Manfaat Tanaman Putri Malu Untuk Kesehatan Tubuh



www.seratu.com
TANAMAN PUTRI MALU

             Siapa siiihhh….. yang tidak tau sama tanaman putri malu atau Mimosa Pudica termasuk anggota suku polong- polongan sejenis perdu pendek. Tumbuhan ini memiliki banyak sekali nama seperti, Makahiya dari Negara Filipina yang berarti “malu”. Mori Vivi dari Negara Hindia Barat. Nidikumba dari Sinhala yang berarti “ tidur”. Mate-Loi dari Tonga yang berarti “ pura-pura mati”.  Namanya berasal dari bahasa Tionghoa yang berati “rumput pemalu”. Kata dari Pudica sendiri dalam bahasa latin berarti  “Malu atau Menciut”.

             Tanaman putri malu berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah, tetapi tanaman ini tersebar dan tumbuh di wilayah Asia Tenggara,  Asia Selatan dan terdapat juga di kepulauan Pasifik. Tanaman ini tumbuh berkembang biak dengan cepat, tanaman ini bisa tumbuh merambat atau tumbuh tidur diatas tanah, dan ada juga tumbuhnya tegak, batangnya bulat berbulu dan berduri. Daunya kecil - kecil tersusun majemuk, daunnya berbentuk lonjong ujugnya lancip, warnanya hijau tapi ada juga yang kemerah-merahan. Memiliki bunga bulat seperti bola, warnanya ungu muda atau merah muda, melilki tangkai.    

             Keistimewaan dari tanaman ini bila disentuh, ditiup, atau terkena panas maka daunnya akan segera menutup. Gerakan ini disebut dengan SEISMONASTI tidak tau dari arah mana sentuhannya maka dia akan menutup daunnya. Tanaman ini juga akan menutup atau menguncupkan daunnya saat matahari terbenam dan akan kembali merekah saat matahari terbit. Tanaman ini akan menguncupkan daunnya  untuk melindungi dirinya dari hewan herbivore, karena saat dia menguncup daunnya maka akan terlihat warna bagian bawah daunnya berwarna pucat, dengan menunjukkan warna daunnya yang pucat, maka hewan itun akan mengira bahwa ia sudah layu dan mati dan enggan untuk memakannya.  

            Sudah dikenal dengan secara cepat putri malu menutup atau layu daunnya saat mendapat sentuhan. Walaupun anggota polong-polongan dapat melakukan hal yang sama, akan tetapi putri malu ini dapat melakukannya dengan cepat bereaksi dari pada jenis tanaman polong yang lain. Tapi kelayuan ini bersifat sementara hanya beberapa menit saja, dan akan kembali seperti semula, karena itulah disebut putri malu.

               Tumbahan putri malu selain pemalu, ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, untuk obat penyakit mulai dari akarnya sampai daunnya, tak banyak yang diketahui tentang masyarakat umum tentang manfaat putri malu . tumbuhan putri malu termasuk juga tumbuahan liar,meraka tumbuh dimana saja di pekarangan rumah,tepi jalan, disawah atau ladang. Sehingga mudah sekali untuk menjumpainya.  

               Tumbuhan putri malu ini mengandung Tanin, Asam pipekoliat, Mimosin, semua zat-zat ini sangatlah baik untuk kesehan tubuh kita. Tanin sangat bermanfaat untuk pengobatan peradangan dan keputihan  serta bisa membantu untuk melangsingkan tubuh. Sedangkan Mimosin ini merupakan zat kimia menggandung zat aktif yaitu nitrogen, oktigen, hydrogen, carbon dan sulfur, semua zat-zat itu sangat baik untuk tubuh.

               Sifat kimiawi dan efek farmakologis dari putri malu seperti: Manis, astringen, agak dingin. Penenanng (tranquiliser), sedative, peluruh dahak (expectorant), anti batuk (antitusive), penuru panas (antipyretic), anti radang (anti inflammotary), peluruh air seni (diuretic). Karena itulah putri malu juga termasuk tanaman herbal yang dapat pengobati penyakit seperti:

1.      Hepatitis
Rebusan dari air putri malu ini dapat mencegah dan mengobati hepatitis.
Caranya: ambil 10 gram putri malu cuci bersi, lalu dengan air 200cc rebus hingga airnya mendidih kurang lebih 15 menit, kemudian minumlah secara teratur.

2.      Insomnia (Sulit Tidur)
Bagi orang yang mengalami sulit tidur cobalah minum rebusan putri malu.
Caranya: ambil 30 sampai 60 grm daun putri malu cuci bersih, lalu  dengan segelas air rebus sampai mendidih kemudian minumlah jika sudah dingin.
 Jika menginginkan rasanya lebih enak bisa di campurkan dengan 15 gram putri malu, 15 gram daun sawi langit ( vemonia cinerea), 30 gram daun callincing rebus dengan air lalu minumlah rebusan air tersebut.

3.      Bronchitis Kronik
Penyakit ini adalah salah satu dari penyakit paru-paru. Bagi yang menderita penyakit ini dapat melakukan pengonbatan herbal dari tanaman putri malu.
Caranya: ambil 60 gram akar putri malu cuci bersih, lalu rebus dengan 600 cc air bersih, rebus sampai mendidih hingga airnya menjadi 200 cc. kemudian bagi masing-masing 100cc untuk sehari 2 kali minum.

4.      Batuk Berdahak
Batuk sangatlah menyiksa bagi si penderitanya. Tanaman ini sangat berkhasiat untuk mengatasi batuk berdahak.
Caranya: ambil 10 sampai 15 gram akar putri malu cuci bersih, lalu rebus dengan sedikit air hingga mendidih, kemudian minumlah rebusan air tersebut.

5.      Rematik
Putri malu juga dapat digunakan  untuk pengobatan rematik.
Caranya: 15 gram akar putri malu cuci bersih, lalu redam dengan air 500 cc selama 2 minggu. Kemudian ditempelkan pada tempat yang sakit.

              Masih banyak jenis penyakit yang dapat disembuh kan oleh putri malu, tapi umtuk menggunakan pengobatan ini jangan melampui kadar dan dosis yang tepat, karena terlalu banyak dodis yang digunakan akan berakibat keracunan. Penggunaan pengobatan ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena akan membahayakan untuk kandungan.  
ARTIKEL TERKAIT