Manfaat Daun Kemangi



www.seratu.com
DAUN KEMANGI
Kemangi salah satu daun yang biasanya sering kita jumpai di rumah – rumah makan, restoran  yang sebagai lalapan yang dimana untuk menemani masakan ikan dan daging, biasanya juga di temani oleh lalapan seperti potongan kacang panjang, gubis, dan metimun. Fungsi daun kemangi sebernarnya di dalam masakan yang berbau amis  adalah sebagai penghilang bau amis yang dimana dimakan paling akhir setelah memakan  makanan amis tersebut selesai, karena daun kemangi ini mempunyai bau yang khas dan kuat, lembut dengan aroma limau.


Tanaman  kemangi dapat tumbuh di dataran rendah hingga mencapai ketinggian 500 mdpl, dan daun kemangi ini berkembang biak dengan biji. Tanaman kemangi ini banyak terdapat di asia dan amerika, jenis tanaman kemangi ini termasuk tanaman tahunan yang mempunyai cabang yang banyak dan bisa mencapai ketigian 100 centimeter, daunya lumayan pajang sekitar 5 centimeter dan berbentuk bulat telur berwarna hijau muda dan rasanya agak pahit . Tanaman ini biasnya di tanam di pot – pot,  di pingir – pingir jalan, kebun yang bisa di ambil sewaktu – waktu untuk di jadikan lalapan sendiri yang masih segar, karena daun kemangi ini tidak tahan lama kesegaranya setelah di petik, dan ini alasan utama masyarakat suka menanam pohon kemangi sendiri di lingkunganya.

Kemangi ini juga mengandung  seskuiterpen,  tannin, vitamin C,  vitamin A,  sineol,  arigin,  apigenin fenkhona,  cireol,  estragol,  eugenol,  lineol,  monoterpen,  asam caffeic,  linalool. Yang sangat Baik untuk kesehatan tubuh kita diantaranya :

1.      Bermanfaat Untuk Kaum Adam
Kandungan sineol, apigenin fenkhona dan eugenol yang terdapat pada tanaman kemangi ini bisa untuk kesuburan pada sperma laki – laki.

2.      Bermanfaat Untuk Kaum Hawa
Kandungan triptofan pada daun kemangi ini bisa untuk menunda monopasue, sedangan zat boron anetol bisa merasang hormone estrogen dan senyawa eugenol bisa untuk membasmi jamur yang disebabkan keputihan.

3.      Baik Untuk Kesehatan Jantung
Kandungan antioksidan eugenol dapat mengurangi kolesterol dan kadar glukosa darah sehingga menguranggi resiko penyakit jatung yang membahayakan.

4.      Memanjakan Kulit Wajah
Menghaluskan dan mengoleskan daun kemangi pada wajah memberi kulit kita menjadi bersih dan segar.

5.      Multi Manfaat
Bisa juga untuk memperkecil pertumbuhan bakteri, mengurangi rasa mual dan gas perut, merasang menstruasi, mengurangi  demam, menjaga sirkulasi darah ke tubuh.
ARTIKEL TERKAIT