Manfaat Dan Khasiat Daun Katuk Untuk Kesehatan


www.seratu.com
DAUN KATUK
Daun katuk… Sudah banyak orang tau tentang daun katuk dan sudah banyak dikonsumsi secara meluas di berbagai Negara. Daun katuk memiliki nama ilmiah Sauopus Androgynus, merupakan tumbuhan sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan suku menir - meniran ( phyllantheae ), masih kerabat tumbuhan menteng, buni, dan cermai. Tumbuhan ini juga termasuk Tibus Phyllanteae dan Subtibus Flueggeinae.

Di Jawa daun katuk di sebut “kebing dan katukan“. Orang menyebutnya dengan nama “keraktur”.  Di Melayu menyebutnya dengan nama “memata“. Orang di Minangkabau “simani“. Di Vietnam tumbuhan katuk dikenal dengan “rau ngo’t“. Sementara orang Tionghoa menyebutnya dengan nama “man cai“. Biasanya daun katuk tumbuh di dataran rendah, di Indonesia tumbuh didataran dengan ketinggian 0 sampai 2100 meter di atas permukaan laut, dan daun katuk sendiri mudah sekali untuk ditanam, biasanya orang kampung dijadikan untuk pagar pekarangan rumah.

Daun katuk merupakan tanaman perdu. Pohonnya tumbuh tinggi bisa mencapai 2 sampai 3 meter. Cabang - cabangnya agak lunak. Daunnya tumbuh berselang - seling dalam satu tangkai, daunnya berwarna hijau tua ketika masih muda dan berwarna coklat bila sudah tua, bentuk daunnya lonjong sampai bundar dengan panjang 2,5 centimeter dan lebar 1,25 sampai 3 centimeter, ujung daunnya  meruncing, tulang daunnya menyirip, dan pangkalnya tumpul. Memilliki bunga tunggal atau berkelompok tiga berwarna ungu. Serta memiliki buah berwarna putih, serta memiliki biji.

Daun katuk dapat dibudidayakan dengan cara stek, dari batang yang sudah berkayu, dengan panjang lebih kurang dari 20 centimeter disemaikan terlebih dahulu. Kira-kira sekitar 2 minggu sudah tumbuh akarnya dan bisa dipindah ditanam dalam tanah. Jarak tanam panjang 30 centimeter dan lebar 30 centimeter. Setelah tanaman katuk sudah tumbuh tinggi memcapai 50 sampai 60 centimeter di lakukan pemangkasan agar daunnya selalu tumbuh muda dan segar.

Di dalam 100 gram daun katuk banyak sekali kandungan zat - zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ialah Vitamin A, B dan Vitamin C 164 mg, 1,0 g Lemak, 6,4 g Protein, 233 mg Kalsium, 3,5 mg Zat besi, dan 98 mg Fosfor. Terdapat juga kandungan kimia di dalam dau katuk , yaitu Steol disini memiliki sifat estrogenic yang memberikan efek hormonal yang memicu produksi ASI menjadi lebih banyak. Ada juga kandungan kimia efedrin yang sangat afektif untuk mengobati influenza.

Selain itu, didalam daun katuk mengandung energy, hidrat arang, serat, abu, karoten, air, senyawa saponin, flavonoid dan tannin. Dalam penelitian menyatakan isolate fase ater dan ekstrak petroleum eter dan ektrak pertroleum daun katuk tidak menyebabkan  peningkatan seksresi  air susu yang bermakna. Detok akar katuk juga mempunyai efek antipiretik. Sedangkan infuse akar katuk mempunyai efek diuretic.

Daun katuk dapat dikonsumsi berbagai macam variasi, missalnya dengan cara digodok lalu di makan dengan sambal, di sayur sop, atau dapat juga diolah untuk membuat sayur bening katuk. Daun katuk yang memiliki sifat manis pada daunnya dapat berkhasiat mendinginkan, sehingga baik untuk menurunkan demam dan dapat membersihkan darah. Tak hanya itu saja daun katuk juga bermanfaat untuk:

1.      Memperlancar Asi Air Susu Ibu
Kandungan berbagai senyawa minyak esensial diantaranya saponin, tannin, flavonoid, triterpenoid, asam amino berfungsi untuk memperlancar ASI khususnya ibu yang menyusui.

2.      Membantu Mencegah Pengeroposan Pada Tulang
Kandungan kalsium 2,8%  yang terdapat pada daun katuk ini sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, khususnya pada perempuan karena perempuan lebih cenderung terkena penyakit tulang belakang.

3.      Khasiat Untuk Obat Flu
Kandungan efedrin pada daun katuk dapat menyembuhkan penyakit influenza. Ketika pergantian cuaca pasti penyakit ini mudah sekali menyerang kepada siapa saja.

4.      Menjaga Stamina Dan Kesehatan Tubuh
Didalam daun katuk terdapat 7 kandungan senyawa aktif yang sangat penting dan bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon steroid dan senyawa eikonoid yang sangat berguna untuk tubuh.

5.      Kesehatan Mata
Di dalam daun katuk terdapat Vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, agar tidak mudah terjangkit gejala penyakit mata.

6.      Melancarkan Metabolisme Tubuh
Kandungan serat sebanyak 19 % dan protein 7 % itu sangatlah baik untuk kesehatan tubuh , karena dengan serat dan protein yang cukup sistem metabolism menjadi lancer.

7.      Sumber Kalsium Tinggi
Dengan mengkonsumsi daun katuk secara teratur dapat menambahkan kalsium di dalam tubuh dan ini akan berfungsi untuk mencegah masalah tekanan darah tinggi.

8.      Untuk Kesehatan Pria
Dalam daun katuk terdapat zat aktif yang dapat merangsang sintensis hormon steroid seperti progestron dan testoteron sehingga membangkitkan vitalitas seksual dan memacu kulitas dan kuantitas sperma.

9.      Menjaga Jaringan Tubuh
Daun katuk merupakan sumber terbanyak klorofil, dengan mengkonsumsi daun katuk kesehatan jaringan tubuh bisa terjaga, klorofil ini juga sangat nermanfaat untuk mengatasi parasit, bakteri, dan virus yang ada dalam tubuh. Turunan klorofil feoditin berfungsi sebagai antioksidan.

Namun perlu diketahui, tanaman daun katuk selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata tanaman ini juga memiliki efek samping yang juga dapat membahayakan tubuh. Karena didalam daun katuk terdapat kandungan zat racun pada daun yang masih mentah. Selain itu dapat menimbulkan efek samping jika mengkonsumsi secara berlebihan. Seperti nafsu makan berkurang, gangguan pernafasan dan susah tidur. Oleh sebab itu jika mengkonsumsi daun katuk diperlukan dosis yang benar dan wajar. Sebelum mengkonsumsi daun katuk dianjurkan untuk memasaknya terlebih dahulu.    
ARTIKEL TERKAIT