavin atau vitamin B2, vitamin B3, vitamin C dan kalium. Alpukat juga mengandung lemak yang sangat tinggi akan tetapi jangun takut, karena lemak yang terdapat pada alpukat adalah lemak tak jenuh sama halnya dengan lemak yang dimiliki minyak zaitun. Lemak  tak jenuh yang ada pada alpukat memiliki dampat positif untuk kita. Karena lemak  ini sering diproduksi untuk campuran bahan sabun dan kosmetik.

Alpukat juga bisa dikonsumsi dengan cara membuatnya menjadi jus. Selain rasanya yang lezat jus alpukat juga mengandung gizi yang banyak, dalam alpukat mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh. Diantara zat yang ada dalam buah alpukat ini juga berkhasiat untuk :

·          Vitamin A Dan Vitamin E
Campuran dari vitamin A dan vitamin E ini baik untuk perawatan kulit. Sebab vitamin E sudah diketahui sangat baik untuk menghaluskan kulit, begitupun juga vitamin A bagus untuk perawatan kulit.

·         Lemak Tak Jenuh
Dalam alpukat terdapat lemak tak jenuh, lemak ini mudah dicerna dalam lambung. Lemak ini mengandung zat anti jamur dan bakteri, lemak juga dapat menurunkan kolesterol, stroke, jantung dan darah tinggi.

·         Mineral Mangaan Dan Seng
Ini sangat bermanfaat untuk memantau detak jantung, menjaga fungsi saraf agar tetap selalu terjaga, dan meredakan tekanan darah tinngi.

·         Vitamin B6
Vitamin ini baik dikonsumsi bagi wanita yang sedang datang bulan karena berkhasiat meredakan sindrom pra-haid.

·         Zat Besi Dan Tembaga
Zat ini baik untuk regenerasi sel darah merah yang mengakibatkan anemia,  juga mengandung 70% air, lemak 20%.

·         Asam Oleat
Asam oleat ini menangkal radikal bebas dalam tubuh akibat polusi udara. Karena asam oleat mengandung antioksidan yang sangat banyak.

·         Gula
Gula yang terdapat pada buah alpukat jumlahnya sangat sedikit kurang lebih 0,2 gram gula, jadi tak perlu di khawatirkan tentang gula darah.


        Secara tidak kita sadari manfaat buah alpukat teryata peting juga untuk kesehatan pada tubuh kita,  untuk mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan dapat juga meningkatkan metabolisme tubuh. Manfaat buah alpukat bagi kesehatan, kecantikan dan rambut, dianataranya:

1.      Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Bagi penderita penyakit kardiovaskular sangat penting konsumsi omega-6. Disarankan untuk mengkonsumsi alpukat,  karena alpukat mengandung  oleat tak jenuh.  Yang dapat menurunkan asupan lemak tak jenuh.

2.      Diabetes
Buah alpukat dapat mengurangi kolesterol jahat(LDL) dan meningkatkan kolesterol baik(HDL) .

3.      Menurukan Berat Badan
Alpukat dapat memberikan rasa kenyang, sehingga mengurangi rasa lapar dan nafsu makan bagi meraka yang melakukan diet.

4.      Kesehatan Dan Kecantikan
Kandungan vitamin  A dan vitamin E membantu untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Serta dalam melindungi kulit dari keriput dan tanda penuan dini.

5.      Mencegah Kanker
Alpukat yang kaya akan fitokimia dapat membantu mencegah perkembangan kanker.

6.      Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Sumber kalium yang cukup besar yang ada dalam buah alpukat dapat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

7.      Kesehatan Mata
Kandungan luteinkaratenoid  ini dapat membantu menjaga kesehatan mata yang disebabkan oleh katarak dan regenerasi manula.

8.      Kesehatan Rambut
Biasanya alpukat digunakan untuk creambath yang dapat menghitamkan rambut, serta membuat rambut menjadi sehat berkilau.

9.      Baik Untuk Bayi Dan Ibu Hamil
Alpukat dapat menjadi asupan yang sehat sejak usia dini, selain dagingnya yang lunak  alpukat juga menyehatkan dan mencerdaskan sang bayi dengan kandungan yang dimiliki pada buah alpukat.
ARTIKEL TERKAIT