Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Kita



BAWANG MERAH
Bawang merah ini sangat mudah kita jumpai di pasar – pasar sayur dan supermarket tertentu, bawang merah ini di jual dalam bentuk yang sudah dikupas tinggal di masak dan ada juga yang dijual dalam bentuk daunya masih melekat, kering dan diikat. Bawang merah ini rata – rata digunakan untuk bumbu dapur atau bisa untuk pelengkap aneka makanan.  Bawang merah ini mempunyai bau yang menyengat sampai – sampai kita waktu memotong bawang merah yang masih segar ini kita bisa mengluarkan air mata dengan sendirinya dan ledir dari hidung.


Bawang merah ini yang di duga berasal dari Asia tengah dan asia tenggara yang daunya bisa mencapai ketingian 30 sampai 50 centimeter yang berwarna hijau sebelum umur 40 hari. Rata – rata bawang merah ini berumur antara 60 sampai 80 hari baru bisa di panen. Jenis tanaman bawang merah ini bermacam – macam di Indonesia ada beberapa jenis tanaman bawang merah seperti bawang merah Philip,  bawang merah thailan, bawang merah bauji ini yang beredar di masyarakat Indonesia terutama di kalangan petaninya. Untuk penyakit yang sering terdapat pada bawang merah ini adalah ulat grayak, grandong atau bakteri yang menyerang bagian tunas bawang merah ini maka dari itu masyarakat di Indonesia dalam menagani penyakit ini sangat intensif dengan memakai obat – obatan kimia yang berdosis tinggi maka sebaiknya sebelum mengkonsumsi bawang merah ini sebaikya cuci yang bersih dan bisa dilakukan dengan berulang – ulang dalam mencuci.

Bawang merah ini selain kita pakai untuk bumbu teryata bawang merah ini juga banyak mengandung asam folat, serat,  vitamin C,  kalsium,  zat besi,  hormone giberelin, hormone auksin,  senyawa alliin yang diubah menjadi alliisin,  ammonia,  asam piruvat dan lain - lain. Tentunya kandungan semua ini sangat bermanfaat untuk tubuh kita diantaranya :

  1. Sangat Baik Untuk Jantung
Asam amino, sulfur, sulfide methylallyl yang ada pada bawang merah mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka pembuluh arteri yang tersumbat sehingga dapat menjaga kesehatan jantung kita.

  1. Melancarkan Bab
Kandugan serat yang terdapat pada bawang merah ini mampu  membantu zat makanan yang sulit dicerna dan diuraikan menjadi kotoran yang dibuang melalui anus.

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol Menjadi Normal
Kandungan sulfide methylallyl, asam amino sulfur yang terdapat pada bawang merah ini mampu menerunkan kolesterol jahat ( LDL ) dan mengontrol kolesterol baik ( HDL) menjadi stabil dan sehat.

  1. Melindungi Tubuh Dari Penyakit Kanker
Kandungan senyawa belerang, sulfur yang terdapat pada bawang merah ini mampu melindungi tubuh dari penyakit kanker yang mengintai tubuh kita.

  1.  Menjaga Suasana Hati Menjadi Tenang
Kandungan folat yang terdapat pada bawang merah ini mampu memulihkan depresi dan mencegah kelebihan homosistein yang berpengarug terhadap suasana hati, tidur dan nafsu makan dengan baik.

  1. Dapat Mengencerkan Dahak
Kandungan saponin yang terdapat pada bawang merah ini mampu mencairkan dahak.

  1. Menambah Kekebalan Tubuh Menjadi Kuat
Semua kandungan mulai dari mineral sampai vitamin terutama vitamin C yang terdapat pada bawang merah ini mampu menambah kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sehingga terhindar dari berbagai penyakit.
ARTIKEL TERKAIT