13 Manfaat Sayuran Kangkung Untuk Kesehatan



www.seratu.com
SAYURAN KANGKUNG
Kangkung merupan jenis sayuran yang mudah kita jumpai dan harganya sangat terjangkau. Kangkung merupakan sayuran yang bisa dimasak menurut selera misal dibuat tumis, kulupan dan lain. kangkung yang diambil adalah daunya yang sering dimanfaatkan untuk dikonsumsi walaupun ada beberapa batangnya yang diambil terutama yang tak jauh dari daunya karena masih empuk untuk dimasak. Kangkung ini berasal dari india dan menyebar di kawasan asia. Kangkung ini bisa kita dijumpai selain di pasar juga di daerah yang tanahnya basah dan berair tanaman ini mudah berkembang kalau di situ mengandung air yang cukup banyak tentunya dengan tanah yang subur.


            Kangkung ini merupakan tanaman yang mudah sekali dibudidyakan dan cara pembudiyaan ada 2 macam yaitu denga benih dan potongan kankung tersebut untuk jenisnya sangat bayak dan untuk membedakan jenisnya kankung tersebut adalah bentuknya, bunganya, warna dan lain – lain. kangkung sendiri pada umunya mempunyai ciri daunya berbentuk mata panah dan licin panjangnya sekitar 10 sampai 15 centimeter berwarna hijau , batangya berongga dan menjalar berwarna hijau muda dan juga terdapat bungga berwarna putih dan menghasilakan kantung yang ada bijinya berjumlah 4 biji yang nantinya dapat dijadikan benih. 

            Kangkung ini merupankan sayuran yang sering kita nikmati yang teryata banyak manfaatnya untuk kesehatan kita karena kankung ini banyak mengadung kalsium, asam amino, vitamin A, vitamin B, vitamin C, selenium, serat, fosfor dan zat besi yang tentunya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya :

  1.  Untuk Kesehatan Mata
Kangkung ini juga mengandung vitamin A dan betakarotin yang tentunya sangat berguna untuk kesehatan mata kita dan bisa terhindari penyakit mata seperti katarak, rabun dan lain – lain. maka dari itu sebaiknya kita sering – seringlah mengkonsumsi sayuran kangkung ini karena baik untuk kesehatan mata kita.

  1. Menyembuhkan Sariawan
Vitamin C yang terdapat pada sayuran kangkung ini teryata sangat berkhasiat untuk penyegahan dan penyembuhan sariawan tidak hanya itu saja permasalahan gusi berdarah juga bisa teratasi, penyakit tersebut pasti pernah terjadi pada setiap orang. Vitamin C yang terdapat pada kankung tersebut juga membantu terbentuknya antioksidan dalam tubuh.

  1. Memeperbaiki Fungsi Hati
Biasanya bila hati kita mengalami kerusakan maka akan tibul warna kulit, lidah dan mata menjadi kuning atau disebut dengan penyakit kuning, jangan kwatir dengan mengkonsumsi sayuran kangkung ini penyakit kuning ini bisa terselesaikan karena ekstrak kangkung ini bisa melindungi hati dari kerusakan.

  1. Mengatsi Ganguan Pencernaan
Serat yang terdapat pada kangkung ini sangat bermanfaat sekali untuk mengobati penyakit susah  buag air besar karena serat yang terdapat pada kangkung ini juga bermanfaat untuk pembersih saluran pencernaan sehinga pencenaan kita menjadi normal dan terhindar dari penyakit susah buag air besar atau sebelit.

  1. Terhindar Dari Penyakit Anemia
Kandungan zat besi yang terdapat pada sayuran kangkung ini bermanfaat untuk penyebuhan anemia biasa orang yang terkena anemia mempunyai ciri badan lemas, malas, pusing  dan pucat. Zat besi yang terdapat pada sayuran kangkung ini juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

  1. Terhindar Dari Penyakit Diabetes Melitus
Menurut peneletian ekstrak kangkung ini bermanfaat untuk anti diabetes karena ekstrak kangkung  tersebut berguna untuk penghambatan dan penyerapan kadar gula dalam tubuh sehinga kita bisa terhindar dari penyakit diabetes melitus.

  1. Terhindar Dari Bau Mulut
Bau mulut ini bisa di sebabkan oleh makanan apa yang kita makan dan sangat mengangu terutama orang di sekitar kita, jangan khwatir bila ini terjadi sebaiknya anda mengkonsumsi kangkung ini karena kandungan minyak esential yang terdapat pada kangkung dapat mengurangi dan menghilangkan bau mulut kita.

  1. Memudahkan Kita Untuk Tidur
Sulit tidur terjadi tidak pada setiap orang dan sangat mengangu ini bisa terselaikan dengan menkonsumsi kankung ini karena kandungan selenium dan zinc yang terdapat pada sayuran kankung ini dapat mengkendurkan syaraf dan menjadikan rilek sehingga memudahkan kita untuk tidur.


  1. Menguatkan Sisitem Kekekbalan Dalam Tubuh
Kandungan banyaknya vitamin dan unsur lain yang terdapat pada sayuran kangkung ini sangat bermanfaat untuk menambah sistem kekebalan tubuh kita sehinga bisa terindar dari berbagai penyakit baik dari luar maupun dalam tubuh kita.

Sayuran kangkung ini juga bisa untuk obat tradisional dan bisa untuk mengatasi berbagai penyakit juga diantaranya mengobati Mimisan, Ambeien, Nyeri Haid Dan Menghilangkan Ketombe.

  1. Mimisan ini terjadi karena adanya darah yang keluar dari hidung tanpa kita sadari ini bisa kita cegah dengan kankung.
Caranya : siapkan daun kankung segar secukupnya bersihkan dengan air bersih setelah itu tumbuk sampai halus, beri gula aren secukupnya lalu seduh dengan air panas secukupnya setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari.

  1. Ambeien ini terjadi biasanya dalam pola makan kita kurang makanan yang mengandung serat ini bisa diatasi dengan akar kankung.
Caranya : ambil akar kankung segegam lalu bersihkan dan tambahkan 3 gelas air rebuslah sampai airnya tersisa separuhnya, diamkan airnya dingin dan minum 3 kali sehari.

  1. Nyeri haid ini terjadi pada kaum wanita dan bisa diobati dengan daun kankung ini.
Caranya : siapkan segenggam daun kankung segar bersihkan dengan air bersih setelah itu tumbuk sampai halus, beri madu satu sedok makan lalu seduh dengan setengah gelas air panas aduk - aduk sampai rata saring dan minum sekaligus.

  1. Ketombe sering muncul tanpa kita sadari apalagi kulit kepala yang sering berkeringat tapi jangan panik ini bisa diobati dengan daun kangkung
Caranya :ambil 2 genggam daun kangkung cuci bersih, siapkan timba taruh kankung di timba denga tambahkan air bersih setengah timba rendam daun kankung tersebut semalaman setelah itu buat keramas jangan lupa untuk di pijat – pijat kulit kepala setelah itu bilas dengan air bersih.     
ARTIKEL TERKAIT