16 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



www.seratu.com
KENCUR

Kencur atau Kaempferia Galanga l. adalah salah satu jenis tanaman obat yang tergolong atau sejenis dalam suku temu – temuan. Kencur merupakan nama dari bahasa Jawa dan bahasa Indonesia, tapi di berbagai tempat kencur memiliki nama yang berbeda – beda : cikur (bahasa Sunda), ceuko (bahasa Aceh), kaciwer (bahasa Karo), kencor (bahasa Madura), cekuh (bahasa bali), sekuh atau sekur (bahasa Sasak), cekir (bahasa Sumba), asauli, sauleh, soul, umpa (bahasa Maluku),kecur, sukung (bahasa Melayu Manado). Nama lain kencur adalah cekur dari Malaysia, pro hom dari Thailand.


Kencur merupakan temu – temuan yang berjenis temu kecil biasa tumbuh sumbur di pengunungan yang memiliki tanah gembur dan tidak terlalu banyak airnya seperti didaerah dataran rendah. Tumbuhan kencur bisa tumbur dengan baik pada saat musim penghujan, kencur sendiri bisa ditanam didalam pot atau ditanam dikebun, pekarangan rumah yang cukup sinar mataharinya, yang terpenting tanahnya tidak terlalu basah dan setengah ternaungi.

Tanaman kencur tumbuh tergeletak diatas permukaan tanah. Memiliki beberapa helaian daun saja tidak lebih dari 2 sampai 3 lembar daun jarang sekali memiliki 5 helaian daun. Berbunga majemuk tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga biasanya berjumlah antara 4 sampai 12 buah,  bibir bunga (labellum) berwarna lembayung dengan putih lebih dominan, daging buahnya lunak tidak berserat, berwarna putih, kulitnya berwarna coklat dan rimpangnya memiliki aroma spesifik.

Kencur atau kaempferia galangal berasak dari India, dan tersebar luas. Tanaman kencur ini dibudidayakan secara luas mulai dari Nusantara hingga Maluku, Asia Tenggara, Cina Selatan, dan kemungkinan diintroduksi ke Australia Utara.  Hampir seluruh tanaman dan rempah – rempah  di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk obat herbal termasuk juga kencur. Sebagai obat tradisional, kencur sendiri merupakan salah satu yang paling terkenal sejak jaman dahulu.  

Beraneka ragam masakan tradisional dari Indonesia dan jamu sering menggunakan kencur sebagai bagian dari resepnya. Kencur biasanya dipakai orang sebagai tonikum yang berkhasiat sebagai penambah nafsu makan yang diberikan pada anak – anak. Orang Bali bila membuat urap, mereka menggunakan daun kencur untuk campuran urap. Secara umum, manfaat kencur sebagai obat tradisional (jamu), tapi kencur juga bisa dimanfaatkan pada industry kosmetik, penyedap rasa dan minuman dan rempah – rempah.

Pernahkah kalian mendengar jamu beras kencur????...... ya , jamu beras kencur sudah sangat familiar di telinga masyarakat.  Jamu pada umum nya memiliki rasa yang sangat tidak enak dan sangat pahit, baunya sangat menyengat hidung.  Tapi berbeda dengan halnya dengan jamu beras kencur memiliki rsa yang manis dan segar. Makanya banyak orang suka mengkonsumsi jamu beras kencur. 

Tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, ternyat memiliki manfaat yang lain, seperti mengurangi pegal – pegal di tubuh, menyegarkan tubuh, menambah stamina tubuh, meredakan rasa nyeri, mencegah jerawat diwajah serta sebagai obat pelangsing alami. Cara pembuatan jamu beras kencur pun sangat gampang.

Bahan : kencur, jahe, asam, kunyit, gula merah, dan beras.

Caranya : sangrai beras hingga matang dan haluskan beras tersebut, kemudian semua bahan yang tersisa tumbuk sampai halus, kemudian campurkan semua bahan menjadi satu dan rebus sampai mendidih, setelah itu dinginkan dan saring. Jamu beras kencur sudah siap untuk di minum. Paling enak dan biar tambah segar bisa ditambah dengan es batu, atau sebelum diminum bisa dimasukan kedalam kulkas atau lemari es terbih dahulu.

Kenapa kencur dijadikan sebagai obat tradisional atau herbal, karena kencur memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat pada kencur adalah :

• Mineral (13,73%)
• Gom
• Pati (4,14%)
• Minyak - minyak atrisi (0,02%). Itu berupa alkaloid, asam anisat, asam metal dan penta dekaan, asam sinamat,borneol, etil esterka, kamphene, paraeumarin,dan sineol.
Dari kandungan ini semua kencur dapat sebagai obat tradisional . Bayak orang yang belum secara detail akan manfaat kencur untuk kesehatan tubuh dan kecantikan diantaranya :

1.    Menurunkan Kolesterol Dalam Darah
Kencur dapat meningkatkan aliran empedu, sedangkan cairan empedu untuk melancarkan penyerapan makanan dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. 
Caranya menkonsumsi ramuan atau jamu beras kencur.

2.    Memelihara Kesehatan Tubuh
Kencur juga mengandung banyak antioksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu dapat melawan berbagai macam penyakit yang ingin masuk kedalam tubuh, serta memelihara kesehatan tubuh.
Caranya kita bisa mengkonsumsi jamu beras kencur.

3.    Menambah Nafsu Makan

Kencur memiliki kandungan minyak atsiri yang bersifat carminative yang bisa menambah nafsu makan seseoarang.
Caranya kita bisa mengkonsumsi jamu beras kencur.

4.    Melangsingkan Tubuh
Tanaman kencur secara alami bisa sebagai obat pelangsing tubuh. Karena kandungan yang terdapat dalam kencur dapat membakar lemak dalam tubuh secara efektif.
Caranya Kita bisa mengkonsumsi kencur melalui ramuan beras kencur.

5.    Mengurangi Radang Sendi
Tanaman kencur memiliki kandungan kurkumin yang berfungsi sebagai anti radang yang sama dengan fenilbutazon 100 miligram yang dapat mengurangi nyeri sendi dan radang pada sendi. Untuk yang menderita nyeri sendi ataupun radang sendi.
Caranya dapat mengkonsumsi jamu beras kencur.

6.    Obat Batuk

Untuk mengobati batuk yang belum begitu parah, dapat menggunakan kencur untuk obatnya.
Caranya mencuci bersih kencur kemudian mengupas kulitnya lalu memarutnya daging kencur, peras parutan kencur tersebut untuk mendapatkan sarinya, campurkan dengan sedikit garam bila perlu campurkan setetes air jeruk nipis dan sedikit madu.  Lalu mimunlah sehari 3 kali agar batuk cepat sembuh.

7.    Mengobati Kembung
Kencurkan bisa juga digunakan untuk penawar kembung akibat masuk angin. 
Caranya cuci bersih kencur kemudian kupas, anda dapat memakan atau mengunyah kencur mentah dengan sedikit campuran sedikit garam. Kemudian minumlah air hangat, lakukan sehari 2 kali untuk mencegah angin yang kembali masuk kedalam tubuh.

8.    Untuk Obat Influenza

Kencur dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti influenza.
Caranya dengan menumbuk halus 1 rimpang kencur seukuran ibu jari dan daun kemukus, lalu oleskan dihidung yang terkena flu.

9.    Membersihkan Darah Kotor

Kencur juga dapat membersihkan darah kotor atau menghilangkan darah kotor.
Caranya cuci bersih 4 rimpang buah kencur, 2 cengkeh kering, adas dan 2 lembar daun trengguli, campurkan semuanya menjadi satu kedalam panci yang sudah berisi 1 liter air, rebus sampai mendidih , sebelum diminum saring dan minumlah sehari 2 kali.

10.    Mengobati Sakit Perut
Untuk mengobati sakit perut akibat mulas dapat diatasi dengan kencur.
Caranya dengan mencuci bersih 1 rimpang kencur lalu parut, tambahkan 2 sendok makan air matang dan garam sedikit, kemudian saring dan minumlah perasan kencur tersebut sehari 2 sampai 3 kali.

11.    Mengobati Diare
Bermacam akibat yang menyebabkan sakit perut, bisa dikarenakan gangguan saluran pencernaan yang mengakibatkan diare. Untuk mengatasinya dengan menggunakan kencur. 
Caranya 2 rimpang kencur dan 2 siung bawang merah cuci bersih lalu haluskan, kemudian bungkus menggunakan daun pisang,  lalu bakar bungkusan tersebut sampai hangat, dan oleskan isi bungkisan tersebut pada bagian permukaan perut.

12.    Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala mengganggu gunakan pengobatan alami dengan menggunakan kencur.
Caranya dengan 2 sampai 4 lembar daun kencur cuci bersih lalu tumbuk sampai halus, kemudian oleskan atau dikompres di permukaan kening.

13.    Mengobati Radang Lambung

radang pada lambung dapat juga disembuhkan dengan kencur.
Caranya hanya dengan mengunyah kencur yang telah dicuci bersih , seperti kita memakan tebu, hanya menyerap kadungan airnya dan membuang ampasnya. Bisa juga diparut lalu diambil sarinya saja.

14.    Mengobati Keseleo Dan Luka Bengkak

Kaki, tangan anda mengalami terkilir atau keseleo dan bagian tubuh anda mengalami benturan sehingga mengalami pembengkakan bisa di obati dengan kencur.  
Caranya dengan cuci bersih 1 rimpang kencur, rendamlah segenggam beras sampai beras lunak, kemudian tumbuk rimpang kencur dan rendamkan beras samapi halus, lalu oleskan atau balurkan pada bagian tubuh yang sakit.

15.    Mengobati Kencing Batu
Ternyata kencing batu dapat diatasi dengan tanaman herbal kencur.
Caranya 2 rimpang kencur cuci bersih lalu diparut, siapkan air panas, kemudian seduh parutan kencur dengan air panas lalu saring ampasnya, minumlah seduhan air kencur tersebut.

16.    Kecantikan
Kencur juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan, seperti mengatasi jerawat.
Caranya siapakan beberapa rimpang kencur yang sudah dicuci bersih, lalu parut dan peras untuk diambil sarinya, kemudian gunakan sari kencur tadi untuk dijadikan masker pada wajah yang berjerawat atau agar terhindar dari jerawat, gunakan masker tersebut sebelum tidur.
Bisa dengan cara lain ambillah 1 rimpang kencur kemudian potong menjadi 2 bagian lalu gosokkan pada kulit wajah anda, diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas wajah dengan menggunakan air hangat yang dapat membuka pori – pori kulit, sehingga kotoran kulit berjerawat keluar, lalu bilas lagi menggunakan air dingin untuk menutup kembali pori – pori kulit wajah. Sehingga wajah terlihat cerah dan segar terbebas dari jerawat.

ARTIKEL TERKAIT