11 Tips Menjaga Kesehatan Pada Musim Penghujan


   
www.seratu.com
ILUSTRASI MUSIM PENGHUJAN
Musim penghujan pasti akan datang dan itu sudah hal biasa yang terjadi di Indonesia. musim penghujan tiba di Indonesia terjadi rata – rata pada akhir tahun desember sampai bulan akhir april, untuk curah hujan yang tinggi terjadi pada bulan februari sampai maret. Musim penghujan memiliki ciri khas banjir, bergagai penyakit timbul seperti demam berdarah, flu, pilek dan lain – lain, tidak hanya itu saja polimik yang tibul ada juga seperti pakain lama untuk kering, malas untuk aktivitas dan bawaanya pingir tiduran di kamar.
 

  Musim penghujan memiliki dampak yang negative untuk kesehatan kita, ini di karenakan menurunya tingkat kekebalan tubuh kita dan banyaknya penyakit yang mudah menular  dan untuk itu kita perlu memperhatikan 2 faktor yaitu lingkungan yang sehat dan pola hidup yang sehat.

-    Lingkungan Yang Sehat Meliputi

1 . Buang Sampah Pada Tempatnya
Sampah ini adalah sumber penyakit dan sumber mala petaka yaitu salah satu penyebab banjir . sampah ini meliputi kering maupun basah yang dimana kita sering melihat, masyrakat membuang sampah tidak pada tempatnya, jangan anggap ini hal biasa karena dari biasa menjadi kebiasaan maka dari itu apa bila kita melihat hal tersebut harus berani menegurnya dan kita harus bisa menjadi contoh. Tempat sampah yang baik itu biasanya ti tempat yang teduh dan terhindar dari air hujan masuk karena sampah yang terkena air mudah sekali busuk dan menjadi sumber bakteri dan kuman tumbuh lebih cepat.

2. Selalu Gunakan Alas Kaki
Di musim penghujan kita biasanya sering mundar mandir untuk menjalankan aktivitas sehari – hari baik di luar rumah atau di dalam rumah. Dalam menjalankan aktivitas sehari – sehari ini kita tak lepas dari alas kaki yang bisa dalam bentuk sandal, sepatu. Sebernarnya ini bermanfaat untuk kita bisa terhindar bakteri dan kuman masuk dalam tubuh yang melalui kulit kaki bagian bawah, karena bila kita pakai sandal atau sepatu secara otomatis bisa terputus dari kuman yang inggin lekat pada kulit kaki.

3. Selalu Pakai Pakain Yang Kering
Dimusim penghujan ini yang matahari sering malu menampakan diri alias awan selalu mendung, ini yang menyebabkan pakain yang sulit untuk kering. Biasanya baju yang ada di dalam lemari ini bisa terasa dingin alias mamel karena cuaca yang mendung dan sering hujan dalam hal ini kita harus pintar menyiasatinya dengan cara sebelum di pakai kita harus di setelika dulu biar baju benar – benar kering. Baju yang mamel tadi bisa untuk sarang penyakit dan menyebabkan iritasi dan tumbuhnya jamur dikulit.

4. Pakai Jaket Atau Jas Hujan Dan Payung
Di pagi hari kita berangkat kerja dan sore atau malam hari kita pulang kerja dalah hal ini kita dimusim penghujan sering berhadapan dengah air hujan yang dimana jalan becek dan air yang mengenang dijalan yang dimana itu merupakan sarang bakteri atau kuman maka dari itu bila kita memakai jas hujan atau payung disaat di luar rumah sangat baik untuk mencegah kuman dan bakteri masuk ketubuh, jangan lupa bila kita keluar rumah kita harus memakai jaket karena cuaca yang dingin sangat berpengaruh untuk kesehatan kita karena kita bisa terkena masuk angin dan mungkin yang alergi dingin bisa pusing, gatal dan lain – lain.

5. Memilih Makanan Yang Higienis
Makanan yang higienis tidaklah yang harus mahal yang kami maksut adalah makan yang terbukus degan rapat, ini di karenakan sinar matahri yang terhalang oleh awan hitam yang dimana sinar matahari ini bisa menghabat dan mebunuh beberapa jenis bakteri dan kuman dan musim penhujan ini banyak bakteri dan kuman yang berterbangan yang suka sekali menempel dimakanan yang tidak terbukus rapat.

-    Pola Hidup Yang Sehat Meliputi


1. Cuci Tangan
Kita serin di luar rumah untuk melakukan aktivitas sehari – hari bisa meliputi pekerjaan, belanja kepasar, kerumah temen atau nongkrong di warung atau kafe walaupun cuaca hujan. Dalam aktivitas tadi tangan kita sering memegang barang - barang yang kurang higienis yang dimana didalam musim penghujan ini penyakit mudah menepel dimana – mana tidak hanya menempel dimakanan saja, bisa menempel di semua tempat dan barang yang secara otomatis kuman dan bakteri menempel di jari – jari kita sedangkan jari kita sering untuk digunakan memegan makanan, wajah meliputi hidung, mulut. pipi dan lain – lain dan akhirnya kuman dan bakteri sangat mudah masuk ke dalam tubuh kita. Maka dari itu sesering mukin untuk mencuci tangan agar terbebas dari berbagai penyakit.      

2. Minum Air Yang Cukup
Terkadang dalam musim penghujan  yang suhunya digin ini kita merasa tidak haus akhirnya kita dalam mengkonsumsi air selalu berkurang, padahal tubuh kita sangat memerluka air yang dimana air dalam tubuh sangat berperan peting untuk proses sistem tubuh kita dan untuk daya tahan tubuh.


3. Istirahat Yang Cukup
Bila tubuh kita kurang istirahat atau tidur maka tubuh kita akan drop sehingga berpengaruh untuk sistem kekebalan kita menjadi menurun yang dimana dalam posisi ini penyakit mudah sekali masuk apalagi disaat musih penghujan penyakit mudah sekali masuk contoh kecil tertular penyakit flu, badan demam, batuk dan lain – lain.


4. Olah Raga Yang Cukup
Di musim penghujan ini kita merasa malas untu melakukan rutinitas pengenya tiduran saja sehinga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita yang dimana bila kita sering melakukan aktivitas sehari – hari kita biasanya berkeringat entah sedikit atau banyak yang diman keringat tersebut adalah pembuangan racun dalam tubuh yang berbentuk keringat. Olah raga yang cukup ini mampu untuk mengluarkan racun dalam tubuh dan memberi suasan pikiran yang positif selain itu menjadikan tubuh kita tetap sehat dan bugar.


5. Menjaga Pola Makan Yang Sehat
Musim penghujan ini kita merasa malas untuk melakukan aktivitas sehingga berdampak pada nafsu makan kita menurun, maka dari itu kita perlu menjaga nafsu makan dan pola makan kita dengan cara mewajibkan makan 3 kali sehari walaupun dengan jumlah sedikit dan dibantu buah untuk menambah asupan vitamin kita dan minum air yang cukup.


6. Hindari Stres 
Di musim penghujan ini masalah sering timbul mulai dari atap yang bocor, baju lama keringya, saluran air yang mapet dan jalan becek dan banjir ini merupakan faktor yang menimbulkan stres pada saat musim hujan. Untuk masalah ini kita harus sering menimbang nimbang bahwa masalah ini tidak hanya kita yang memikul tapi semua orang. Perbanyak melihat masalah kehidupan ini kebawah karena masih banyak kehidupan sosial dibawah kita, jagan lupa dekatkan diri ke pada TUHAN YANG MAHA ESA.
ARTIKEL TERKAIT