14 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan


www.seratu.com
DAUN PEPAYA

Daun pepaya adalah jenis sayuran yang memiliki gizi tinggi dan rasa pait, tetapi kalau sudah direbus rasa pahitnya akan berkurang. Bentuk daun pepaya menyerupai tangan manusia, tapi daun pepaya mempuyai lipatan dibagian tengahnya,  jika dilihat maka akan tampak bawah daun pepaya berbentuk simetris.

     Daun pepaya dapat diolah menjadi masakan lezat, biasanya dimasak untuk urap – urap, lalapan dan dapat juga di tumis, tidak hanya itu daun pepaya juga dapat digunakan untuk obat segala jenis penyakit. Daun pepaya biasanya disajikan bersama dengan bunganya. Untuk pengobatan  daun pepaya cara mengelolah yang paling efektif dengan cara diekstrak atau dijus, serta dapat juga direbus dan dimanfaatkan rebusan air daun pepaya untuk pengobatan.

Adapun tips untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Caranya rebuslah daun pepaya dengan daun jambu biji dan daun singkong. Dengan  perbandingan 200 gram daun pepaya, 200 gram daun singkong dan 50 gram daun biji. Untuk pengolahan dengan cara menumis daun pepaya biasanya dipilih daun pepaya yang berasal dari pohon jantan.

Masakan olahan daun pepaya sudah menjadi ciri khas masakan tradisional Indonesia. Diberbagai daerah di kepulauan Indonesia mempunyai cara – cara tersendiri untuk pengolahan daun papaya diantaranya sebagai berikut :

        Di Jawa Barat hampir semua menu yang dihidangkan  adalah lalapan, jadi bagian pucuk daun pepaya disajikan dalam bentuk sayuran masih mentah yang sudah dicuci bersih. Di Yogyakarta daun pepaya diolah yang bernama buntil yaitu masakan sayuran daun pepaya muda yang digulung didalamnya berisi parutan kelapa dan tambahan ikan, udang dan bumbu – bumbu lainnya, memiliki citra rasa gurih dan sedikit pedas. Di Maluku mempunyai makanan khas yaitu tumis bunga pepaya, didalam masakan ini bunga pepaya ditumis dengan daun pepaya, ikan asin atau teri goreng  dan disajikan dengan singkong rebus. Di Sulawesi timur daun pepaya diolah bersama bunga pepaya, daun kemangi, daun belinjo, dan ikan cakalang diolah menjadi garo bunga pepaya.

Tidak banyak yang suka dengan daun pepaya, karena daun ini rasanya sangat pait, dibalik rasa yang pait daun pepaya banyak sekali manfaat yang didapat untuk kesehatan tubuh. Sebab dalam daun pepaya mempunyai kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang terdapat pada daun pepaya ialah  vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalori, protein, lemak, hidrat arang atau karbohidrat, kalsium, air.

 Daun pepaya mengadung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing.  Dan juga mengandung zat papain yang tinggi membuat daun pepaya terasa pahit,  tapi dengan zat yang bersifat stomakik ini dapat meningkatkan nafsu makan. Karena itulah daun pepaya sangat baik untuk kesehatan tubuh dan dapat mengobati berbagai penyakit seperti :

1.      Disentri
Caranya 2 lembar daun pepaya cuci bersih lalu rebus dengan 1 liter air dan tambahkan 1 sendok teh kopi hitam sampai mendidih, tunggu dingin dahulu, kemudian saring dan minum satu gelas sehari.

2.      Diare
Untuk sakit diare tidak perlu mengkonsumsi obat tablet atau kapsul untuk menyembuhkannya. 
Caranya cuci bersih daun pepaya dan siapkan minyak kelapa, lalu rebus daun pepaya  sampai  layu dan air mendidih. Lalu tempelkan daun pepaya tersebut dibagian perut.

3.      Membasmi Cacing Perut
Caranya 1 lembar daun pepaya cuci bersih, lalu rebus dengan 2 cangkir air dan campurkan dengan tanaman adas pulowaras sampai mendidih, kemudian saring dan minum setiap malam menjelang tidur, kalau sudah dingin.

4.      Kekurangan Nutrisi
Kekurangan nutrisi pada bayi dapat mengakibatkan penurunan IQ anak, daya tahan tubuh menurun, dan gangguan pertumbahan anak. Penyakit ini bisa ditandai dengan perut membuncit. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada daun pepaya dapat mengatasi kekurangan gizi pada balita.
Caranya cuci bersih daun pepaya lalu rebus dengan 1 ½ gelas sampai mendidih, kemudian saring dan mimumkan 2 sendok makan dan rutin setiap hari.

5.      Batu Ginjal
Caranya cuci bersih beberapa lembar daun pepaya lalu direbus, lalu saring dan minum, setelah itu akhiri dengan minum dengan air kelapa muda. Tapi bagi yang menderita penyakit hipertensi jangan menggunakan metode ini.

6.      Mengobati Hipertensi
Tekanan darah yang meningkat dapat mengakibatkan kepala pusing. Penyakit ini dapat diatasi dengan ramuan daun pepaya. 
Caranya cuci bersih daun pepaya lalu rebus sampai mendidih, tambahkan madu murni, Kemudian saring dan minum selagi masih hangat.

7.      Melancarkan ASI
Selain daun katuk berfungsi untuk melancarkan ASI. Ternyata daun pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk melancarkan ASI, daun pepaya sangat efeksi jika dikonsumsi pada awal masa menyusui. Kelancarannya tergantung pada hisapan bayi.

8.      Keputihan
Keputihan bau yang tak sedap, dapat membuat kaum wanita minder. Untuk mengatasinya siapakan 1 lembar daun pepaya yang dicuci bersih dan alang – alang 50 gram lalu rebus sampai mendidih. Kemudian saring minum sehari 1 kali. 

9.      Flek Hitam Pada Wajah Dan Jerawat
Noda hitam pada wajah bisa disebabkan karena bebas jerawat atau terkena sinar UV. Untuk menghilangkannya. Caranya cuci bersih daun pepaya lalu haluskan bisa ditumbuk atau diblender dan ditambahkan air secukupnya, kemudian diperas diambil sarinya tambahkan pada masker anda, oleskan pada wajah yang terdapat noda hitam dan jerawat, tunggu selama 15 menit lalu basuh dengan air hangat sampai bersih.

10.  Meredakan Sakit Perut Saat Haid
Untuk kaum wanita pada saat datang bulan atau haid datang pastinya akan mengalami rasa nyeri  atau sakit pada bagian perut. Ini disebabkan luruhnya dinding rahim yang keluar berupa gumpalan darah, efek dari rasa sakit dan nyeri ini mengakibatkan wanita gampang sekali emosi. Untuk meredakan rasa nyeri dapat mengkonsumsi ramuan ini. Caranya cuci bersih 1 lembar daun pepaya, kemudian rebus dengan sedikit air tambahkan garam dan asam jawa secukupnya sampai mendidih, saring dan minum sampai sakit mereda.

11.  Anti Kanker
Getah putih atau white milky latex yang terdapat daun pepaya ini sangat bermanfaat sebagai anti bakteri.
 Caranya daun pepaya dapat dikonsumsi baik dimasak dengan cara apapun.

12.  Melancarkan Pencernaan
Daun pepaya mengandung zat karpin adalah zat yang dapat membunuh mikroorganisme jahat yang sering mengganggu sistem pencernaan.
Caranya direbus dan mengkonsumsinya.

13.  Demam Berdarah
Demam berdarah merupakan penyakit yang sudah memakan korban, yan disebabkan gigitan nyamuk Aedes aegypty. Yang menyebabkan penderita panas yang  dan timbul bintik – bintik merah pada kulit. Penyakit ini dapat diatasi dengan rebusan air daun pepaya.
Caranya siapkan daun pepaya yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1gelas air, lalu saring dan diminum.

14.  Menambah Nafsu Makan
Caranya siapakan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, kemudian tumbuk atau diblender campurkan sedikit garam dan setengah cangkir air hangat, peras ambil sarinya lalu minum.



ARTIKEL TERKAIT