Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan



           
POHON DAUN, BUAH JAMBU BIJI MERAH
Jambu biji merah sudah akrab dikalangan masyarakat. Jambu ini juga sangatlah mudah didapatkan, jambu biji sangat umum dinegara asia, buah ini cocok sekali hidup di iklim yang tropis seperti di indonesia yang memiliki iklim tropis. Tapi buah yang mirip sekali dengan buah pir ini biasanya musiman. Buahnya berkulit hijau atau kuning bila sudah masak, dagingnya berwarna merah dan memiliki biji yang sangat banyak, rasanya lembut dan manis bila sudah matang. Biasanya orang suka memakannya langsung atau bisa juga dibuat jus,
selai atau jeli. Dengan kesegaran buah ini bisa menurunkan suhu badan pada siang hari, karena dalam kandungan dalam jambu biji merah ini terdapat senyawa yang bisa mengfreshkan suhu tubuh. 



           Kandungan yang dimiliki oleh jambu biji merah yang paling utama yang ada dalam buah ini ada yaitu Vitamin C dan Vitamin A. Karena keduanya berperan penting untuk zat anti-oksidan serta untuk kesehatan ke lima panca indra yang kita punya, kebanyakan jambu biji merah digunakan untuk mengobati diare, disentri, sembelit, pilek, batuk, berat badan dan perawatan kulit. Oleh karna itu jambu biji merah memiliki manfaat yang sangat banyak untuh kesehatan tubuh kita diantaranya:

1.      Kaya Kandungan Serat
Buah ini memiliki serat  larut yang cukup tinggi 5,4g per 100g buah, sekitar 14% dari DRA.  Serat yang dimiliki bisa membantu melindungi selaput lendir pada usus, sehingga bisa mengurangi racun menyebar serta mengikat bahan kimia  yang bisa menyebabkan kanker di dalam usus besar.

2.      Sumber Antioksidan Vitamin C
Buah jambu biji kesegarannya sebanyak 100grm mengandung 228 mg vitamin C. Ternyata kulit buah jambu ini mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibanding dengan daging buahnya. Sering mengkonsumsi buah - buahan yang mengandung vitamin C sangatlah baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap agen infeksi serta mengurangi radial bebas yang masuk kedalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker. Dalam vitamin C diperlukan kolagen yang sangat penting untuk tubuh untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, tulang dan organ.

3.      Rendah Lemak Dan Kalori
Buah biji termasuk buah yang rendah lemak dan kalori. Termasuk buah yang mengandung vitamin,mineral dan senyawa antioksidan poli - fenolik dan flavonoid, senyawa yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya kanker.

4.      Sumber Kaya Kalium
Buah jambu biji merupakan buah yang kaya akan kaliumnya diantara buah-buahan lain. Kalium yang terdapat pada buah jambu biji ini bisa membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Karena kalium merupakan komponen yang penting dari sel dan cairan tubuh.

5.      Sumber Vitamin B Kompleks
Buah jambu juga merupakan vitamin B kompleks, seperti asam pantotenat, vitamin B6, vitamin E, vitamin K,  dan mineral seperti magnesium, tembaga dan mangan. Tembaga disini dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, sedangkan mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim anti-oksidan.

6.      Sumber Vitamin A
Jambu biji merupakan sumber vitamin A  dan flavonoid seperti beta - karoten, likopen, cryptoxanthin dan lutein. Senyawa-senyawa ini sudah dikenal memiliki sifat anti oksidan sangatlah penting untuk kesehatan.  Karoten yang terdapat pada buah jambu untuk melindungi kanker rongga mulut dan paru-paru. Sedangkan vitamin A sangat diperlukan untuk menjaga selaput lendir dan kulit agar tetap sehat.

7.      Mengobati Diare Dan Disentri
Ternyata  memakan jambu biji dan daunya yang masih muda juga bisa mengobati diare. Dalam jambu biji kaya akan astringent yang senyawanya bisa membuat gusi kita kebih kencang dan segar. Tapi kita bisa mendapatkan itu setelah mengunyah daun jambu. Dan apabila kita memakan buah jambu yang masih mentah itu bisa sebagai pengganti pasta gigi. Astringent yang terdapat dalam jambu biji ini bisa menyembuhkan disentri, karena astringent yang alami pada jambu biji bersifat alkali, desinfekta dan anti bakteri. Dan nutrisi pada jambu biji akan memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.

8.      Mengobati Sembelit
Jambu biji ini merupakan sumber serat makanan. Jambu biji memiliki dua sifat yaitu bisa membentuk perut tubuh, menahan air, membersihkan usus dan sistem ekskresi secara menyeluruh. Biji buah jambu ini jika ditelan atau dikunyah berfungsi baik untuk sistem pencernan kita.

9.      Mengobati Batuk Dan Demam
Jambu biji juga bisa menyembuhkan apabila kita terserang batuk dan demam. Caranya kita dapat membuat jus jambu biji yang mentah atau daunnya, ini sangat membantu meredakan atau menurunkan demam, serta bisa mengobati batuk  seperti  melonggarkan batuk serta mengurangi lendir, desinfektan Saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru. Dan bijinya yang mengandung vitamin C dan zat besi  bisa mambantu pencegahan terhadap infeksi dan serangan virus.

10.  Perawatan Kulit
Ternyata jambu biji bisa untuk perawatan kuliat juga, jambu biji bisa membantu memperbaiki tekstur kulit, dan dapat terhindar dari masalah kulit. Dengan  menggunakan jambu biji ini  lebih baik pada menggunkan krim kulit. Karena jambu biji yang belum matang beserta daunnya  astringentsnya lebih banyak dibandingkan jambu yang sudah matang. Kita bisa memakan langsung jambu biji untuk mengencangkan otot. Dan kita bisa merebus buah jambu biji dan daunnya yang sudah tua, rebusan airnya bisa kita gunakan mencuci atau membasuhkan kulit kita untuk kulit yang kencang. Selain buah dan daunnya kita bisa menggunakan bijinya, karena biji buah jambu kaya akan vitamin A,B,C  dan kalium  yang sangat baik untuk menjaga kulit besinar dan bebas keriput akibat penuaan dan gangguan lain.

11.  Berat Badan
Jambu biji juga bisa digunakan untuk menu diet. Atau mereka yang ingin menurunkan berat badan yang berlebihan. Karena dalam jambu biji terdapat asupan protein, vitamin dan serat, jambu biji tidak berkolesterol dan karbohidrat sehingga tidak cepat lapar.
ARTIKEL TERKAIT