Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
BUAH NANAS
Nanas adalah salah satu buah yang mempunyai rasa manis dan segar, buah ini selain bisa dikonsumsi langsung tapi dengan syarat harus di buang kulit yang tebal dan bersisik. Buah ini mudah sekali dijumpai di pasar – pasar buah dan harganya terjangkau, selain bisa di konsumsi lasung juga bisa diolah seperti dibuat jus,  selai,  campuran rujak buah dan lain -  lain. Buah nanas ini juga sangat berbahaya untuk di konsumsi oleh ibu hamil karena mengandung bromelian yang sangat bahaya untuk ibu hamil.


Buah nanas ini berasal dari Paraguay, Brasil, Bolivia dalam bahasa inggris juga di sebut pineapple. Indonesia  di daerah lampung banyak sekali pembudidayaan nanas dan pabrik yang untuk pengolahan nanas. Buah nanas ini kalau matang berwarna kuning kehijaun, mempunyai kulit yang tebal bersisik tajam dan membuat pola, di atas buah nanas ini ada mahkotanya yang berbentuk segitiga dengan ujung yang tajam dan tersusun rapi. Pohonya berbentuk daun yang memanjang keatas dan menyamping dan keras berujung tajam dan berjumlah banyak kurang lebih 35 .

Buah nanas selain manis dan segar teryata juga mengandung  kalium,  fosfor,  mangan,  vitamin B1,  vitamin A,  vitamin C,  flavonoid dan lain – lain, yang sangat dibutuhkan tubuh kita dan jenis buah nanas ini juga berkhasiat untuk :

1.      Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin A yang terdapat pada buah nanas ini juga sangat baik untuk mencegah penyakit mata kita seperti rabun, katarak dan lain – lain dan juga penghasil zat betakaroten yang baik untuk mata kita.

2.      Menjaga Kesehatan Tulang
Fosfor yang terdapat pada buah nanas ini bermanfaat untuk kesehatan tulang kita.

3.      Bisa Untuk Diet
Kandungan vitamin C dan protein tinggi yang terdapat pada buah nanas ini bisa untuk menurunkan berat badan dengan mengkonsumsinya lasung dimakan segar dan dibuat jus.

4.      Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan enzim bromelain pada buah nanas ini bermanfaat untuk proses pencernaan dalam usus dan lambung.

5.      Bisa Untuk Pencegahan Penyakit Kanker
Vitamin A dan vitamin C dalam buah nanas ini juga berfungsi untuk Antioksidan yang berfungsi melawan sel kanker yang ada akibat radikal bebas.

6.      Mengobati Cacingan
Caranya ambil 1 buah nanas muda kupas sampai bersih dan cuci sampai bersih lalu parut, hasilan parut tadi di peras dan di saring untuk diambil airnya lalu minumkan sedikit demi sedikit terhadap anak yang terkena cacingan tersebut.

7.      Meningkatkan Kekebalan Tubuh Kita
Kandungan semua yang terdapat pada buah nanas ini termasuk vitamin C adalah sebagai antioksidan yang mampu untuk meingkatkan sistem kekebalan tubuh kita.    

ARTIKEL TERKAIT