Manfaat Dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
POHON, BUAH, DAUN MENGKUDU

    Siapa yang belum  tau tentang buah mengkudu? Mengkudu nama berasal dari daerah aceh, sedangkan orang jawa menyebutnya dengan nama pace, kudu,kemudu.  Buah  mengkudu  buah yang biasa hidup didaerah dataran rendah. Pohon buah mengkudu  tingginya bisa mencapai 3 samapai 8 meter. Memiliki bunga bangol yang berwarna putih. Buah  yang memiliki aroma yang  tidak  sedap , buahnya berbiji  berwarna hijau  tua bila masih muda kalau sudah matang berwarna kuning  dengan coklat kehitaman disertai benjolan -  benjolan  kecil yang tamapk diluar yang tidak teratur .


      Buah mengkudu yang  jarang disukai oleh masyarakat.  Meraka hanya mengenal mengkudu hanya untuk obat secara tradisional untuk nyembuhkan segala penyakit saja.Tapi bagi mayarakat aceh  selain untuk obat, meraka juga mengkonsumsi secara langsung untuk sayur dan rujak. Daunnya juga bisa  untuk menu wajib saat berbuka puasa yang biasa  digunakan untuk bahan nicah peugaga. Sehingga mayarakat aceh sering menanam pohon mengkudu disekitar pekarangan rumah mereka.

     Buah mengkudu disebut “Hawai Magic Plant” yang artinya pohon ajaib dari hawai. Tidak hanya hawai bangsa polinesia juga meyakini bahwa buah mengkudu merupakan buah keramat ditahun 1500 SM bagi bangsa polinesia.  Tidak hanya mayarakat luar saja mayarakat Indonesia juga mengakui mengkudu juga berkhasiat untuk menyembuhkan segala penyakit.  Karena di Indonesia sendiri, menkudu sudah diproduksi dalam berbagai macam bentuk seperti berbentuk kapsul, pil, bukbuk, teh , jenis minuman dan juga kosmetik.

     Mengapa mengkudu disebut-sebut obat  yang mujarab menyembuhkan segala penyakit, antara lain pilek, kolestrol , diabetes, sakit kepala, darah tinggi, alergi,rematik, infeksi, peradangan, jantung, kanker, HIV, dan lain - lain.   Karena buah mengkudu mengandung  fitokimia, yaitu zat yang terdapat pada buah mengkudu dapat mencegah berbagai penyakit.  Sementara itu mengkudu juga mengandung nutrisi lain, seperti Vitamin  A, Vitamin B3, Vitamin C , potassium, sodium, zat besi,  serat, karbohidrat, fosfor, sulfur, asm amino, katekin, damnacanthal dan kalsium memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sehingga kita tidak akan rugi untuk menkonsumsi buah mengkudu ini dan sebaliknya kita akan mendapat keuntungan.

         Buah mengkudu juga memiliki kandungan senyawa  dan nutrisi  lengkap yang  diperlukan tubuh kita, yang belum kita ketahui secara detail, diantaranya:

1.      Zat Nutrisi
Buah mengkudu adalah buah yang memiliki kandungan gizi  lengkap yang  sangat  diperlukan      untuk tubuh kita.  Protein, vitamin, mineral penting  adalah kandungan nutrisi dengan jumlah cukup yang terdapat dalam buah dan daun mengkudu.  Selenium yang terdapat pada mengkudu merupakan zat anti-oksidan yang sangat hebat.  Mengkudu memiliki berbagai jenis senyawa diantara:  arginine, antra quinines, magnesium, lycine,sosium,xeronine.

2.      Zat Aanti Kanker
Kandungan zat-zat anti kanker yang terdapat pada buah mengkudu sangat efektif  untuk melawam sel-sel abnormal.

3.      Zat Anti Bakteri
Sari  buah mengkudu terdapat  zat-zat aktif yang sangat berguna untuk mematikan bakteri yang         disebabkan infeksi, seperti Protens morganii, Bacillus subtilis. Dan zat anti bakteri yang ada pada buah        mengkudu juga berguna mengontrol bakteri yang mematikan pathogen seperti  S.typhi, E coli, Salmonella.

4.      Terpenoid
Zat yang satu ini zat yang sangat berguna membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel pada tubuh. Zat terpenoid ini terdapat dalam buah mengkudu.

5.      Scolopetin
Senyawa scolopetin sangat berguna dan efektif untuk unsur anti peradangan dan anti-alergi.

6.      Xeroine Dan Proxeronine
Xeronine adalah alkaloid yang sangat penting yang terdapat dalam buah mengkudu. Walaupun xeronine yang terdapat pada buah mengkudu hanya sedikit, akan tetapi memiliki proxeronine jumlah yang cukup besar untuk bahan pembentuk  xeronine, karna proxeronine ini adalah seperti asam nuklet seperti koloid-koloidnya. Xeronine nya akan diserap sel tubuh untuk mengaktifkan protein yang sudah tidak aktif.

Menurut berbagai penelitian buah mengkudu sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan, diantaranya:

·         Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Buah ini mengandung vitamin,mineral ,enzim, asam  amoni, yang nutrisinya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, serta dapat melindungi dari efek radikal yang bebas.

·         Mengurangi Rasa Sakit
Buahnya sanyat dipercaya untuk menghilangkan rasa sakit,  serta daunnya bisa digunakan meredam sakit kepala.  Daun mengkudu digunakan untuk meredam nyeri sendi, karena 75% mengandung analgesik yang sangat efektif sebagai morfin sulfat untuk mengurangi nyeri sendi.

·         Melancarkan Tekanan Darah
Mengkudu dapat melancarkan dan melebarkan peredaran darah yang telah menyempit. Dan dapat membutun varian bakteri yang bersifat anti alergi

·         Pencegah Kanker Dan Tumor
Zat aktif yang terdapat pada mengkudu dapat menghambat sel kanker dan tumor melalui zat anti kanker yang terkandung dalam buahnnya.

·         Melancarkan Pencernaan
Kandungan serat yang terdapat pada buah megnkudu juga bisa mengobati penyakit gangguan pencernaan seperti mutah, perut kembung, mutah, radang lambung dan luka usus halus.  Caranya dengan sering mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur.

·         Menurunkan Kolesterol
Kandungan zat xeronine dan proxeronine pada buah mengkudu bisa mengobati kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Dengan cara merebus  dan meminum rebusan air mengkudu secara teratur.
ARTIKEL TERKAIT