Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
BUAH SEMANGKA
      Semangka buah satu ini sangat manis rasanya dan banyak pengemarnya. Buah semangka ini sangat banyak mengandung air yang banyak, segar dan manis, buah ini warnanya hijau kulitnya dan daginya berwarna merah tapi seiring perkembangan zaman daging buah semangka tidak selalu berwarna merah ada yang berwarna kuning dan lain - lain dan didalam daging buah semangka ini ada bijinya dan tidak sama sekali tergantung jenis buah semangka tersebut. Bentuk buah semangka ini bulat dan ada juga yang bulat agak kelonjongan.


           Buah semangka ini berasal dari gurun afrika bagian selatan. Hidupnya merambat bisa mencapai belasan meter dan tahan akan kekeringan dan sangat mudah kita jumpai di pasar – pasar dan supermarket, harganya sangat terjangkau, buah semangka ini selain bisa dimakan lasung bila matang dan juga bisa diolah sebagi jus dan bijinya bisa di buat kuaci dengan cara di keringkan dan disangrai. Selain manis rasanya dan kandungan air yang banyak teryata buah ini banyak mengadung vitamin diantaranya vitamin B1, B2, B3, B5, B6, betakaroten, asam pantotenat, vitamin C dan folat dan juga mengandung mineral yang terdapat pada buah semangka yaitu seng, magnesium, zat besi, kalsium, fosfor dan kalium sedangkan nutrisi yang terdapat pada buah semangka seperti energi, lemak, karbohidrat, serat pangan, protein, gula dan air ini semua sangat dibutuhkan oleh tubuh kita biar tetap terjaga kesehatan kita. Selain itu teryata buah ini berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya :

1. Sebagai Antioksidan
Maksutnya buah ini juga mengandung likopen yang dapat menolak radikal bebas yang menyebabkan system kekebalan kita menjadi menurun maka dengan mengkonsumsi buah semangka ini kekebalan kita menjadi kuat terhadap radikal bebas ( seperti penyakit kanker ).

2. Mengobati Jerawat
Penyakit satu ini sangat tidak mengenal waktu dan kalau di biarkan akan bisa merusak wajah kita, tapi jangan kwatir dengan buah semangka ini jerawat anda bisa teratasi dengan cara ambil buah semangka dan cuci setelah itu belah dan tempelkan tisu di daging buah semangka tersebut diamkan tisu sampai basah dan oleskan tisu yang basah tersebut ke wajah hingga rata di wajah dan diamkan sampai kering kurang lebih waktunya 20 menit dan kemudian bilas wajah anda dengan air bersih.

3. Dapat Menurunkan Tekanan Darah
Buah semangka ini bisa menurunkan tekanan darah jadi normal karena buah semangka ini mengandung senyawa karetonid. Tapi jangan menkonsumsi terlalu banyak buah ini hanya sifatnya menurunkan tekanan darah saja sebaiknya bila tekana darah anda sudah turun pada titik normal bisa di hentikan dalam mengkonsumsinya buah semangka ini.

4. Bisa Terhindar Dari Dehidrasi Atau Kekurangan Cairan Dalam Tubuh
Karena kandungan air yang banyak dalam buah semangka ini maka kebutuhan cairan dalam tubuh bisa teratasi sehinga tubuh kita menjadi sehat.

5. Dapat Mencegah Penyakit Diabetes

Karena buah semangka ini selain rasanya manis teryata kandungan gulanya sangat rendah dan juga mengadung kalori dan kita bisa terbebesan dari penyakit diabetes  ini  yang mana bila mengkonsumsi buah ini perut terasa kenyang yang lama.

6. Dapat Mencegah Sariawan
Sariawan ini desebabkan oleh bakteri yang berkembang pada dalam mulut yang kering. Dengan mengkonsumsi buah semangka ini yang banyak airnya maka mulut anda bisa terhindar dari kekeringan dan bisa terhindar dari bakteri dan lebih bagusnya kita bisa menambah mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C seperti buah jeruk dan lain - lain sehingga kita bisa terhindar dari penyakit sariawan.

ARTIKEL TERKAIT