Manfaat Buah Pare Atau Peria Bagi Kesehatan Kita



www.seratu.com
BUAH PARE ATAU PERIA

Pare adalah tumbuhan yang hidupnya merambat dan buahnya berbentuk memanjang bulat dan panjanya sekitar 8 sampai 30 centimeter, berwarna hijau bila masih mentah dan berubah warna menjadi oranye bila matang dan bentuk buahnya berbenjol – benjol tidak merata sebesar gigi orang dewasa dan tentunya rasa yang pahit, ini yang menjadi salah satu buah pare ini terkenal dengan rasa pahit ini dan sudah menjadi rahasia umum.


Buah pare ini banyak di tanam di dataran rendah di daerah tropis, bila di kampung tanaman ini biasanya di tanam di pekarangan rumah bagian belakang dan untuk di ambil buahnya untuk dimasak sehingga mengurangi pengluaran belanja. Buah pare ini bisa dihilangkan rasa pahitnya dengan direndam denga garam dalam bentuk potongan kecil - kecil sebelum dimasak dan bisa di buat masakan berkuwah dan tumis dan tergantung selera kita. Buah pare ini sebernarnya mempunyai nama berbeda tergantuk Negara atau Daerah masing – masing contohnya di Indonesia bagian jawa buah pare ini disebut paria,  pare,  pepareh dan pare pahit untuk asal tanaman pare ini dari india bagian barat. Buah pare ini mempunyai banyak Vitamin diantaranya : vitamin C,  vitamin B2,  vitamin B1,  vitamin A,  fosfor,  tembaga,  zat besi,  kalium,  klsium dan kandungan Mineral terdapat juga tembaga,  kalsium,  mangan,  magnesium,  kalium,  fosfor,  zinc dan zat besi. Selain itu buah pare ini juga berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya :

1.      Bisa Menurunkan Berat Badan
Serat yang terdapat pada buah pare ini memberi rasa kenyang yang cukup lama dan termasuk rendah kalori yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan kita atau diet.

2.      Baik Untuk Ibu Hamil Dan Janin
Kandungan Folat yang terdapat pada buah pare ini sangat membantu bayi yang baru lahir dari cacat mental kalau di konsumsi pada awal kehamilan itu lebih baik.

3.      Sebagai Obat Diabetes
Pahit yang ada di buah pare ini sangat efektif untuk menurunkan diabet kita dengan cara bisa dibuat jus.

4.      Sebagai Anti Kanker
Macam kandungan mulai dari vitamin dan mineral dari buah pare ini sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah timbulnya kanker dari tubuh kita.

5.      Bisa Untuk Kecantikan
Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah pare ini bisa untuk kesehatan kulit yang terkena sinar ultraviolet dengan cara rutin memgkonsumsi sayuran buah pare ini.

6.      Sebagai Obat Demam Berdarah
Biji yang terdapat pada buah pare ini setelah di ekstrak sebagai bahan obat penyakit demam berdarah  atau DBD.

7.      Terhindar Dari Penyakit Jantung
Beta – karotena yang terdapat pada sayuran pare ini berkhasiat untuk mengurangi serangan penyakit jantung.
ARTIKEL TERKAIT