Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan Kita

www.seratu.com
BELAHAN BAWANG BOMBAY
Bawang bombay dalam kehidupan sehari-hari kita sudah sering melihatnya, dan kita juga sering menjumpainya entah itu di pasar, di super market ataupun kios sayuran. Sebanyak yang kita tau biasanya bawang bombay hanya sebagai perlengkapan bumbu masak saja, selain untuk bumbu masak ternyata bawang bombay banyak seakli manfaatnya yang belum kita ketahui

Bawang bombay adalah bawang yang bentuknya besar yang memiliki warna putih kekuningan, Bawang bombay ini sama seperti bawang merah hanya saja bawang bombay lebih besar dagingnya lebih tebal, memiliki bentuk berlapis-lapis dan rasanya pedas bila diirs-iris bisa membuat kita menangis karena rasanya yang panas dan pedas, bawang bombay memiliki aroma atau bau yang lebih sedap saat dimasak, dan bawang bombay tidak beruas seperti bawang merah, bawang bombay tumbuhan tunggal yang berkembang biak mengunakan bunga.

Dilihat dari namanya saja bawang bombay tidak dari indonesia, malainkan dari negara INDIA. Harga bawang bombay sangatlah mahal perbijinya, karena selain untuk perlengkapan bumbu didapur bawang bombay bermanfaat untuk kesehatan kita, banyak manfaatnya yang belum kita ketahui diantaranya:

1.      Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh
Didalam bawang bombay memiliki kandungan Vitamin C, yang bisa meningkatkan sistem imun pada tubuh, apabila sistem tubuh meningkat maka tubuh kita tidak mudah terserang penyakit yang ingin masuk kedalam tubuh.
   
2.      Memperkecil Resiko Terserang Kanker Kolon
Disini kanker kolon adalah kanker usus besar, kegunaan bawang bombay bisa menghindari tubuh kita dari resiko kanker kolon, karena didalam bawang bombay terdapat kandungan serat yang tinggi yang dapat membersihkan usus dan memperlancar pensernaan dalam tubuh.

3.      Mencegah Sembelit
Bawang bombay juga bisa sebagai obat untuk mencegah terjadinya sembelit. Karena bawang bombay kaya akan serat dibandingkan dengan bawang merah, dengan memiliki serat banyak bisa melancarkan pergerakan makanan dalam usus.

4.      Anti Virus
Dalam bawang bombay terdapat kandungan Niacin yang berguna sebagai anti virus. Niacin disini sangat bermanfaat untuk menangkal berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, contohnya seperti flu dan pilek serta influensa.

5.      Mengatasi Penyakit Maag
Kandungan natrium yang dimiliki bawang bombay bisa menormalkan kadar asam lambung di dalam lambung. Sehingga sangat baik mengkonsumsi bawang bombay yang bisa digunakan untuk obat maag.

6.      Memperkuat Tulang
Tulang sangat berperan aktif dalam tubuh kita, apalagi dalam usia lanjut tulang sangat mudah kropos. Karena itu untuk sebisa mungkin kita harus menjaga kesehatannya dan kepadatannya agar tak mudah kropos. Menkonsumsi bawang bombay sangat baik untuk tulang, karena dalam bawang bombay terdapat kalsium yang bisa memperkuat tulang dan menghindari diri dari osteoporosis.

7.      Mengatasi Mual –  Mual
Rasa mual yang diderita pada saat masuk angin, kita biasa mengobatinya dengan bawang bombay. Karena rasa pedas dan panas yang dimiliki pada bawang bombay bisa sebagai penghilang rasa mual. Caranya sangatlah mudah, haluskan bawang Bombay (parut) satu bawang bombay lalu oleskan atau tempelkan pada perut.

8.      Obat Jerawat
Bawang bombay bisa juga untuk kecantikan. Disini bawang bombay bermanfaat untuk mengobati jerawat. Caranya sangatlah mudah
·         Parut atau haluskan satu bawang bombay
·         Tempelkan parutan bawang bombay kurang lebih 15menit
·         Bersihkan dengan air hangat
·       Lakukan tiga kali sehari secara teratur, jerawat kan kempes dan mengecil

9.      Diet
Selain untuk kecantikan bawang bombay juga bisa untuk diet. Karena bawang bombay juga bisa digunakan untuk tambahan menu diet dan dibuat untuk salad sayur, karena kandungan yang tinggi akan seratnya.
ARTIKEL TERKAIT