22 Manfaat Tanaman Temulawak Dan Obat Herbal Untuk Kesehatan

image : www.saransehat.com
 Temulawak …tau kah anda tentang tanaman temulawak???... tentu sudah banyak yang tau tentang tanaman temulawak, namun tak heran juga masih yang awam pengetahuannya tentang tanaman  temulawak  ini. Ketika anda mendengar nama temulawak, mungkin yang anda fikirkan temulawak adalah bumbu masakan, jamu atau obat herbal.


    Temulawak atau Curcuma Javanica, adalah tanaman obat asli dari Indonesia khususnya pulau  Jawa, yang memiliki banyak khasiatnya untuk kesehatan. Temulawak memiliki nama latin  Curcuma Xanthorrhiza merupakan tanaman obat yang tergolong suku jahe - jahean. Sekarang di Indonesia selain di jawa, tanaman temulawak banyak hidup di dataran pulau Maluku dan Kalimantan. Sampai saat ini temulawak telah dibudidayakan diberbagai Negara sebagian besar di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Namun sekarang perkembangan  zaman sudah maju temulawak dapat ditemukan di Asia Tenggara seperti China, India, Jepang, Korea, Amerika dan Eropa. Tanaman temulawak memiliki banyak nama dari berbagai daerah asalnya. Seperti di Madura temulawak disebut dengan nama “temu labak” sedangkan di Sunda disebut dengan nama “temu koneng”. 

    Temulawak biasanya hidup subur di tanah yang gembur, temulawak berbentuk akar rimpang ( batangnya berada di bawah tanah) dan tumbuh  dengan ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut  yang habitatnya berada di hutan tropis. Umbi akar temulawak berwarna kuning gelap atau coklat muda, biasanya umbi akarnya berdiameter 15 centimeter dan 6 centimeter. Tanaman ini seperti kunyit tapi keduanya memiliki manfaat berbeda. 

    Dalam temulawak terdapat banyak kandungan senyawa kimia yang dibutuhkan tubuh. Rimpang temulawak terdapat turmerol dan fellandrean sebagai minyak menguap. Dalam rimpang temulawak juga mengandung minyak atsiri (berfungsi untuk penekan pembengkakan jaringan dan meningkatkan produksi getah empedu), kurkuminoid (terdiri atas desmetoksikukumin dan kurkimin). Kurkumin sendiri berfungsi sebagai acnevulgaris, sebagai anti radang (anti inflamasi) dan anti hipototoksik (anti keracunan empedu). Sedangkan desmetoksikurkumin dan kurkumin sendiri memiliki banyak manfaat seperti menetralkan racun, menurunkan kolesterol, meningkatkan sekresi empedu.

Zat yang terdapat dalam temulawak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti :

- Pati  untuk membantu proses metabolisme
- Protin
- Abu
- Serat untuk memuluhkan kebugaran badan
- Kurkumin  dapat melancarkan proses pencernaan
- Minyak atsiri  dapat meningkatkan fungsi ginjal
- Phelandren untuk membantu melancarkan pengeluaran toksin tubuh melalui air kencing
- Kamfer
- Turmerol membantu proses metabolisme
- Borneol membantu memulihkan kesehatan tubuh yang terkena penyakit
- Xanthorrhizol
- Sineal

Temulawak sudah terbukti dapat mengatasi beberapa penyakit  seperti anemia, menurunkan kolesterol, melancarkan pendarahan, demam, penyakit campak, malaria, reumatik, sakit pinggang, pegal linu, sembelit, ambein, keputihan, radang tenggorokan, asma, radang saluran pernapasan, radang empedu, jerawat, mengobati eksim dan meningkatkan stamina.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Diantaranya :


1.    Memelihara Fungsi Hati
Temulak dapat dijadikan obat untuk menjaga fungsi hati, karena temulawak mengandung katagoga yang memproduksi empedu dalam hati serta sebagai pemicu agar kandungan empedu kosong.

2.    Menyehatkan Jantung

Temulawak memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk juga untuk kesehatan jantung, dengan rutin meminum air rebusan temulawak permasalahan jantung bisa teratasi.

3.    Mengatasi Kanker

Kandungan yang dimiliki Temulawak dapat menghambat perkembangan kanker prostat,  dengan menghentikan darah yang mendukung pertumbuhan kanker.

4.    Melancarkan Pencernaan

Gangguan kesehatan di saluran pencernaan seperti perut kembung, dyspepsia, indisgestion, atau masuk angin dapat di obati dengan temulawak dengan mengkonsumsi secara rutin setiap hari.

5.    Menurunkan Lemak Darah
Temulawak bermanfaat untuk kesehatan tubuh yang dapat menurunkan lemak darah, dengan fraksi kurkuminoid dan estrak temulawak memiliki khasiat  untuk menurunkan kadar kolesterol total. Khasiat menurunkan kolesterol atau lemak darah tentu memberi dampak baik untuk kesehatan jantung dan sistem kardiovaskuler dalam tubuh.

6.    Menangkal Radikal Bebas
Kandungan gizi yang banyak yang dimiliki temulawak dapat menangkal radikal bebas. Dengan kandungan yang dimiliki temulawak  bisa meberi kekebalan dari berbagai serangan penyakit.

7.    Mengurangi Radang Sendi
Temulawak mengandung kurkumin sekitar 100 mg, selain itu juga mengandung fenibutazon keduanya berfungsi mengurangi radang sendi pada tubuh. Caranya dengan mengkonsumsi sari temulawak secara rutin.

8.    Melancarkan Asi

Bagi ibu yang sedang menyusui, sangat baik untuk menkonsumsi ramuan temulawak, karena temulawak dapat meningkatkan serta melancarkan produksi ASI. Temulawak sendiri mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadi perubahan  nutrisi yang dibutuhkan ASI seperti protein dan asam lemak.

Tanaman Temulawak Juga Bisa Untuk Pengobatan Kesehatan Secara  Herbal Seperti :

1.    Penyembuhan Hepatitis

Caranya  : 2 jari temulawak cuci sampai bersih lalu kupas, kemudian iris tipis - tipis setelah itu rebus dengan ½ liter air dan tambahkan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya tinggal setengahnya. Minumlah rebusan air tersebut sehari 2 kali.

2.    Penyembuhan Bisul

Caranya : siapkan temulawak cuci sampai bersih lalu kupas. Rebus temulawak dengan 2 gelas air dan tambahkan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya menjadi 1 gelas, tambahkan seibu jari asam jawa, diamkan dingin dahulu, kemudian saring dan minumlah.

3.    Meredakan Asma

Caranya : siapkan ½ rimpang temulawak cuci sampai bersih lalu kupas dan iris tipis - tipis. Rebus dengan 5 gelas air dan tambahkan gula aren secukupnya, rebus hingga airnya tinggal setengahnya. Minumlah sehari 3 kali.

4.    Sakit Kepala Dan Masuk Angin
Caranya : cuci rimpang temulawak sampai bersih, lalu keringkan dan tumbuk halus menjadi tepung. Kurang lebih 2 genggam temulawak direbus dengan 4 sampai 5 gelas air sampai mendidih hingga airnya menjadi 3 gelas. Kamudian saring dan minumlah sehari 3 kali.

5.    Sakit Perut Dan Sakit Perut Pada Waktu Haid

Bahan : 1 rimpang temulawak diparut, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya.
Caranya: campurkan semua bahan menjadi satu lalu rebus dengan 3 sampai 4 gelas air sampai mendidih hingga airnya tinggal 2 gelas. Minumlah sehari 2 kali pagi dan sore.

6.    Menghilangkan Bau Amis Pada Waktu Haid

Bahan : 1 rimpang temulawak, 5 buah mata asam, 1 potong gula kelapa.
Caranya : iris tipis - tipis temulawak dan angin - anginkan sebentar, lalu semua bahan  jadikan  satu kedalam  wadah atau baskom, kamudian tuangkan 2 gelas air panas yang baru mendidih kedalam baskom tersebut, tunggu selama 15 menit lalu saring. Dan minumlah sehari 3 kali.

7.     BAB Tidak Lancar
Bahan : 1 rimpang temulawak, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa.
Caranya : iris tipis - tipis temulawak lalu keringkan, kemudian campur semua bahan menjadi satu kedalam gelas, lalu seduh dengan air panas secukupnya dan saring, minumlah seperti biasa.

8.    Menambah Nafsu Makan
Bahan : 2 rimpang temulawak, ¼ rimpang lengkulas, ½ genggam daun meniran
Caranya :  parut temulawak dan lengkuas, campurkan semua bahan menjadi satu kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga airnya tinggal 2 gelas, kemudian saring lalu minumlah sehari 2 kali masing - masing  ½ gelas.

9.    Pengobatan Liver
Caranya : ambillah 25 gram temulawak, 30 gram daun serut / mirten, campurkan semua bahan dengan 600 cc air, kemudian rebus sampai mendidih hingga airnya menjadi 300 cc, lalu saring dan minumlah selagi masih hangat.

10.    Mengobati Radang Empedu
Caranya : ambillah 30 gram temulawak cuci besih dan iris tipis - tipis, rebus dengan 500  cc air sampai mendidih hingga airnya menjadi 200 cc, kemudian saring dan minumlah air rebusan tersebut.

11.    Mengobati Batu Empedu
Caranya : ambillah 25 gram temulawak, 30 gram meniran, gula aren secukupnya. Cuci temulawak dan meniran sampai bersih. Masukkan semua bahan kedalam 500 cc air, rebus hingga airnya tersisa 200 cc, kemudian saring dan minumlah rebusan air tersebut.

12.    Sakit Limfa

Bahan : 2 rimpang temulawak, ½ rimpang lengkuas, 1 genggam daun meniran
Caranya : cuci semua bahan sampai bersih, lalu parut temulawak dan lengkuas, campurkan semua bahan menjadi satu lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih hingga airnya menyusut tinggal secangkir, lalu saring minumlah sehari secangkir.

13.    Mengobati Sakit Maag

Apabila sakit magg mengganggu atasi dengan rebusan air temulak yang sudah dipercaya sejak dulu.
Caranya : Siapkan 1 rimpang temulawak cuci sampai bersih, kemudian iris tipis - tipis rebus dengan air sebanyak 5 gelas air, setelah mendidih dinginkan terlebih dahulu dan setelah dingin minum air rebusan tersebut secara rutin sampai maag sembuh.

14.    Menjaga Kesehatn Ginjal

Temulawak merupakan obat herbal untuk mengatasi penyakit ginjal.
Caranya :  Siapkan temulawak sebanyak 2 rimpang, 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun meniran dan gula batu secukupnya. Cuci semua bahan sampai bersih,  iris tipis-tipis temulawak, lalu campurkan semua bahan kedalam 1 wadah, kemudian rebus dengan air sebanyak 1000ml sampai mendidih hingga airnya tersisa setengahnya. Minumlah rebusan air tesebut setiap hari .

ARTIKEL TERKAIT