Manfaat Bunga Kol Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
BUNGA KOL
Bunga kol ini termasuk dalam jenis sayuran yang mirip brokoli yang hidup hanya semusim yang berlasung minimal empat bulan tergantung jenisnya. Bunga kol ini yang beredar atau sering kita jumpai berwarna putih, tapi sebernarnya bunga kol ini mempunyai beberapa jenis seperti bunga kol berwarna UNGU,  bunga kol berwarna HIJAU  dan bunga kol berwarna ORANGE dan tentunya memiliki perbedaan kadar kandungan vitamin. Bunga kol ini bisa di olah berbagai macam masakan mulai dari masakn berkuah maupun kering ( di goreng ) dan mempunyai rasa yang enak dan lezat.   

Bunga kol ini mudah kita jumpai di pasar – pasar sayuran dan supermarket terdekat tentunya memiliki harga yang terjangkau. Bunga kol ini ini dikembangbiakan dengan biji di zaman serba maju ini para petani sebelum menanam bunga kol ini bijinya di tanam dulu di plastik – plastik kecil dengan media tanah yang subur yang berdiameter 3 centi meter dengan tinggi 8 meter setelah biji bunga kol hidup dan tinggi sampai 8 – 10 centi meter baru siap di budidayakan di tempat alam terbuka.

Bunga kol ini juga banyak mengandung  nutrisi diantaranya : vitamin C,  folat,  vitamin B6,  asam pantotenat,  niacin,  riboflavin,  thiamin,  protein,  lemak,  gula,  karbohidrat,  zinc,  kalium,  fosfor,  magnesium,  besi,  kalsium. Bunga kol ini selain banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh teryata juga mempunyai sisi efek samping diantaranya : 

- kandungan purin yang terdapat pada bunga kol ini dapat menyebabkan asam urat bila di konsumsi berlebihan, karena kandungan purin yang terdapat pada bunga kol ini dapat membentuk asam urat, bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan penumpukan asam urat dalam tubuh tentunya sangat mengangu kesehatan kita.  

- dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah tanda – tandanya sebagai berikut pembekakan pada bagian tubuh,  penasaran,   gatal,  sesak napas bila ini terjadi sebaiknya di hentikan dalam mengkonsumsi bunga kol ini.

- dapat menyebabkan kembung dan gas perut yang sangat bau, ini disebabkan kandungan karbohidrat kompleks yang tidak bisa dihancurkan sepenuhnya oleh saluran pencernaan dan ini akan dimakan oleh bakteri usus dan akan menyebakan kembung dan pelepasa gas perut yang berbau tidak enak.
Dan berikut ini manfaat bunga kol untuk kesehatan kita diantaranya :

1.      Dapat Mengurangi Racun Dalam Hati
Kandungan thiocyanate dan glucosinolate yang terdapat pada bunga kol ini dapat meningkatkatkan hati dalam menetralisir zat beracun atau berbahaya yang ada dalam hati.

2.      Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Kanker
Kandungan phytochemical yang terdapat pada bunga kol ini mampu mengurangi tubuh kita untuk terkena penyakit kanker.

3.      Membantu Pertumbuhan Jaringan Dalam Tubuh
Kandungan folat yang terdapat pada bunga kol ini mampu meningkatkan mekanisme replikasi sel dalam tubuh kita.

4.      Menjaga Kesehatan Jantung Kita
Kandungan allicin yang terdapat pada bunga kol ini memberikan asupan untuk kesehatan jantung kita sehingga jantung kita menjadi sehat dan terhindar dari stroke pada penderita jantung.

5.      Menjaga Kesehatan Tulang Kita
Kandungan vitamin C yang terdapat  pada bunga kol ini yang mampu menghasilkan kolagen yang mampu melindungi tulang dari kerusakan akibat peradangan tulang .

6.      Menyehatkan Perut
Kandungan serat yang terdapat pada bunga kol ini sangat baik untuk sitem pencernaan yang mampu mengluarkan racun dalam tubuh dan di percaya dapat menyebuhkan sakit maag.

7.      Menjaga Kesehatan Otak
Kandungan fosfor dan kolin yang terdapat pada bunga kol ini mampu menjaga fungsi saraf otak sehinga otak kita terjaga fungsi dan kesehatanya.

8.      Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Kita
Kandungan vitamin C dan senyawa lainya yang terdapat pada bunga kol ini mampu memberikan kekebalan tubuh kita dari berbagai penyakit.



ARTIKEL TERKAIT