Manfaat Cabai Untuk Kesehatan



www.seratu.com
CABAI
Cabai salah satu tanaman yang buahnya tergolong masuk sayuran atau masuk dalam bumbu dapur. Cabai mempunyai ciri yang mudah diingat bila mana kita membicarakan masalah pedas pasti kita tertuju ke cabai ini. Cabai sendiri memiliki dua warna yang masih mentah berwarna hijau yang tentunya untuk rasa pedas tidak terlalu sedangkan cabai yang berwarna merah mempunyai rasa pedas yang tinggi atau hot. Cabai sendiri mempunyai berbagai macam bentuk dan jenis tapi untuk rasa sama – sama pedas.


Cabai ini mudah kita jumpai di pasar – pasar terdekat dan mempunyai harga yang naik turun tergantung stok cabai yang ada, kalau cabai melebihi kebutuhan pasar maka harga bisa turun drastis dan sebalik kalau kebutuhan pasar kurang maka harga cabai ini bisa melambung tinggi bisa mencapai SERATUS RIBU RUPIAH  lebih per kg. Cabai mempunyai rasa yang pedas di banding buah atau sayuran lain ini dikarenakan cabai mempunyai minyak atsiri capsaicin, tanaman cabai ini mudah di tanam di dataran tinggi atau rendah, dan cari tanah yang kaya akan humus dan gembur dan tidak tergenang air untuk peha tanah yang baik sekitar 5 sampai 6. Untuk tanaman ini di kembang biakan melalui biji buah cabai itu sendiri dengan cara mengabil buah cabai yang berwarna merah dan dikeringkan atau dijemur selama kurang lebih 5 harian lalu ambil bijinya dan siap di tanam. Untuk kandungan cabai ini terdapat vitamin A,  vitamin C,  vitamin B6,  betakaroten dan mineral yang terdiri dari kalium,  mangan,  folat,  molibdenum,  thiamindan tembaga yang tentunya bermanfaat untuk tumbuh kita diantaranya :

1. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker
Vitamin C, asam beta karoten dan folat yang ada pada cabai ini bermanfaat untuk mengurangi kanker usus besar.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung Dan Kolesterol
Asam folat, vitamin B6 yang terdapat pada cabai ini mengurangi tingkat homocysteani yang tinggi yang dapat merusak pembuluh darah yang beresiko meningkatkan serangan jantung dan stroke.

3. Penghilang Rasa Sakit Herpes, Rematik, Kejang
Rangsangan pelepasan endorfin oleh cabai ini yang menghilangkan rasa sakit alami yang disebabkan oleh sakit rematik, herpes dan kejang.

4. Melancarkan Hidung Tersumbat Akibat Flu
Mengkonsumsi makanan yang banyak cabai sehingga mempunyai rasa yang pedas dapat merangsang sekresi yang mencairkan lendir hidung yang membeku akibat penyaki flu ini.

5. Meningkat Kekebalan Tubuh Kita Atau Imunitas
Kandungan beberapa vitamin yang terdapat pada cabai ini sangat membantu untuk menolak berbagi penyakit sehingga tubuh kita tetap terjaga kesehatanya.

6. Menyehatkan Pencernaan
Kapsikin yang terdapat pada cabai ini mampu merasang mikro organisme baik pada pencernaan yang mampu meningkatkan penyerapan nutrisi untuk sumber metabolism sehingga pencernaan kita jadi sehat.    
ARTIKEL TERKAIT