Manfaat Dan Khasiat Lemon Yang Belum Diketahui



www.seratu.com
BUAH LEMON
         Siapa sih yang tak tau tentang buah lemon????? Buah yang mudah kita jumpai dan ditanam, kita bisa mendapatkannya dipasar, super market, dan toko buah. Buah lemon tidak hanya di Indonesia saja melainkan di Negara asing seperti Spanyol, Brazil, Argentina dan Amerika Negara-negara ini juga membudidayakan lemon. Pohon lemon seperti pohon jeruk. Pohon lemon ini berkembang dan tumbuh pada suhu 60 sampai 85 °F atau 15 sampai 30 °C. Sehingga pohon lemon tidak bisa berkembang dan tumbuh dinegara beriklim dingin seperti salju. 



          Di Indonesia walaupun buah lemon mudah kita jumpai di mana saja, akan tetapi harga buah lemon relative mahal dibandingkan dengan harga jeruk biasa. Karena itulah masyarakat lebih memilih jeruk biasa dari pada buah lemon. Bagi mereka jeruk dan lemon hampir sama, bedanya kalo jeruk biasa dimakan langsung rasanya manis Karena didalam jeruk ada kandungan gula, sedangkan lemon bila dimakan langsung rasanya asam karena mengandung asam sitrat. 

         Awal mulanya pohon lemon berasal dari  ASIA. Buah lemon yang rasanya asam, biasanya berwarna hijau dan kuning dan berbiji. Buah lemon mengandung Vitamin C, vitamin B5, vitamin B3, vitamin B2, vitamin B1, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, gula, karbohidrat, lemak, serat dan protein. Jeruk lemon juga mengandung asam sitrat.

           Buah lemon  termasuk salah satu varian jeruk yang sangat  banyak dinikmati, banyak orang mengkonsumsi lemon dengan cara berbeda-beda. Ada yang membuat lemon untuk jus yang menyegarkan cocok untuk cuaca terik disiang hari. Ada yang menggunakannya untuk campuran masakan, bisa juga untuk obat herbal. Tidak cukup untuk itu sekarang di Indonesia juga memproduksi lemon untuk sirup, selai, teh( lemon tea), minuman kemasan, kosmetik, aroma dan rasa pada kue dan masakan, minyak wangi, serta pengharum ruangan.   

               Buah lemon dipercaya memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan untuk tubuh, selain zat untuk membakar lemak dalam tubuh juga berkhasiat meningkatkan daya stamina tubuh.  Lemon juga mengandung zat bakteri dan antioksidan yang sangat berperan aktif pada tubuh, buah lemon sangat baik dikonsumsi secara hangat atau panas, karena bila diminum secara panas bisa lebih cepat memproses pengolahan zat-zat dalam tubuh.  manfaat lemon untuk kesehatan. Diantaranya:

1.      Melancarkan Pencernaan
Buah lemon ternyata bisa mengankat racun didalam tubuh dan meningkatkan gerak peristaltic di perut. Dengan mengkonsumsi air lemon hangat dapat membantu melancarkan buang air besar secara lancar.

2.      Menyeimbangkan PH Dalam Tubuh
Tubuh manusia yang cenderung bersifat asam sehingga memudahkan atau gampang terserang penyakit. Sedangkan lemon memiliki sifat  basa.  Karena setelah air lemon masuk dalam tubuh akan berubah menjeadi basa yang berperan penting untuk alkalize darah. Oleh itu untuk menyeimbangkan ketahanan dalam tubuh seringlah meminum lemon hangat.

3.      Detoksifikasi Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh
Lemon mengandung senyawa anti kanker serta dapat memperlambat pertumbuhan tumor. Lemon juga sebagai pembersih darah membantu membuang racun dalam tubuh.

4.      Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Zat besi sangat berperan penting untuk kekebalan tubuh, lemon dan madu dicampurkan ke dalam air hangat dapat menyerap zat besi yang banyak. Karena itu rutin lah meminumnya dipagi hari. Dan air lemon juga mengandung vitamin C yang bisa mengobati flu. Serta kalium yang terdapat dalam lemon bisa mengontrol tekanan darah.

5.      Mengobati Tenggorokan
Lemon juga bisa mengobati sakit tenggorokan. Caranya berkumur dengan air hangat yang sudah dicampur dengan perasan satu sendok teh jus lemon.

6.      Mengatasi Bau Mulut
Dengan aroma lemon yang segar. Lemon bisa mengangkat bau yang tidak sedap pada mulut , caranya dengan berkumur menggunakan air lemon. Tapi jangan terlalu sering karna bisa merusak email gigi.

        Tidak itu saja ternyata lemon juga bisa digunakan untuk kecantikan, manfaat lemon untuk kecantikan diantaranya:

·         Wajah
Air lemon yang bersifat anti bakteri, sedangkan jerawat pada wajah dikarenakan bakteri. Selain itu membunuh bakteri pada kulit serta mehilangkan noda akibat bekas luka atau sinar ultra violet. Lemon juga mengandung vitamin C yang kaya anti oksida yang baik dikonsumsi yang dapat melawan keriput serta membersihkan noda hitam dari dalam dan luar.

·         Kulit
Lemon juga baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C memiliki fungsi penuaan, juga bisa menghilangkan sel kulit mati, tidak hanya pada kulit lemon juga dapat menhilangkan sel yang sudah mati pada wajah. Caranya oleskan lemon pada kulit maka sel yang sudah mati akan terangkat dan wajah yang kusam akan cerah

·         Rambut
Rambut adalah mahkota bagi setiap manusia. Sangatlah penting merawat rambut bagi kita, ternyata lemon pun bisa digunakan untuk kesehatan rambut. Kandungan yang terdapat pada lemon sangat baik untuk kesehatan kulit rambut dan rambut. Seperti rambut rontok yang dikarenakan oleh ketombe dan rusaknya akar rambut, kulit kepala.

·         Gigi
Lemon juga dapat memutihkan gigi,  serta dapat membantu mengusir bau mulut, caranya potong lemon menjadi dua bagian tambahkan garam dan baking soda campur menjadi pasta lalu gosokkan pada gigi. Gigi akan menjadi putih terhindar dari bau mulut.

·         Diet
Jangan salah tentang kata diet di sini, karna diet juga sebagai hal tentang kecantikan pada tubuh. Meraka yang memiliki tubuh gemuk atau kelebihan berat badan, membuat mereka tak percaya diri dengan diri sendiri atau lingkungan bisa dikatakan malu. Perasan air lemon dipercaya bisa menurunkan berat badan, serta mendapatkan berat badan yang ideal, karena lemon bisa melancarkan metabolisme tubuh lemon bisa melancarkan metabolisme tubuh lemon bisa melancarkan metabolisme tubuh. Caranya untuk menurunkan berat badan dengan lemon sangatlah mudah, campurkan perasan lemon, madu dan air minum dua kali sehari, pagi dan siang hari.
ARTIKEL TERKAIT