Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
BUAH DURIAN DI POHON
Buah durian sudah banyak orang yang mengenalnya dan mempunyai bau yang khas ini yang menjadikan buah durian menjadi controversial. Buah durian ini berasal dari asia tengara yang menpunyai ciri berkulit tebal dan berduri dan untuk jenisnya sangat banyak, untuk baunya sangat menyegat dan berakibat  untuk beberapa perusaan maskapai penerbangan dan kenderaan umum dan hotel melarang untuk membawa buah durian. Untuk menyiasati bau yang menempel ke kulit kita bisa dengan kulit durian bagian dalam ( bekas tempat buah atau biji durian bagian dalam) bisa untuk menetralisir bau yang disebabkan oleh bau buah durian tersebut dengan cara mencuci kulit yang terkena buah durian tersebut dengan kulit dalam tersebut.



Durian sekarang sudah banyak di budidayakan di pedesaan banyak membudidayakan sendiri dengan biji adapun dengan kultur jaringan. Untuk curah hujan sekitar 1500 mm yang rata sepanjang tahun. Pohon durian ini mulai berbuah sekitar 4 samapai 5 tahun dan mempunyai pohon tinggi dan kokoh biasanya masyarakat pendesaan yang mempunyai durian dan berbuah biasanya masyarakat memberi tali pada buah durian tersebut agar tidak jatuh ketanah dan mejaga buah tersebut jatung mengenai orang . Tanaman durian ini juga tak lepas dari hama atau penyakit  seperti ulat bunga, ulat buah, kutu loncat, busuk akar dan batang.

Buah durian selain enak rasanya juga banyak sekali manfaatnya untuk kesehatn kita , buah durian ini selain enak dikonsumsi lasung saat matang juga enak dibuat masakan olahan seperti jus,  juga biasanya dibuat campuran makanan ketan dengan santan tapi dengan kemajuan zaman buah durian ini bisa diolah sebagai campuran es krim,  susu,  permen dan minuman kalengan dan lain – lain. Untuk buah durian ini agak sulit di jumpai karena buah ini bersifat musiman, maka dari itu untuk harga buah durian lumayan mahal di banding buah – buah lain untuk harga per biji buah durian bisa mencapai 100.000 ribu lebih tergantung  besar kecilnya, jenis dan rasanya sedangkan Kandungan nutrisi yang  terdapat pada buah durian dalam  100 g ( 3.5 oz ) : enegi 615 kl ( 147 kcal ),   karbohidrat 27.09 g,   serat pangan 3.8g,   lemak 5.33g,   protein 1.47g,   air 65g,   Vitamin C 19.7 mg ( 33%),   kalium 436 mg ( 9% ) sumber  USDA nutrient database juga memiliki sejumlah vitamin seperti vitamin B1, B2, kalium, fosfor dan kalsium. Yang tentunya buah durian ini  memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh kita diantaranya :

1.      Untuk Mengobati Insomnia
Kandungan tryptophan yang terdapat pada buah durian ini mampu mengobati insomnia karena buah durian ini juga mampu menenangkan pikiran dan tubuh kita.

2.      Mengobati Anemia
Kandungan folat dan zat besi yang terdapat pada buah durian ini mampu memberi pasokan darah dalam tubuh sehinga penyakit anemia kita terselesaikan.

3.      Memperkuat Tulang Dalam Tubuh
Kandungan vitamin B1, B2 yang terdapat pada buah durian ini mampu memperkuat tulang kita.

4.      Dapat Mengobati Depresi
Kandungan serotin yang di produksi oleh vitamin B6 ini yang terdapat pada buah durian ini berfungsi untuk menangkal depresi.

5.      Terhindar Dari Penyakit Migrain
Kandungan vitamin B2 dan senyawa iboflavin yang terdapat pada buah durian ini mampu mencegah terjandinya migrain.

6.      Menjaga Nafsu Makan
Kandungan vitamin B1 yang terdapat pada buah durian ini mampu menjaga nafsu makan kita.

7.      Baik Untuk Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah durian ini mampu mencegah kulit keriput dan penuaan dan juga sebagai antioksidan yang menjaga kerusakan sel kulit kita.

8.      Menstabilkan Kadar Gula Darah
Kandungan  mangan yang terdapat pada buah durian ini  mampu  mengatur kadar gula darah kita.
ARTIKEL TERKAIT