Manfaat Pete Atau Petai Bagi Kesehatan Kita



www.seratu.com
BUAH PETE ATAU PETAI
Tanaman pete ini siapa sih yang tak tahu karena mempunyai bau yang khas yang dimana sebagian orang tidak menyukainya. Tanaman pete atau petai ini tersebar di nusantara bagian barat, pohonya bisa mencapai 21 meter daunya berwarna hijau mejemuk dan tersusun rapi dan sejajar dan bercabag sedikit. Pohon pete atau petai ini menghasilkan buah pete atau petai yang diambil bijinya untuk di konsumsi dan setiap satu buah terdapat belasan biji pete dan bisa mencapai 22 biji yang bijinya berwarna hijau muda yang bersih dan terbungkus selaput yang lumayan tebal berwarna putih kecoklatan yang terang dan biasanya sebelum di masak selaput yang ada pada biji pete ini dibuang.


Biji pete ini biasanya buat campuran masakan dan lalapan tapi rata – rata dibuat campuran masakan berkuah dan masakan kering sepeti tumis kacang, tumis pepaya muda dan lain – lain, tentunya setelah menyatap makanan tadi pasti bau mulut kita menjadi kurang sedap tapi jangan khwatir bau ini bisa di hilangkan walupun tidak sepenuhnya bisa hilang tapi bisa mengurangi 90% dengan cara memakan kopi yang sudah dimasak yang biasanya dibuat minuman kopi secukupnya atau bisa dengan mengkonsumsi permen yang mempunyai bau yang harum. Bau yang khas pada bji pete atau petai ini karena kandungan asam amino yang mengandung unsur sulfur. Biji petai atau pete ini sekarang sangat mudah kita jumpai di pasar – pasar dalam bentuk sudah di klupas atau masih utuh dan harganya yang lumayan mahal di banding harga  lalapan lainya. Dan biji pete atau petai ini juga banyak mengadung glukosa,  sukrosa,  serat alami,  zat besi,  mineral,  vitamin A,  karbohidrat,  fosfor dan kalium yang tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh kita diantaranya :

1.      Dapat Mengurangi Depresi
Kandungan zat tryptophan yang terdapat pada biji pete atau petai ini dapat mengurangi depresi seperti  tubuh menjadi rileks atau santai,  menimbulkan rasa bagagia,  dapat memperbaika rasa mood dan meredam emosi.

2.      Baik Untuk Kesehatan Mata
Vitamin A yang terdapat pada biji pete atau petai ini sangat baik untuk kesehatan mata kita.

3.      Dapat Mengurangi Dalam Mengkonsumsi Roko
Kandungan kalium yang terdapat pada biji pete atau petai ini diyakini dapat mengurangi dalam mengkonsumsi rokok.

4.      Mengurangi Kegemukan
Serat alami pada biji pete atau petai ini dapat mengikat lemak sehingga dalam proses BAB dapat keluar bersamaan lemak kita secara sedikit – demi sedikit.

5.      Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Kandungan zat tryptophan yang terdapat pada biji pete atau petai ini dapat mengurangi rasa marah sehingga tekanan darah kita menjadi stabil dan normal.

6.      Mengurangi Anemia
Zat besi ini yang terdapat pada biji pete atau petai dapat mengurangi anemia seperti lemah, letih, lesu dan lemas pada tubuh kita.

         
ARTIKEL TERKAIT