11 Manfaat Buah Kedodong Untuk Kesehatan


www.seratu.com
BUAH KEDODONG
Buah kedodong ini merupakan buah yang mempunyai asam dan segar. Buah kedodong ini merupakan buah musiman dan sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk rujak, jus, selai, acar dan asinan tapi sebenarnya juga enak di konsumsi mentah bagi yang suka rasa asam. Buah ini memang agak sulit kita temukan di pasar – pasar terdekat karena buah ini hanya sifatnya musiman berbuahnya. Buah kedodong merupakan buah untuk ngidam karena ibu hamil biasanya suka yang asam – asam.

Buah kedodong ini mempunyai bentuk dan sebesar kurang lebihnya seperti telur ayam ciri kulit tipis pada umumnya berwarna hijau dan daging buahnya berwarna putih dan dagingnya membukus isi yang berbentuk serabut – serabut kecil yang melekat pada inti isi kedodong ini yang berarti di daginya ada serabut panjang yang terhubung dengan inti daginya yang berpencar. Untuk pohonya bisa sangat tinggi dan besar. Buah kedodong ini juga banyak mengandung kalsium,  fosfor,  zat besi,  vitamin A,  energy,  protein,  lemak,  vitamin C, vitamin B2 dan masih banyak lagi. Berbagai macam kandungan yang terdapat pada buah kedodong ini tentunya sangat berkhasiat untuk kesehatan kita diantaranya :

1.      Mempercepat Menyembuhkan Luka
Kandungan vitamin A yang terdapat pada buah kedodong ini yang berperan penting untuk membantu, menjaga kesehatan jaringan dalam tubuh sehingga bila ada luka di luar tubuh kita maka cepat sebuh.

2.      Menyembuhkan Anemia
Kandungan zat besi dan vitamin B1 yang terdapat pada buah kedododng ini berperan penting untuk pembentukan  dan produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga kekuragan sel darah merah atau penyakit anemia kita bisa terseleasikan.

3.      Menekan Kadar Kolesterol Menjadi Stabil
Proses metabolisme kolesterol yang menjadi asam empedu dan mengimplikasi untuk kolesterol darah dan timbulnya batu ginjal ini adalah salah satu manfaat vitamin C yang terdapat pada buah kedodong.

4.      Menyehatkan Tulang Dan Gigi
Tulang dan gigi ini perlu untuk dijaga kesehatan dengan cara mengkonsumsi buah kedodong ini dengan cukup karena kadungan fosfor yang ada di buah kedodong ini bermanfaat untuk menyehatkan tulang dan gigi

5.      Membantu Penyembuhan Sariawan
Kita sering mengalami bibir pecah – pecah atau sariawan ini di sebabkan tubuh kita mengalami penurunan kekebalan tubuh, terutama kekurangan vitamin C, ini bisa di di sebuhkan denga buah kedodong karena buah kedodong mengandung vitamin C.

6.      Melancarkan Pencernaan
Bila pencernaan dalam tubuh kita sering bermasalah itu mungkin perut kita kurang akan mengkonsumsi serat maka dari itu buah kedodong ini merupakan salah satu penghasil serat  yang tentunya sangat baik untuk proses pencernaan.

7.      Obat Herbal Untuk Sakit Perut Atau Diare
Dengan cara ambil kulit batang kedodong  yang masih segar dan bersihkan dengan air dan potong kecil – kecil tambahkan garam kurang lebih 15 gram dan air 2 gelas dan rebus semua jadi satu sampai mendidih dan dinginkan setelah itu minum 2 X sehari tapi sebelumnya di saring terlebih dahulu.

8.       Sebagai Obat Herbal Untuk Borok Dan Luka Bakar
Tidak hanya buahnya daun buah kedodong ini sudah di percaya turun menurun bisa untuk mengobati luka bakar dan borok.

9.      Sebagai Obat Herbal Penyembuhan Batuk
Caranya cari 3 buah kedodong dan bersihkan  dengan air dan haluskan degan di parut atau blender jangan campur dengan air setelah itu peras dan saring untuk diambil airnya jagan lupa tambahkan garam  secukupnya dan minum pagi dan sore.

10.    Menyehatkan Mata
Kandungan vitamin A yang terdapat pada buah kedodong ini tentunya sangat baik untuk menambah asupan kesehatan mata.

11.    Menambah Kekebalan Tubuh
Semua kandungan vitamin dan usur mineral yang terdapat pada bauh kedodong ini sangat baik menambah kekebalan tubuh kita sehingga tubuh kita bisa terhindar dari bebagai penyakit yang ingin masuk ketubuh kita.

ARTIKEL TERKAIT