Manfaat Jantung Pisang Atau Ontong Untuk Kesehatan Kita


www.seratu.com
JANTUNG PISAN ATAU ONTONG
Jantung pisang atau ontong ini adalah bagian dari buah pisang yang dimana sebelum muncul pisang maka munculah jantung pisang ini dan menjadi buah pisang yang sering kita nikmati. Pada zaman sekarang jantung pisang ini dilihat sebelah mata karena kurang pengetahuanya kita tentang jantung pisang yang bisa di konsumsi seperti di buat kulupan maupun masakan berkuah dan lain – lain. Ontong atau jantung pisang ini mempunyai rasa yang lembut, gurih dan sangat nikmat. Jantung pisang lumayan sulit ditemukan karena tidak semua jantung pisang ini enak dikonsumsi.




Pada zaman dulu jantung pisang atau ontong salah satu masakan faforit dan sangat mudah kita temukan dibanding zaman sekarang, jantung pisang ini diangap masakan kalangan kaum pigiran pada zaman sekarang karena zaman sekarang lebih memilih makanan siap saji yang mudah di konsumsi padahal kalau pernah mencoba makanan jantung pisang ini pasti ketagihan, belum lagi di tambah khasiatnya untuk kesehatan kita. Jantung pisang umumnya didapat pada pohon pisang yang sudah berbuah dan buah yang pisang remaja yang bertempat pada ujung pankal buah pisang tersebut dan memiliki warna merah matang berbentuk lonjong yang ujungnya merucut ( lancip ). Biasanya buah pisang yang sudah remaja itu harus di potong jantung pisang atau ontongnya karena bisa mempengaruhi buah pisang tersebut untun tunbuh menjadi lebih besar dan montok.


Jantung pisang ini selain enak untuk di konsumsi dan termasuk makanan tradisional teryata juga banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita karena mengandung protein, lemak, karbohidrat, energy, air, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi dan Tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita diantaranya :


  1. Bisa Untuk Diet

Bagi yang menjalani program diet sangat bagus untuk diet karena serat yang terdapat pada jantung pisang ini sangat baik untuk proses BAB kita menjadi lancar yang berakibat sedikitnya penumpukan lemak dalam tubuh kita dan tubuh kita menjadi ideal.



  1. Menambah Sel Darah Merah

Kandungan zat besi yang terdapat pada jantung pisang ini juga salah satu penghasil hemoglobin yang terdapa pada darah dan tentunya dapat menambah sel darah merah dalam tubuh kita.



  1. Mampu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang terdapat pada tubuh kita mampu dikurangi dengan menkonsomsi jantung pisang ini yang merupakan kaya serat yang bisa mengikat lemak yang menyebabkan kolesterol dan di keluarkan pada saat BAB.



  1. Menambah Mood Kita

Kita sering sekali mengalami penurun mood sehingga kita dalam menjalani aktivitas selalu menjadi malas apalagi bagi perkerja kantoran yang tiap hari melihat layar laptop atau komputer. Tapi jangan khwatir dengan mengkonsumsi jantung pisang ini atau ontong ini secara rutin mood kita akan menjadi lebih baik karena jantung pisang ini juga penghasil magnesium yang di percaya dapat memperbaiki mood kita.



  1. Mengurangi Infeksi

Tubuh kita sering luka akibat jatuh atau terkena benda yang menyebabkan tubuh kita menjadi keluar darah dan luka yang dimana luka ini lama sekali sebuh bisa – bisa makin parah ini disebakan bakteri yang terdapat pada luka tersebut berkembang biak. Ini bisa diobati dengan mengkonsumsi jantung pisang secara rutin yang merupakan juga penghasil etanol yang bermanfaat untuk menghalangi bakteri berkembang dalam tubuh kita.



  1. Menguatkan Sisitem Kekebalan Tubuh Kita

Kandungan bermacam vitamin dan mineral lainya yang terdapat pada jantung pisang ini atau ontong dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih baik.
ARTIKEL TERKAIT