12 Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



       
www.seratu.com
KEMIRI
Bagi ibu rumah tangga sudah pasti tau yang nama nya kemiri. Kemiri nama binomialnya ialah Aleurites Moluccana adalah tumbuhan yang berbiji yang dimanfaatkan untuk rempah – rempah dan sumber minyak. Tumbuhan kemiri masih termasuk kerabatnya tumbuhan singkong, termasuk juga dalam suku Euphorbiaceae.



Pohon kemiri disebut sebagai “varnish tree atau kukui nut tree”. Minyak yang dihasilkan dari bijinya sangat berguna dalam industri digunakan untuk bahan campuran cat. Dalam perdagangan antar Negara kemiri dikenal dengan Candleberry, Indian Walnut, serta Candlenut. Pohon kemiri hidup didaerah tropis, tumbuhan ini adalah tumbuh resmi dinegara Hawai, kini sudah menyebar luas diberbagai Negara mulai dari India, Cina melewati Asia Tenggara dan Nusantara, sampai ke Polinesia dan Selandia Baru. Pohon kemiri kebanyakan ditanam untuk penghijauan di lahan pekarangan atau untuk pohon hias.

Di Indonesia kemiri memiliki banyak nama. Di anataranya derekan, pidekan, miri (jawa), kamere, komere, mere (Madura), muncang (Sunda), kaminting (Dayak), buah kareh atau buah keras (Minangkabau, Nias), kemiling (Lampung), kembiri, gambiri, hambiri (Batam), kemilli (Goya). Di Indonesia buah kemiri diambil dan dijadikan bumbu masakan, akan tetapi sejak zaman dahulu dari nenek moyang kita kemiri digunakan untuk menyuburkan rambut.

Jarang orang yang tidak pernah melihat pohon kemiri. Pohon kemiri adalah pohon yang besar dan tingginya mencapai 40 meter dan gemang hingga 1,5 meter. Pepagan abu- abu sedikit kasar berlentisel. Daun muda, ranting dan karangan bunga dihiasai dengan rambut bintang yang rapat pendek berwarna perak mentega, bila dilihat dari kejauhan pohan ini berwarna keputihan atau keperakan. Daunnya bersifat tunggal berseling – seling, warna daunnya hijau tua, bentuk daun hampir bundar seperti telur, budar lonjong berdiameter 30 cm, dengan pangkal bentuk jantung dan bertulang menjari bertaju 3 sampai 5 bentuk segitiga di ujungnya, bertangkai panjang hingga 30 cm, dengan sepasang kelenjar dari ujung tangkai.

Bunganya dalam malai thyrsoid yang terletak diketiak ujung panjangnya 10 sampai 20 cm, bunga – bunga berkelamin tunggal berwarna putih bertangkai pendek, bunga betina berada diujung malai paying tambahan, sedangkan bunga jantan yang lebih kecil, mekar lebih dahulu berada disekelilingnya dan jumlahnya lebih banyak. Kelopak bunga bertajuk 2 sampai 3, mahkota bentuk lanset bertajuk kurang lebih 5, panjang mahkota bunga betina 9 sampai 10 milimeter, sedangkan mahkota bunga jantan 6 samapi 7 milimeter.

Buah kemiri bersifat buah batu berbentuk bulat telur agak gepeng 5-6 cm x 4-7 cm, warna buahnya hijau zaitun dengan rambut beledu,daging buahnya keputihan tidak memecah memiliki biji 2 atau 1. Biji nya bertempurung keras dan tebal, bentuknya agak gepeng hingga 3 cm x 3cm, dengan keeping biji keputihan kaya akan minyak.

            Biji kemiri mengandung minyak 60  sampai 66% , kemiri memiliki kesamaan dalan rasa dan tekstur dengan macadamia yang memiliki kandungan minyak yang hampir sama. Kemiri  sering diolah untuk bumbu masakan Indonesia dan Malaysia sebagai saus kental, masakan opor dan semur dll. Di Hawaii kemiri dibakar dan dicampur dengan pasta, garam dijadikan khas masakan poke tradisional hawaii yang disebut inamona, dan di hawaii pada zaman dulu dibakar untuk menghasilkan cahaya, serta dijadikan simbol perlindungan, perdamaian. Sekarang di Tonga  kemiri yang sudah matang dijadikan pasta (tukilamulamu), dan digunakan untuk shampoo dan sabun.

            Biji kemiri  mengandung minyak yang mengandung asam oleostearat yang bermanfaat, digunakan untuk mengawetkan  kayu sebagai pernis atau cat, bahan sabun, campuran isolasi, pengganti karet, melapis kertas agar anti air. Tidak hanya itu juga pohon kemiri yang berukuran besar kayunya dapat dimanfaatkan untuk membuat furniture, korek api, peralatan kecil, kayu bakar, sampan, papan dan kerajinan tangan, tapi kayu pohon kemiri tidak cocok untuk bahan bangunan, karena kualitas kayu terlalu ringan dan cepat sekali lapuk dan sering ditumbuhi oleh jamur.

            Manfaat kemiri tidak hanya sebagai bumbu masakan saja, akan tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan serta kesehatan tubuh.  Kandungan senyawa yang ada didalam kemiri cukup istimewa , diantaranya adalah: Asam oleostearat, Asam minyak, Asam folat, Fitosterol, Karbohidrat, Miristat, Protein, Palmitat, Vitamin B1, Zat lemak, sebagian besar kandungan yang ada didalam kemiri adalah minyak. Tapi kandungan minyak kemiri adalah minyak yang sehat, dengan mengkonsumsi kemiri secara rutin bisa menurunkan kolesterol atau lemak jahat yang ada didalam tubuh.

            Minyak kemiri ini merupakan salah satu olahan dari kemiri. Selain untuk masakan kemiri juga dikenal sebagai penghitam rambut, cara pengolahan minyak kemiri pun sangatlah mudah. Resep membuat minyak kemiri :

·  Tumbuklah kemiri sampai halus, kemudian tambahkan secukupnya air dan rebus kemiri sampai mengeluarkan minyak, ambillah minyak kemiri yang mengapung diatas air, setelah itu saring minyak hingga jernih, masuk kan kedalam botol dan simpanlah ditempat yang sejuk.

 Dan kemiri juga memiliki banyak manfaat kesehatan maupun kecantikan diantaranya: 

1.      Mengobati Sakit Perut, Disentri, Diare
Sakit perut, disentri, diare merupakan penyakit pada saluran pencernaan yang bisa menyerang balita maupun orang dewasa. Cukup diobati dengan kulit batang kemiri untuk mengatasinya.
Caranya : Ambil 10 gram kulit batang kemiri, kemudian rebus dengan 400 cc air sampai mendidih hingga airnya tersisa menjadi 200 cc, setelah itu saring dan minum airnya selagi masih hangat.


2.      Mengobati Sembelit
Kemiri juga mempunyai manfaat untuk mengobati masalah sembelit atau susah buang air besar (BAB) merupakan indikasi saluran pencernaan yang tidak lancar. Untuk itu dapat mengkonsumsi ramuan kemiri untuk mengatasinya
Caranya : Ambil 1 buah kemiri, 2 siung bawang merah, 30 gram daun urang aring, 10 gram kayu manis, 5 gram pulosari, 6 gram adas, dan setengah sendok  garam. Campurkan semua bahan menjadi satu lalu haluskan, kemudian rebus bahan yang sudah halus dengan air 800 cc biarkan sampai mendidih hingga airnya tersisa menjadi 400 cc, setelah itu saring dan minum airnya sehari 2 kali.


3.      Mengobati Buang Air Besar Berdarah
Susah buang air besar serta terjadi pendarahan saat buang air besar itu disebabkan nayak sekali penyebabnya. Bisa terjadi karena kurang serat dan kurangnya mengkonsumsi air minum itu bisa juga terjadi, sehingga pada saat buang air besar tinja yang keluar kering dan  keras dan menyebabkan luka pada diding anus. Untuk mengobatinya dapat digunakan dengan kulit batang pohon kemiri.
Caranya : Ambil 20 gram kulit batang kemiri, kemudian rebus dengan air 400 cc sampai mendidih hingga airnya tersisa 200 cc, setelah itu saring dan minum airnya selagi masih hangat.


4.      Mengobati Bisul
Bagi yang menderita bisul, kini dapat diatasi dengan minyak kemiri supaya tidak menular ditempat yang lain.
Caranya : Siapkan minyak kemiri, 15 lembar daun kangkung, 10 lempar daun bunga pukul dan minyak kelapa. Tumbuk semua bahan lalu tambahkan minyak kemiri dan minyak kelapa, setelah itu oleskan pada bagian yang terkena bisul. Lakukan sehari 2 kali.


5.      Mengobati Demam
Minyak kemiri selain untuk menghitamkan rambut. Minyak kemiri juga dapat mengobati sakit demam.
Caranya : Ambil minyak kemiri secukupnya lalu tambahkan dengan 15 gram akar pulutan, kemudian tambahkan juga air secukupnya, lalu rebus sampai mendidih, setelah itu minumlah rebusan air tersebut selagi masih hangat.


6.      Mengobati Sariawan
Tidah hanya biji kemiri yang bermanfaat, tetapi bagian batang dan kulit pohonya ,serta getahnya dari kulit pohon kemiri juga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit, salah satunya untuk obat sariawan.
Caranya : Ambil sebilah pisau untuk merobek kulit pohon kemiri untuk mendapatkan getahnya, ambillah getah yang sudah keluar dari pohon dengan kapas. Kemudian tambahkan sedikit santan kelapa pada kapas yang sudah berbalut getah tersebut, lalu oleskan pada bagian mulut yang terkena sariawan.


7.      Mengobati Sakit Gigi
Selain mengobati sariawan, ternyata getah dari pohon kemiri juga dapat mengobati sakit gigi.
Caranya : Ambil getah poho kemiri dengan kapas, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit, biarkan dahulu selama 10 menit, kemudian buang kapasnya dan ganti yang baru.


8.      Infeksi Jamur
Infeksi jamur seperti panu memang tidak begitu berbahaya, tapi bagi sipenderita menyebabkan rasa yang tak nyaman dan bisa juga menjadi minder, karena jamur yang berkembang biak dikulitnya. Untuk megatasinya gunakan minyak kemiri.
Caranya :  Oleskan minyak kemiri pada bagian kulit yang terkena jamur secara ruti untuk mendapatka hasil yang maksimal.


9.      Mengatasi Susah Tidur
Minyak kemiri juga dapat membantu anda yang mengalami insomnia atau susah tidur sehingga anda bisa lelap tidurnya, karena minyak kemiri memiliki kandungan melation yang membuat anda menjadi rileks.


10.  Digigit Serangga
Digigit serangga mengakibatkan kulit terasa gatal – gatal dan panas, itu semua dapat diatasi dengan kemiri.
Caranya : 2 buah kemiri, kunyit seukuran jari kelingking, pangganglah kemiri dan kunyit, kemudian tumbuk menjadi satu sampai halus, setelah itu oleskan bagian tubuh yang gatal – gatal akibat digigit serangga.

11.  Mengatasi Masalah Rambut
manfaat minyak kemiri sudah terkenal sejak dahulu untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut. Serta dapat mengatasi masalah pada rambut anda, seperti rambut rontok,karena kandungan protein dan mineral yang dimiliki kemiri mampu menguatkan rambut mulai dari ujung sampai akar rambut, sehingga rambut bisa tumbuh dengan lebat dan terhindar dari kebotakan. Serta dapat menghilangkan ketombe pada kulit kepala.
Caranya : Ambil minyak kemiri secukupnya lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala, lakukan pijtan secara lembut dan biarkan selama semalam, keesokan harinya keramaslah seperti biasa.

12.  Kecantikan

·         Merawat Kecantikan Kulit
Minyak kemiri juga berkhasiat untuk menjaga kecantikan kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak kemiri mampu menjaga keremajaan kulit, mengencangkan kulit, menghilangkan keriput dan garis halus serta menangkal radikal bebas yang masuk dalam kulit. Serta kandungan stearat dalam minyak kemiri membuat kulit menjadi lembab dan kenyal.
Caranya : oleskan minyak kemiri secukupnya pada kulit secara rutin untuk menghasilkan hasil yang maksimal.

·         Menyuburkan Alis, Bulu Mata
Selain untuk menyuburkan rambut, ternyata minyak kemiri juga dapat menyuburkan alis dan bulu mata serta dapat menyuburkan cambang rambut janggut dan kumis.
Caranya : Ambil minyak kemiri secukupnya dan campurkan dengan lendir lidah buaya, kemudian oleskan pada tubuh yang diinginkan seperti alis, bulu mata,  jagut dan kumis.
ARTIKEL TERKAIT