Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
BAWANG PUTIH
Bawang putih ini sudah terkenal dimana – mana kalau bawang putih ini identik dengan bumbu dapur karena bawang putih ini banyak digunakan sebagai bumbu aneka masakan, biasanya bawag putih ini kalau di buat masak harus di hancurkan dulu dengan cara di pukul dengan ujung pegangan pisau atau dikeprek bisa juga di potong – potong tipis dan kecil setelah ini bisa di campur dengan bumbu lain agar tercapai suatu masakan yang enak dan lezat. Untuk bau bawang putih ini sangat menyengat hidung ini disebakan oleh senyawa belerang yang disebut allicin bila di konsumsi lasung  rasanya getir.


Bawang putih ini  berasal dari Asia Tengah dan bisa mencapai ketingian 50 sampai 60 centimeter dan bawang putih ini terdiri dari beberapa  biji bawah putih yang disebut Siung yang melekat jadi satu yang akhirnya menjadi bawang putih yang utuh yang berbentuk melingkar dan mempunyai warna putih bersih untuk kulitnya tapi setelah di kupas untuk tiap siung tadi menjadi warna butih kecoklatan yang bersih. Bawang putih ini sangat mudah kita jumpai di pasar – pasar terdekat dan harganya cukup terjangaku juga. Kandungan di dalam bawang putih ini juga terdapat nutrisi vitamin C,  vitamin B6, vitamin B5,  vitamin A,  niacin / vitamin B3,  riboflavin,  thiamin,  karbohidrat, protein,  lemak,  energi,  serat,  gula,  asam folat,  kalsium,  zat besi,  fosfor,  magnesium,  kalium,  sodium,  seng,  mangan dan selenium  tentunya ini semua sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita diantaranya :

  1.     Untuk Obat Infeksi
Anti jamur, anti abkteti, antivirus, dan allicin yang terkandung dalam bawang putih ini  bermanfaat untuk memerangi dan menyembuhkan bermacam – macam jenis infeksi.

  1. Mengobati Impotensi
Nitrin oksida sintase ini yang terdapat pada bawang putih ini bermanfaat untuk menyembuhkan lemah syahwat atau impotensi pada pria.

  1. Membantu Kinerja Otak
Senyawa sulfur – sallylcystein ini yang terkandung dalam bawang putih ini mampu meningkatkan kinerja memori otak kita.

  1. Dapat Mengontrol Tekanan Darah
Gas hidrogen sulfida yang terdapat pada bawang putih ini sangat berperan dalam mengontrol tekanan darah seseorang dan mampu melebarkan pembuluh darah.

  1. Terhindar Dari Penyakit Jantung
Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi bawang putih sekitar 2 sampai 3 siung tiap hari mampu mencegah serangan jantung  ini di karenakan bermacam - macam kandungan yang terdapat pada bawang putih ini membantu mengecilkan sumbatan pada arteri jantung sehingga meminimalis serangan jantung.

  1. Mengobati Sakit Gigi Yang Berlubang
Anti bakteri dan anestesi pada bawang putih ini mampu menyebuhkan sakit gigi dengan cara :
 -ambil satu siung bawang putih lalu kupas kulit putihnya lalu makan dan kunyah sampai halus dan diamkan cukup lama kunyahan bawang putih tersebut di mulut
- atau juga bisa dengan mengabil satu bawang putih yang sudah di kupas kulitnya dan potong sedemikan rupa dan masukan irisan bawang putih tersebut ke lubang gigi yang sakit dan diamkan cukup lama sekitar 30 menit atau lebih makin lama makin baik .

  1.   Obat Flu
Sulfur yang terkandung dalam bawang putih ini yang memiliki bau yang khas ini mampu memgluarkan lendir yang menyubat pada hidung kita.

  1. Obat Batuk
-          Sebagai obat batuk dengan cara cairkan bawang putih tersebut dan ambil cairan tersebut dan minum 3 kali sehari dengan takaran 1 sendok teh.
-          Obat batuk  dengan cara hancurkan bawang putih yang sudah bersih dan campur pada minuman susu yang digin dan panaskan sekitar 2 menit  dan aduk – aduk dan minum lasung hangat –hangat.
ARTIKEL TERKAIT