Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
SINGKONG
Siapa sih yang tak kenal singkong yang mempunyai warna coklat tua dan kulit yang tipis dan berbentuk bulat memanjang dan daging singkong yang berwarna putih bersih. Singkong ini berasal dari akar pohon singkong yang berkembang biak dengan baik akhirnya jadi singkong yang terpendam dalam tanah. Singkong ini tidak mengenal musim dan sangat mudah kita jumpai di pasar  sayur dan di jual per kilogramnya tidak perbiji dan untuk harga sangat terjangkau.


Singkong ini di kenal pertama kali di amerika selatan, singkong ini tidak bisa dimakan lasung karena mempunyai rasa yang tidak enak dan harus di olah dulu biar mempunyai rasa yang lebih enak sebelum mengkonsumsinya bisa di rebus atau di goring, makana singkong ini bisa diolah menjadi singkong rebus,  singkong goreng,  keripik singkong,  kolak singkong,  gethuk singkong dan  lain – lain, bisa dimasak juga dengan selera kita. Singkong ini termasuk jenis makanan pokok mendapat urutan yang ke tiga setelah padi dan jagung. Termasuk penghasil tepung tapioka yang sekarang sudah mendunia. Kandungan gizi singkong per 100gram meliputi Kalori 121 kal,  Air 62,50 gram,  Fosfor 40,00 gram,  Karbohidrat  34,00 gram,  Kalsium 33,00 miligram,  Vitamin C 30,00 miligram,  Protein 1,20 gram,  Besi 0,70 miligram,    Lemak 0,30 gram,  Vitamin B1 0,01 miligram sumber id.wikipedia.org dan semua kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan kita diantaranya :

1.      Melancarkan Pencernaan
Serat yang terdapat pada singkong ini bermanfaat sekali untuk membuang toksin dalam usus dan melancarkan BAB kita.

2.      Pembentukan Sel Baru Pada Tubuh
Kalium yang terdapat pada singkong ini sangat baik untuk pembentukan sel tubuh baru dan mengatur tekanan darah.

3.      Membantu Pertumbuhan Tubuh
Kandungan riboflavin pada singkong dapat membantu dalam pertumbuhan tubuh dan penghasil sel darah merah.

4.      Sumber Makanan Pokok
Karbohidrat yang terdapat dalam singkong ini yang menyebabkan sebagai salah satu sumber makanan pokok.

5.      Menjaga Kesehatan Tulang
Vitamin K yang terdapat pada singkong ini sangat baik untuk kesehatan tulang.

6.      Menurunkan Resiko Penyakit Jantung, Stroke, Kanker Dan Diabetes
Kandungan trigliserida dalam singkong ini mampu menurunkan penyakit jantung, stroke, kanker dan diabetes dengan catatan dalam mengkonsumsi singkong ini harus direbus atau di kukus.


ARTIKEL TERKAIT