Khasiat Dan Manfaat Terlengkap Daun Binahong Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



 
www.seratu.com
DAUN BINAHONG

BINAHONG...  Siapa yang tau binahong? Kalau GONDOLA, itu sama dengan halnya dengan binahong. Orang Indonesia menyebutnya dengan gondola. Binahong sebenarnya tanaman berasal dari korea. Negara afrika  dan menegaskan binahong ini dijadikan untuk tanaman hias. Tetapi bagi penduduk RRC atau orang cina binahong digunakan untuk obat herbal. Untuk orang Indonesia hanya sebagian yang tau tentang binahong.



Daun binahong nama latinnya Bassela Rubra Linn. Tanaman binahong ini daunnya tebal melengkung dan bentuknya seperti bentuk tanda cinta ( love ).Tumbuhan ini tumbuh dengan merambat sehingga kalau kita ingin menanam kita harus menyediakan rambatanya seperti bambu. Binahong sangat mudah untuk ditanam mereka dapat hidup di dataran rendah dan didataran tinggipun juga bisa.

Sekarang tanaman binahong sudah banyak dibudidayakan disamping sebagai tanaman hias yang bisa ditanam di dalam pot, dihalaman pekarangan atau dikebun. Jadi sangat disayangkan kalau binahong ini di sia - siakan selain untuk tanaman hias, binahong sangat baik untuk obat herbal. Di Indonesia jarang yang tau daun binahong dapat untuk obat herbal, mereka hanya mengetahui binahong sebagai seduhan teh. Sekarang sudah banyak daun binahong dalam kemasan pil, kapsul, teh, sebuk. Selain itu binahong di pakai untuk obat Luka luar, Memar,Obat Sakit  Tipus, Maag, Ambien,Radang usus dan juga dapat dipakai untuk obat Jerawat.

Binahong sudah dikenal obat yang sangat ampuh untuk mengobati segala penyakit, Sebagai tanaman herbal untuk pengobatan tradisional. Karena itu binahong dipercaya obat herbal yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, karena dalam daun binahong terdapat kandungan - kandungan yang alami seperi :  Saponin, Alkaloid, Polifenol, Mono polisakarida yang didalamnya - arabinosa, D - galaktose, D - glukosa, L - rhamnose, Asam oleanolik, Protein, asam askorbat, flavonoid( vitamin C).

Selain itu aktivitas yang ada dalam binahong juga sebagai penangkal radikal bebas atau antioksidan, asam askorabat, senyawa fenolik dan senyawa yang dapat membantu melawan serangan bakteri gram yang bersifat positif maupun negatif, serta juga dapat digunakan untuk pengobatan pada penyakit seksual yang dapat menular.
Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan diantaranya:

·         Mengobati Luka
Kandungan antimikroba ini dapat menghindari terjadinya infeksi pada luka, sehingga mempercepat penyembuhan seperti sedia kala,dan dapat meminimalisir bekas luka. Dengan cara tumbuk binahong lalu bubuhkan diatas luka.

·         Mencegah Kanker
Daun binahong dapat membantu menghambat perkembangan sel kanker dengan cepat. Dengan cara minumlah rebusan air binahong kering satu hari sekali, selama beberapa Minggu sel kanker akan mati.

·         Sariawan Kronis
Sariawan biasanya kurangnya akan vitamin C sehingga menyebabkan luka pada sekitar mulut. Dengan cara minumlah rebusan air binahong yang sudah dingin, jangan minum panas atau hangat karena dapat memperparah luka pada mulut.

·         Memperlancar Pencernaan
Daun binahong  juga di percaya dapat memperlancar pencernaan , mengontrol alat pencernaan untuk tetap stabil, selain dapat menyembuhkan diare juga dapat menyembuhkan wasir.

·         Darah Rendah
Kandungan yang terdapat dalam binahong di percaya dapat menstabilkan dan mengontrol tekanan darah.

Khasiat dan manfaat daun binahong tidak hanya itu saja, daun binahong masih memiliki segudang manfaat dan khasiat sebagai pengobatan herbal diantaranya:

1.      Obat Ambeien
Penyakit ambien sangatlah tidak nyaman untuk sipenderita, sekarang dapan diatasi tidak perlu berobat terlalu mahal, dengan cara ambil Daun binahong 16 lembar cuci sampai bersih ,dan 3 gelas air. Caranya rebus daun binahong sampai mendidih hingga airnya menjadi 2 gelas, diamkan dingin dulu, lalu minum satu kali sehari.

2.      Obat Batuk
Selain buah lemon untuk mengobati batuk ternyata daun binahong juga bisa, ambil Daun binahong 10 lembar cuci sampai bersih. Caranya rebus daun binahong  sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, diamkan sampai dingin minum 1 kali sehari.

3.      Barok Menahun
Borok merupakan penyakit yang menakutkan kadang membuat kita merasa jijik apalagi sampai bertahun - tahun, tapi penyakit ini dapat diatasi dengan daun binahong. Ambil daun binahong  12 lembar cuci sampai bersih tambahkan 3 gelas air. Caranya rebus daun binahong  sampai mendidih  hingga airnya menjadi 2 gelas. Diamkan sampai dingin lalu minum 1 kali sehari.

4.      Obat Disentri
Selain  daun jambu biji untuk mengobati disentri ternyata daun binahong juga bisa mengobati, ambil daun binahong 10 lembar cuci sampai bersih tambahkan 2 gelas air. Caranya rebus daun binahong  sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas air.  Diamkan dingin dulu lalu minum 1 kali sehari.

5.      Obat Gatal - Gatal
Gatal - gatal yang terjadi pada kulit bisa disebabkan karena alergi kini kita bisa mengobatinya dengan daun binahong. Caranya ambil daun binahong 10 sampai 15 lembar cuci sampai bersih tambahkan 3 gelas air. Rebus daun binahong  sampai mendidih hingga airnya menjadi 2 gelas air. Diamkan dingin dalu lalu minum 1 kali sehari.

6.      Gusi Berdarah
Gusi berdarah bisa mengakibatkan kerusakan pada gigi. Untuk mengatasinya ambil daun binahong 4 lembar cuci sampai bersih tambahkan 2 gelas air. Caranya rebus daun binahong  sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas. Diamkan dingin dulu lalu minum 1 kali sehari.

7.      Gegar Otak
Gegar otak dapat diobati dengan daun binahong . caranya ambil 10 lembar daun binahong cuci samapi bersih tambahkan 2 gelas air. Caranya rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

8.      Obat Mimisan
Mimisan ini bisa diatasi dengan daun binahong .Caranya ambil daun binahong lalu cuci dengan air bersih tambahkan 2 gelas air bersih, dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

9.      Obat Jerawat
Jerawat ini bisa di obati dengan daun binahong. Caranya ambil daun binahong 8 lembar lalu cuci dengan air bersih tambahkan 2 gelas air bersih, dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

10.  Membantu Melancarkan Haid
Haid pada wanita dewasa pasti terjadi tapi jangan khawatir untuk melancarkannya dengan daun binahong haid pasti lancar. Caranya ambil daun binahong 3 lembar lalu cuci dengan air bersih tambahkan 2 gelas air bersih, dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

11.  Mampu Mengobati Kencing Manis
Penyakit ini sangat menakutkan dan sangat mematikan tapi jangan khawatir dengan daun binahong ini penyakit kencing manis bisa di atasi, dengan cara ambil daun binahong  11 lembar dan 3 gelas air. Caranya ambil daun binahong lalu cuci dengan air bersih, dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

12.  Lemah Syahwat
Orang yang menderita lemah syahwat kini dapat diobati dengan daun binahong, dengan cara ambil daun binahong  3 sampai 10 lembar cuci sampai bersih dan 2 gelas air. Caranya ambil daun binahong lalu cuci dengan air bersih, dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

13.  Kurang Nafsu Makan
Kurangnya nafsu makan sangatlah tidak baik untuk kesehatan karena sama halnya tubuh  kurang asupan gizi. Daun binahong dapat membantu untuk menambah nafsu maka, dengan cara ambil daun binahong  5 lembar dan 2 gelas air. Caranya ambil daun binahong lalu cuci dengan air bersih,  dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

14.  Sakit Paru - Paru
Penyakit ini sangat menakutkan dan sangat mematikan tapi jangan khawatir dengan daun binahong ini penyakit paru - paru bisa di atasi, dengan cara ambil daun binahong  10 lembar dan 2 gelas air. Caranya ambil daun binahong lalu cuci dengan air bersih dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

15.  Stamina Tubuh
Daun binahong ternyata dapat juga membantu untuk menjaga stamina tubuh, dengan cara ambil daun binahong  1 lembar dan 2 gelas air. Caranya ambil daun binahong lalu cuci dengan air bersih,  dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

16.   Radang Ginjal
Penyakit ini sangat menakutkan dan sangat mematikan tapi jangan khawatir dengan daun binahong ini penyakit radang ginjal bisa di atasi, dengan cara ambil daun binahong  7 lembar dan 2 gelas air. Caranya ambil daun binahong lalu cuci dengan air bersih,  dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

17.  Patah Tulang
Daun binahong  dapat juga mengobati orang yang terkena patah tulang, dengan cara ambil daun binahong  10 sampai 20 lembar dan 3 gelas air. Caranya ambil daun binahong lalu cuci dengan air bersih,  dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

18.  Sehabis Bersalin
Seorang ibu yang sesudah melahirkan dapat meminum ramuan jamu binahong untuk meningkatkan stamina dalam tubuh dan menyembuhkan luka dalam pada saat melahirkan , dengan cara ambil daun binahong  7 lembar dan 2 gelas air. Caranya ambil daun binahong lalu cuci dengan air bersih,  dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

19.  Operasi
Daun binahong juga dapat menyembuhkan luka dalam maupun luar orang yang sesudah menjalankan operasi , dengan cara ambil daun binahong  20 lembar dan 3 gelas air. Caranya ambil daun binahong lalu cuci dengan air bersih,  dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 2 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

20.  Usus Bengkak
Daun binahong juga dapat mengobati orang yang sakit usus bengkak, dengan cara ambil daun binahong  3 lembar dan 2 gelas air. Caranya ambil daun binahong lalu cuci dengan air bersih,  dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

21.  Sesak Nafas
Penyakit ini sangat menakutkan apabila kambuh tidak cepat ditolong sangat berbahaya dan dapat beresiko kematian akan tetapi jangan khawatir dengan daun binahong ini penyakit sesak nafas bisa di atasi, dengan cara ambil daun binahong  7 lembar dan 2 gelas air. Caranya ambil daun binahong lalu cuci dengan air bersih,  dan rebus bersamaan dengan daun binahong tersebut sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas, dan diamkan sampai dingin atau hangat dan minum air tersebut sehari 1 kali.

Tidak hanya untuk pengobatan herbal dan kesehatan, ternyata daun binahong dapat juga untuk kecantikan. Seperti jerawat yang menjadi masalah bagi pria maupun wanita, dikarenakan jerawat sealu meninggalkan bekas hitam, apalagi jerawat yang diderita bersifat kronis, maka bekas jerawat itu akan membuat kulit wajah berlubang.

Manfaat Daun binahong untuk perawatan wajah ini bekerja secara luar dan dalam secara optimal. Sehingga dapat menghilangkan jerawat tanpa bekas, serta membantu membuat pori - pori wajah mengecil.

1.      Cara Luar
 Caranya ambil beberapa daun binahong cuci dengan air sampai bersih, setelah itu lumbuk daun binahong sampai halus, lalu oleskan di wajah. Tunggu sampai masker daun binahong sampai kering lalu basuh dengan air bersih sampai bersih.

2.      Cara Dalam


Kita dapat melakukan perawatan dari dalam dengan cara menjadikan jus binahong. Ambil beberapa daun binahong beberapa lembar cuci sampai bersih, tambahkan segelas air, lalu blender sampai halus, ini dapat dilakukan 1 kali sehari.  
ARTIKEL TERKAIT