Manfaat Paprika Untuk Kesehatan Kita

PAPRIKA
Paprika adalah saudara dari cabai yang mempunyai rasa pedas dan termasuk dalam suku terong – terongan, paprika ini sering kita jumpai untuk aneka masakan karena mempunyai bentuk yang cantik dan menarik tentunya mempunyai rasa pedas dan manis. Untuk paprika ini termasuk dalam keluarga sayuran karena sering digunakan untuk bumbu masakan, untuk paprika ini mempunyai berbagai warna diantaranya Merah,  Hijau, Unggu, Kuning dan paprika ini sering dibuat campuran salad, sedangkan paprika yang  berwarna hijau, unggu cenderung mempunyai rasa yang pahit dan untuk paprika berwarna kuning dan merah cenderung memiliki rasa yang manis.

Tumbuhan paprika ini berasal dari amerika selatan dan bisa tumbuh mencapai tinggi 50 centimeter sampai 150 centimeter dan bisa hidup di berbagai musim. Paprika ini masih langka kita temui di pasar tradisonal khususnya di negara Indonesia ini karena untuk budidaya paprika ini masih minim tapi sekarang sudah ada di supermarket terdekat. Paprika tentunya selain untuk bumbu masakan teryata baik untuk kesehatan ini karena paprika mempunyai beberapa kandungan diantaranya :  alpha – karoten,  luteolin,  asam sinamat,  hydroxycinnamic asam,  flavonoid,  karotenoid,  ferulic acid,  hesperidin,  zeaxanthin,  quercetin,  beta - karoten,  lutein dan lain – lain ini tentunya juga bermanfaat untuk kesehatan kita diantaranya :

1.      Dapat Mengontrol Penyakit Kolesterol Dan Diabetes
Kandungan zat capsaicin yang terdapat pada paprika ini yang berfungsi untuk mengontrol kolesterol dan diabetes kita menjadi normal.

2.      Baik Untuk Kesehatan Mata Kita
Kandungan beta – karoten dalam paprika ini sangat baik untuk kesehatan mata kita sehinga bisa terindar dari penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.

3.      Untuk Regenerasi Sel
Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada paprika ini baik untuk regenerasi sel dalam tubuh dan menjaga sistem saraf kita.

4.      Dapat Meredakan Rasa Nyeri
Pedas yang ada pada paprika ini berasal dari zat capsaicin yang bermanfaat untuk meredakan nyeri yang  ada pada tubuh kita.

5.      Menjaga Kesehatan Kulit Kita
Kandungan vitamin E yang terdapat pada paprika ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kita dari dalam.

6.      Menajag Kesehtan Jantung Kita
Kandungan likopenn, vitamin B6 dan folat yang ada pada paprika ini bermanfaat untuk menjaga dan menhindarkan kita dari penyakit jantung.

7.      Untuk Kekebalan Tubuh Kita
Kandunga vitamin C yang terdapat pada paprika khususnya yang berwarana merah ini lebih banyak kandungan vitamin C yang tentunya bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh kita yang bermanfaat untuk mencegah penyakit masuk ke tubuh kita. 
ARTIKEL TERKAIT